Jangan Panik! Begini Tips Mengatasi Laptop Overheat

DuniaTeknologi.Info – Laptop Anda cepat panas, atau sering mati sendiri? Bisa jadi kondisi ini karena overheat. Panas berlebihan ini bisa berdampak buruk bagi software dan hardware. Karena namanya mesin apalagi khususnya masalah umum laptop ini juga sering terjadi. Nah, bagaimana cara mengatasi laptop overheat?

Pantau Sirkulasi Udaranya

Kondisi lingkungan juga berpengaruh dalam penggunaan laptop. Karena itu pastikan kalau tempatnya memiliki sirkulasi udara yang baik. Caranya dengan tidak menaruh perangkat ini di atas bantal, kasur dan bidang yang sirkulasi udaranya minim.

Sebab bisa sirkulasi udaranya sangat buruk. Udara panas pun bisa terperangkap di dalam bantal. Sehingga udara baru akan terhalang untuk masuk. Kalau kondisi ini dibiarkan dan sering berlangsung, maka risiko overheat bisa terjadi lebih cepat. Keadaan ini otomatis bisa mengakibatkan performa laptop menurun.

Pakai Cooling Pad

Agar bisa menekan risiko overheat, Anda bisa menggunakan cooling pad. Tujuannya supaya bisa mengurangi suhu panas. Sehingga sirkulasi udara bisa lebih lancar melalui bawah perangkat ini. Namun, Anda juga harus menggunakan alat ini secara benar. Kalau tidak, justru bisa mengakibatkan debu masuk ke dalam laptop. Biasanya karena cooling pad-nya tidak bersih atau bayak debunya.

Jadi Anda juga harus memerhatikan alat tersebut, biar tidak sampai dipenuhi debu dan mengotori bagian dalam laptopnya. Sayangnya, ada pula laptop yang sirkulasi udaranya berada di bawah monitor. Terkadang dengan penggunaan kipas tambahan itu pun tidak begitu efisien. Karena udaranya hanya muter-muter di areal itu saja.

Rajin Membersihkan Heatsink Atau Kipas Laptop

Tumpukan debu bisa terjadi kalau kipas terus-terusan digunakan. Kecepatan putar dari kipasnya pun semakin lambat. Nah, tips untuk mengatasinya dengan membongkar, dan membersihkan bagian heatsink-nya. Bisa juga dengan menambahkan pelumas khusus. Tetapi biasanya tidak semua orang berani membongkar laptop sendiri. Karena itu sebaiknya serahkan hal ini kepada orang yang ahli dan berpengalaman.

Berikan Thermal Pasta

Prosesor yang terus bekerja memicu panas berlebihan. Sehingga lama-kelamaan lapisan thermal pasta di prosesor itu bisa kering. Padahal pasta tersebut sangat bermanfaat sebagai penghantar panas dari chip prosesor. Jadi biar laptop tidak mudah overheat, sebaiknya tambahkan thermal pasta secara rutin. Supaya prosesor tidak mudah panas.

Kalau Anda juga tidak berani untuk membongkar laptop, dan tidak tahu caranya mengaplikasikan thermal pasta, harus menghubungi teknisi laptop terpercaya. Supaya mereka bisa membantu dalam mengatasi laptop overheat.

Kontrol Penggunaan Laptop

Anda mungkin seorang penulis, pekerja kantoran, gamer dan sebagainya, yang intensitas penggunaan laptop sangat tinggi. Nah, agar laptop dan Anda juga tetap terjaga kesehatannya, pastikan mengontrol pemakaian laptopnya. Maksudnya adalah berikan waktu istirahat bagi laptop dengan mematikannya. Lakukan ini saat di jam makan siang atau istirahat.

Dengan cara tersebut, akan mencegah laptop mudah mengalami panas berlebihan, dan menghemat listrik. Metode ini sangat tepat diterapkan agar menjaga keawetan dari laptop atau komputernya. Penting diketahui kalau laptop sudah mengalami overheat, maka bisa merusak software dan hardware dari laptop. Seperti yang sangat vital adalah merusak prosesor.

Bila sudah terjadi kerusakan pada perangkat kerasnya, maka penggantian adalah satu solusinya. Tentunya ini akan mendatangkan masalah baru. Karena Anda harus mengeluarkan uang dalam julah yang tidak sedikit. Apalagi kalau laptop menyimpan data atau digunakan dalam aktivitas penting, maka menyelamatkan laptop adalah satu-satunya solusi.

Nah, biar laptop tidak mengalami panas berlebihan, pastikan menerapkan cara untuk mencegahnya. Tapi kalau sudah terlanjur terjadi, segera mengatasi laptop overheat. Supaya tidak menjalar pada permasalahan yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *