Xiaomi Mi MIX 2 Muncul Dengan Bezel Less Phone

Bocoran Panel Layar Xiaomi Mi Mix 2 ngkap Bezel yang Lebih Tipis Dari Pendahulunya
DuniaTeknologi.Info – Pada tahun lalu 25 Oktober 2016, Xiaomi meluncurkan dua Androidnya yang berbeda dibandingkan tipikal produk pendahulunya. Xiaomi Mi Note 2 menjadi yang pertama kali menerapkan dua sisi layar melengkung, dan berevolusi menjadi Xiaomi Mi MIX yang lebih revolusioner, karena berhasil mempopulerkan tren untuk flagship di tahun 2017-2018 dengan bezel layar yang sangat tipis. Kabar lahirnya penerusnya, Xiaomi Mi MIX 2 makin santer terdengar, dan dipercaya muncul bersamaan dengan Apple iPhone 8.
Walaupun bukan Xiaomi yang pertama memperkenalkan konsep smartphone berlayar minim bezel. Sharp yang pertama. Mulai tahun 2014 lalu mereka memiliki jajaran smartphone AQUOS Crystal yang memiliki desain unik, bezel di sisi kiri, kanan dan atasnya sangat tipis. Namun, ukuran “dagunya” cukup lebar, sama seperti Xiaomi Mi MIX pertama. Sayangnya, desain Sharp tidak memberi dampak besar pada pasar, sampai Xiaomi meluncurkan Mi MIX mereka tahun lalu, yang akhirnya melahirkan standar untuk flagship Android tahun ini, dan juga tahun 2018 nanti.
Perusahaan lain yang mengikuti jejak Xiaomi, mulai dari Samsung, LG, bahkan juga Apple, membuktikan jika desain bezel layar yang minim sangat populer. So, tidak mengherankan jika kita sudah mendengar penerus Xiaomi paling mahal ini sejak beberapa bulan yang lalu. Berikut beberapa hal seputar Xaomi Mi MIX 2 yang telah muncul ke ditelinga duniateknologi.
Ya, semua ini gara-gara Samsung yang juga terlalu bernafsu menjadi yang pertama mengenalkan smartphone unggulan untuk kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Galaxy Note8 telah dikonfirmasikan 23 Agustus 2017 lalu, dan pemesanan awalnya juga bakal dibuka di Indonesia mulai 8 September 2017 nanti. Di Amerika Serikat, tablet ini bakal mulai tersedia 15 September 2017.
Meskipun tidak mungkin menyalip Samsung, namun setidaknya Xiaomi sudah dikabarkan bakal mengumumkan smartphone bongsor Mi MIX 2 lebih awal, pada 12 September 2017 (tahun lalu diumumkan 25 Oktober 2016).
Apabila mengacu pada kejadian tahun lalu, maka seharusnya Mi Note 3 juga hadir pada tanggal yang sama, dan jika rumor beredar selama ini juga benar, itu menjadi tanggal yang sama ketika Apple bakal mengumumkan iPhone edisi 2017 mereka.Jika rumor tersebut benar, maka Xiaomi Mi MIX 2 bisa mulai dijual Oktober 2017 hanya di Tiongkok saja, atau, tetap lebih awal dibandingkan para pesaingnya seperti Galaxy Note8. Untuk wilayah lainnya kecil kemungkinan eksis. Namun Mi MIX pertama juga sempat dijual resmi di Uni Emirat Arab serta Vietnam.
Seperti Mi MIX pertama, Anda bisa berharap spesifikasi premium untuk penerusnya ini. Standar flagship tahun ini, ada chipset Snapdragon 835 dengan GPU Adreno 540, seperti yang sempat muncul melalui bocoran hasil benchmark GFXBench Juli 2017 lalu.
Selain itu, juga sudah terungkap jika spesifikasi Xiaomi Mi MIX 2 memiliki kapasitas RAM 6GB dengan ruang penyimpanan 128GB (juga ada yang menyebutkan 8GB dengan ruang penyimpanan 256GB), kamera swafoto 13MP yang posisinya masih saja aneh, di sudut kanan bawah, di bawah layar (posisi yang tidak ideal, namun hanya di sana saja sisa ruangnya).
Spesifikasi lainnya, ada layar 6.4-inci IPS (ada juga yang menyebutkan AMOLED), serta resolusi meningkat menjadi Quad HD 1440 x 2560 piksel (namun ada juga yang percaya jika Xiaomi masih bertahan di resolusi Full HD+ 1080 x 2040 piksel seperti Mi MIX pertama). Tidak ada slot micro SD di sini, seperti tipikal seri Mi lainnya.
Sisa rumor lainnya sehubungan dengan konfigurasi hardware-nya, seperti adanya kamera 12MP, kemungkinan dual-camera (menurut versi purwa rupanya hanya satu kamera), sensor sidik jari di sisi belakang, kapasitas baterai 4,500mAh, ada opsi keamanan dengan cara pengenalan wajah melalui 3D camera, dan menjalankan Android 7.1.1 Nougat dengan polesan antarmuka MIUI 9.Meskipun desain Xiaomi Mi MIX 2 belum terungkap, namun kami yakin tidak banyak perubahannya dibandingkan sebelumnya. Satu yang pasti, CEO Xiaomi, Lei Jun, sudah memastikan jika desain Mi MIX 2 kembali ditangani oleh Philippe Starck, yang sebelumnya juga mendesain Mi MIX pertama.
Meskipun desain di atas masih konsep saja, namun jia benar seperti itu, bezelnya menjadi lebih tipis, terutama, di bagian dagunya, yang kami perkirakan hanya separuh dari dagu di bawah layar Galaxy S8. Ketipisan itu perlu, karena kabarnya rasio luas layar dengan bidang sisi depan Mi MIX 2 ini juga meningkat, menjadi 93%, dibandingkan 92.3% pada Mi MIX pertama.
Pastinya, sangat mahal, khususnya ketika diimpor oleh para distributor di luar Tiongkok. Ketika pertama kali masuk Indonesia, varian termahalnya ditawarkan hingga Rp15 juta lho! Bagaimana harga Mi MIX aslinya? Tahun lalu, Mi MIX pertama untuk yang SKU 4 GBRAM/128GB harga resminya RMB 3,499, atau sekitar Rp7 jutaan. Sedangkan untuk yang SKU RAM 6GB dan ROM 256GB, melambung hingga RMB 3,999, atau sekitar Rp8 jutaan.
Jika rumor yang berkembang akhir-akhir ini benar adanya, maka harga Mi MIX 2 nantinya berkisar Rp8 jutaan untuk tipe terendah dengan RAM 6GB, dan menjadi RMB 4,999, atau sekitar Rp10 jutaan untuk yang RAM 8GB dan ROM 256GB. Itu standar harga di Tiongkok, dan dipastikan bakal melambung lebih tinggi lagi jika ditawarkan ke negara lainnya. Oh ya, kabarnya Xiaomi juga akan menawarkan varian terendah, dengan kapasitas RAM 4GB dan ruang penyimpanan 128GB.
Saat ini Xiaomi Mi MIX 2 sudah masuk ke badan sertifikasi Tiongkok, TENNA dan mendapatkan sertifikasi 3C dengan kodenama Chiron, yang diambil dari legenda Yunani, menunjuk pada centaur (makhluk setengah manusia-setengah kuda) yang menurut kisah, dianggap paling bijaksana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *