081250014414 adalah nomor penipuan, hati-hati

Ada banyak penipuan di WhatsApp. Taktiknya pun beragam, mulai dari phishing, meminta kode OTP, berpura-pura menang lotre, hingga berpura-pura menjadi orang yang Anda kenal.

Untuk itu, sebaiknya pengguna mengetahui tips berikut agar tidak terkecoh dengan penipuan WhatsApp dan menjadi korban kejahatan selanjutnya.
Hati-Hati:
Waspadalah terhadap 3 penipuan WhatsApp yang umum
1. Perhatikan bahasa dan ketik pesan

Modus penipuan bisa berpura-pura menjadi teman atau memberikan kejutan menang lotre dan omong kosong lainnya.

Jika pengirim pesan mengaku sebagai seseorang yang Anda kenal dan meminta sejumlah uang, perhatikan terlebih dahulu bahasa yang digunakan oleh penyerang.

Karena seringkali scammers menggunakan ejaan atau tata bahasa dan ejaan yang aneh. Anda juga bisa mengecek ke orang yang bersangkutan di media sosial lain untuk memastikan kebenarannya.

2. Batasi pengguna yang dapat melihat profil
Contoh WhatsApp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Tips Menghindari Penipuan WhatsApp dengan Membatasi Siapa yang Dapat Melihat Profil Anda (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Cara selanjutnya untuk menghindari penipuan WhatsApp adalah dengan membatasi siapa yang dapat melihat profil dan status Anda.

Untuk mengatur pengguna tertentu yang dapat melihat kontak, buka menu Pengaturan > Akun > Privasi > Terlihat Terakhir (Last Seen), Foto Profil (Foto Profil) dan pilih opsi ‘Kontak Saya’ di menu Tentang.

3. Verifikasi nomor WhatsApp melalui Hubungi Kami

Saat Anda menerima pesan WhatsApp yang mencurigakan, Anda dapat melacak nomor pengirim melalui aplikasi Get Contact. Aplikasi ini dapat membantu menunjukkan apakah nomor tersebut scammer atau bukan.

Daftar nama yang diberikan pada nomor tersebut akan ditampilkan melalui aplikasi Get Contact. Jika banyak yang mengaku “scam” atau sejenisnya, maka nomor tersebut pasti scam.

Selain itu, Anda dapat melihat skor kepercayaan nomor tersebut di aplikasi Dapatkan Kontak.

4. Aktifkan verifikasi dua langkah
Ilustrasi ponsel. Tips untuk menghindari penipuan WhatsApp adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. (iStock/Warna Padat)

Fitur verifikasi dua langkah adalah lapisan perlindungan ekstra yang bertujuan untuk mencegah akun WhatsApp Anda jatuh ke tangan peretas.

Saat Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna WhatsApp akan diminta memasukkan PIN enam digit sebagai keamanan jika seseorang mencoba meretas akun WhatsApp Anda.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat sederhana. Buka menu ‘Setelan’, lalu pilih opsi ‘Akun’, lalu pilih opsi ‘Verifikasi Dua Langkah’ dan ikuti instruksi selanjutnya.

5. Selalu logout dari web WhatsApp

Karena fungsinya, menggunakan situs web WhatsApp di jaringan publik atau WiFi publik membuatnya rentan diretas.

Sebisa mungkin hindari menggunakan WiFi publik untuk membuka WhatsApp web dan selalu ingat untuk log out dari akun Anda setelah selesai menggunakan WhatsApp web.
Hati-Hati:
[img-title]
Waspadalah terhadap pesan WhatsApp yang meminta kode OTP, mode buka kunci akun

6. Blokir dan laporkan nomor yang tidak dikenal

Jika Anda menerima email dari nomor yang tidak dikenal dengan konten yang mengganggu, terutama jika Anda menemukan tautan mencurigakan yang meminta Anda untuk membukanya, tidak perlu ditanggapi, apalagi mengklik tautan tersebut.

Karena ada kemungkinan link atau tautan dapat menjebak pengguna, seperti banyak kasus phishing. Anda dapat segera melaporkan dan memblokir nomor tersebut.

Cara menghindari penipuan WhatsApp sangat mudah dengan melaporkan dan memblokir nomor. Ketuk ‘Nama Kontak atau Nomor Pengguna’ lalu pilih opsi ‘Blokir Kontak’ lalu pilih opsi ‘Laporkan spam dan blokir’.

Baca artikel CNN Indonesia “6 tips agar tidak menjadi korban penipuan WhatsApp” di sini selengkapnya. https://www.cnnindonesia.com/technology/20220322152405-190-774707/6-tips-biar-tak-jadi-korban-modus-penipuan-whatsapp.

Download aplikasi CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!