Tutorial Edit Video Bagi Pemula, Cara Memotong dan Menggabungkan Video dengan Mudah

DuniaTeknologi.Info – Di zaman modern ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Semua serba canggih, misal saja saat kita menjalani momen-momen penting lalu ada kamera dengan berbagai fitur-fiturnya yang dapat mengabadikan gambar dalam lembaran-lembaran kertas ataupun bentuk file.

Tidak hanya itu, sekarang ini hampir setiap orang bisa merekam kejadian atau momen penting dalam kehidupannya dengan mudah menggunakan fitur video pada perangakt elektronik, seperti handycamp, smartphone , atau perangkat lainnya.

Nah, untuk menghasilkan sebuah rekaman video yang bagus, kadang kita perlu mengeditnya. Dalam pelaksanaan edit video terdapat bermacam-macam hal yang dilakukan.

Berkaitan tentang edit video, banyak sekali software yang bisa Anda gunakan untuk membantu melakukan edit video, di sana tentu juga terdapat bergama tutorial edit video. Akan tetapi, sebagai latihan Anda bisa menggunakan software gratis yakni Videopad.

Bagi Anda yang masih pemula, beberapa hal yang dilakukan dalam pengeditan video yakni seperti merubah format video, memotong video, menggabungkan video, merubah suara volume video, merubah gambar yang ada di video, dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan berbagi tutorial edit video dengan program populer yaitu Videopad yang bisa kamu download secara gratis. Tidak hanya seorang profesional yang bergelut di bidang perfilman saja yang bisa melakukan edit video, kita juga bisa. Bagi kamu para pemula, kamu dapat belajar untuk memotong dan menggabungkan video dengan video yang lainnya.

Berikut tutorial edit video yang bisa kamu lakukan dalam memotong dan menggabungkan video.

  1. Sebelumnya kita harus memiliki aplikasi edit video. Anda bisa mendownload video editor bernama Videopad secara grastis. Setelah itu lakukan penginstalan
  2. Setelah diinstal, Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut untuk mengedit video. Akan tampil  jendela dengan 3 isian, yakni kolom kiri, kolom tengah, dan kolom kanan. Kolom kiri digunakan untuk menempatkan video baru, kolom tengah digunakan untuk menampilkan hasil perubahan satu video yang sedang diedit, sedangkan kolom kanan digunakan untuk melihat hasil akhir editan yang bisa terdiri dari gabungan video yang telah dimasukkan.
  3. Pilih video yang ingin Anda edit pada kolom kiri, selanjutnya drag video dari kolom tersebut kemudian tarik atau darg video tadi ke timeline sehingga akan muncul barisan gambar video. Gambar-gambar tersebut siap untuk kamu potong atau cut di area yang Anda inginkan.
  4. Jika ingin memotong video, perhatikan garis merah, untuk memotongnya dengan cara mengklik garis merah tersebut. Kemudian tahan dan arahkan garis tadi ke kanan atau ke kiri sehigga akan membentuk area berwarna hijau.  Untuk menghapus area tersebut klik kanan pada mouse lalu pilih Delete selected region.
  5. Selanjutnya, jika ingin menggabungkan video, Anda bisa menambahkan video baru dan letakkannlah dengan cara melakukan drag video dari komputer kemudian tarik dan letakkan ke area timeline di sebelah video yang lain. Di sana akan terlihat video tersebut berjejer dan sudah tergabung dengan video pertama.
  6. Anda bisa berkreasi sesuai keinginanmu, untuk memotong video ataupun menggabungkan video yang kamu inginkan. Jika sudah selesai mengedit video, langkah terakhir yaitu menyimpan hasil video yang telah diedit tadi menjadi format video yang diinginkan. Bisa ke dalam format 3GP, FLV, AVI, MKV, MP4, dan lainnya. Cara menyimpannya yaitu pilih file dan klik export video.
  7. Pada bagian Video Output Setup, perhatikan bagian penting untuk mengatur video yang akan disimpan. Pada kolom save destination merupakan tempat output folder / tempat video yang sudah selesai di proses. Pada kolom File Format, kamu bisa memilih format video  yang kamu inginkan. Resolution/ ukuran menunjukkan banyaknya pixel yang ada pada satu layar, sedangkan Frame menunjukan lebar dan panjang unkuran video.
  8. Terakhir, tunggu proses export video dan kamu bisa melihat video tersebut di output folder yang tertera pada nomer 7 di atas.

Demikian tutorial edit video sederhana untuk memotong dan menggabungkan video. Kamu bisa berekplorasi sendiri untuk melakukan edit video lainnya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

 

Satu tanggapan untuk “Tutorial Edit Video Bagi Pemula, Cara Memotong dan Menggabungkan Video dengan Mudah

  • Desember 29, 2017 pada 5:32 am
    Permalink

    Saran gan, akan lebih mudah apabila setiap bagiannya disertai gambar sebagai petunjuk gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *