Waspada! Ini 9 Dampak Negatif Tidur Dekat Ponsel

DuniaTeknologi.Info – Mungkin Anda punya kebiasaan tidur dengan membawa ponsel? Sebaiknya mulai sekarang segera diakhiri. Sebab kebiasaan tersebut ternyata mengakibatkan sejumlah dampak buruk terhadap kesehatan. Coba cek 9 dampak negatif tidur dekat ponsel yang kali ini kami bahas.
Seperti diungkap oleh WHO, radiasi ponsel memiliki sifat karsinogenik yang akibatnya adalah memengaruhi saraf manusia. Lebih lanjut berbagai bahaya dari radiasi ponsel, berikut ini rinciannya.
9 Dampak Negatif Tidur Dekat Ponsel
1. Radiasi Ponsel Berdampak Timbulnya Tumor Otak
Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel mampu memicu timbulnya neoplasma dan mengakibatkan regenerasi sel yang tidak wajar. Meskipun tumor otak biasa menyerang orang dewasa, namun banyak juga ditemukan kasus tumor menyerang anak-anak. Karena mulai sekarang jauhkan ponsel dari tempat tidur Anda.
2. Radiasi Ponsel Juga Memicu Kanker
Seperti halnya tumor otak, radiasi ponsel juga meningkatkan risiko serangan kanker. Radiasi yang ditimbulkan mampu memengaruhi proses pembelahan sel dalam tubuh menjadi tidak terkontrol. Sel yang tidak normal ini akhirnya justru menyerang jaringan tubuh terdekat. Paparan radiasi yang terus-menerus dan tanpa sadar ini akhirnya akan memicu timbulnya kanker.
Memang risiko kanker dan tumor akibat radiasi ponsel masih menjadi kontroversi. Namun mengambil langkah hati-hati adalah lebih baik.
3. Tidur Di Dekat Ponsel Yang Dicas Rawan Terbakar
Pernah dilansir beberapa media tentang kasus ponsel yang meledak saat di-charge. Salah satunya dilansir Oke Zone yang menceritakan seorang kakek bernama Marek Kruger yang meninggal setelah Iphone yang di-charge di dekat kepalanya meledak. Meskipun ia meninggal bukan karena ledakan, tetapi karena terlalu banyak menghirup asap namun tidur di dekat ponsel apalagi sedang diisi dayanya tetaplah berbahaya.
4. Radiasi Ponsel Bisa Mengakibatkan Sakit Kepala
Pada beberapa kasus, orang yang sensitif terhadap radiasi ponsel bisa mengalami beberapa gejala. Mulai dari sakit kepal, pusing, sampai mual dan muntah.
5. Tidur Di Dekat Ponsel Jelas Membuat Istirahat Terganggu
Tidur adalah saat seluruh organ diberi kesempatan untuk istirahat. Ponsel yang berada di dekat Anda ketika tidur akan mengganggu istirahat tubuh. Gangguan yang timbul kadang juga akibat aktifitas orang yang akan tidur dengan membawa ponsel tadi. Mulai dari main game, berbincang dengan pacar, atau sibuk membaca informasi yang tersebar di internet. Akibatnya tidur akan jadi gelisah dan tegang.
6. Dering Ponsel Bisa Mengagetkan dan Memicu Serangan jantung
Bagi orang yang punya riwayar penyakit jantung, tidur di dekat ponsel akan sangat berbahaya. Dering ataupun getaran ponsel ketika orang tersebut sedang lelap tertidur hingga membangunkannya, akan meningkatkan risiko serangan jantung.
7. Radiasi Dari Ponsel Juga Memperparah Penyakit Alzheimer
Alzheimer bukanlah penyaki menular. Penyakit ini sering menimpa para orang tua. Tetapi orang yang terus menerus terpapar radiasi dari ponsel akan lebih cepat terserang penyakit ini.
8. Karena Istirahat Terganggu, Maka Anda akan Merasa Kelelahan
Tidur di dekat ponsel juga akan mengakibatkan kualitas tidur kurang baik dan tidak nyenyak. Tidak nyenyaknya tidur Anda ditandai dengan masih Anda masih teringat beberapa hal. Akibatnya esok hari badan Anda akan terasa kelelahan karena sama dengan belum istirahat.
9. Mengganggu Proses Metabolisme Tubuh
Saat tidur maka metablisme tubuh akan bekerja dengan aktif. Sehingga ketika bangun tubuh terasa segar. Tetapi dengan adanya paparan radiasi ponsel maka tidur jadi tidak nyenyak sehingga proses metabolisme tubuh terganggu.  Begitu juga pencernaan makanan akan mengalami gangguan.
Nah, setelah mengatahui dampak negatif tidur dekat ponsel ini, masihkah Anda ingin meneruskan kebiasaan buruk tersebut? Pilihan ada di tangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *