Trik Fotografi Menggunakan HP dalam 10 Langkah

Fitur kamera pada ponsel sangat membantu dalam mendokumentasikan momen-momen penting dalam hidup Anda. Ditambah dengan kemampuannya membagikan foto kepada rekan-rekan, keluarga, dan orang-orang spesial membuat ponsel berkamera seolah menjadi kebutuhan wajib. Namun, kamera HP dengan fitur canggih saja tidak cukup untuk menghasilkan foto yang menarik. Inilah trik fotografi menggunakan HP agar hasilnya tak kalah dari jepretan kamera profesional.

10 Langkah Trik Fotografi Hasilkan Jepretan Berkualitas

1. Pahami Spesifikasi Kamera Ponsel

Sebelum menggunakan kamera HP untuk memotret, perhatikan spesifikasinya dengan baik. Selain resolusi, bukaan lensa juga mempengaruhi cara menggunakannya. Misalnya, untuk kamera dengan bukaan lensa f/1.8 27mm, Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan efek bokeh dalam keadaan kurang cahaya. Perhatikan juga fitur seperti pengaturan fokus, white balance, ISO, serta efek atau filter bawaan untuk menghasilkan foto yang maksimal.

Simak Juga Ulasan Tentang Fotografi Berikut Ini:

2. Temukan Pencahayaan Alami

Saat memotret dalam ruangan, pilihlah tempat di dekat pintu, jendela, atau lubang udara agar objek memperoleh pencahayaan alami. Sementara di luar ruangan, lakukan ketika pagi atau sore hari agar warna objek tidak pudar. Kamera HP memiliki sensor kecil, sehingga kemampuan menangkap cahaya juga terbatas. Itulah alasan mengapa Anda harus mengakali dengan cahaya alami yang bagus.

3. Dapatkan Sudut Pandang yang Berbeda

Komposisi dan sudut pandang yang unik akan menentukan hasil foto Anda. Gunakan rule of third untuk menempatkan objek pada komposisi yang tepat. Gabungkan dengan teknik force perspective untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Pelajari juga karakter objek dan latar belakangnya supaya hasilnya tak terkesan asal-asalan.

4. Pilih Resolusi Gambar Tertinggi

Pilih resolusi paling tinggi yang tersedia, misalnya kamera HP Anda memiliki resolusi maksimal 14 MP, maka gunakan resolusi tersebut untuk mendapatkan gambar yang tajam dan tidak pecah.

5. Dekati Objek

Zoom pada kamera ponsel umumnya adalah zoom digital. Meski dapat memperbesar tampilan objek, kualitasnya justru menjadi semakin buruk. Lebih baik posisikan kamera dengan jarak dekat kepada objek. Selain menghasilkan foto yang tajam, jarak dekat juga dapat menghasilkan efek bokeh yang menarik.

6. Tangan Harus Stabil dan Objek Diam

Sensor kamera ponsel kurang baik dalam menangkap objek bergerak. Kebanyakan, hasilnya akan kabur dan berbayang. Hasil foto seperti ini juga bisa terjadi jika tangan Anda tidak stabil ketika memegang ponsel. Agar tangan tidak gemetar, sandarkan badan pada dinding, pohon, atau objek yang dapat membantu stabilitas ketika memotret.

7. Gunakan Aplikasi Bawaan

Trik fotografi menggunakan HP selanjutnya ialah menggunakan aplikasi bawaan untuk memotret dan mengedit foto sesuai kebutuhan. Namun, jika HP Anda merupakan seri fotografi, gunakan aplikasi yang dapat mendukung fotografi profesional seperti Camera FV-5.

8. Pastikan Lensa dalam Keadaan Bersih

Ketika menggunakan HP, lensa kamera tak lepas dari sentuhan tangan Anda yang mungkin berminyak atau kotor. Kondisi lensa yang kotor karena minyak dan debu yang menempel dapat menurunkan kualitas foto. Maka, sebaiknya pastikan lensa benar-benar bersih sebelum menangkap gambar.

9. Foto yang Bermakna

Jadikan foto yang Anda ambil terlihat bermakna dan dapat menerangkan suatu peristiwa. Caranya dengan memotret beberapa foto yang berkaitan agar siapa saja yang melihatnya dapat menangkap cerita di balik foto. Teknik ini cocok untuk traveling dan dokumentasi acara.

10. Rekam Momen yang Tepat

Dalam beberapa situasi, Anda perlu menunggu momen yang tepat untuk menekan ikon kamera pada ponsel agar hasil foto menjadi sempurna. Misalnya ketika menonton pertandingan olahraga atau bermain dengan anak-anak. Ketika itu kemungkinan akan ada momen menarik tak terduga yang bisa Anda rekam dengan kamera.

Itulah 10 trik fotografi menggunakan HP yang dapat membantu Anda mendapatkan foto yang cantik. Dengan banyak latihan dan terus mengasah kreativitas, bukan tak mungkin hasil bidikan kamera ponsel Anda bisa setara foto dari kamera digital profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *