10 Cara Mudah Promosi Blog Melalui Facebook

10 Cara Mudah Promosi Blog Melalui Facebook

Cara Mudah Promosi Blog Melalui Facebook merupakan magnet besar sekarang ini. Pengguna media sosial facebook sangat banyak hanya untuk di Indonesia belum lagi di dunia yang mencapai milyaran pengguna hingga sekarang di publikasikan.

Keberadaan facebook selain media komunikasi antar teman, keluarga, sahabat itu bukan hanya sebagai komunikasi belakan melainkan merambah ke dunia bisnis yang mana mereka memposting barang dagangan yang mereka jual.

Facebook ini pun bisa anda gunakan untuk mempromosikan blog anda sebagai sarana untuk mempromosikan profil blogger dan blog anda secara maksimal.Namun masih banyak yang belum bisa mengoptimalkan facebook untuk mempromosikan blog yang dimiliki secara optimal.Padahal ini bisa dilakukan dengan gratis tanpa anda melakukan FB ads yang cukup lumayan merogoh kantong pribadi kita.Namun mungkin ada pertanyaan dalam benak kita.

Bagaimana mengoptimalkan Facebook untuk mempromosikan blog dengan gratis

Nah posting artikel kali ini kita kan membahas tentang “10 Cara Mudah Promosi Blog Melalui Facebook” yang bisa anda ikuti dengan gratis dan optimal mengunakan facebook.Saya pribadi pun menggunakan cara ini untuk mengoptimalkan facebook.

Cara Mudah Promosi Blog Melalui Facebook

1. Promosikan Blog Anda di Halaman Profil

Posisi halaman profil adalah posisi strategis untuk mempromosikan blog anda yang berada diatas sebelah kanan.Setiap orang yang ingin mengenal anda pastinya akan membuka profil anda untuk mengetahui lakar belakang anda.Jadi pastikan blog yang anda miliki tercantum informasi blog dan alamat blog anda di halaman profil ini.

2. Cantumkan Alamat Blog di About

Selain di halaman blog anda bisa meletakkan alamat blog anda di informasi kontak anda dengan terlebih dahulu menjelaskan siapa anda.Sifatnya yang clickable sehingga pembaca halaman Facebook Anda bisa langsung mengklik alamat blog anda adalah sebuah keuntungan mengapa anda harus mencantumkan Blog anda di halaman informasi kontak.Saya sarankan anda tepat menampilkan di bawah halaman profil agar tidak terlihat memaksa dan profesional.

 3. Update Status Blogging Anda

Fitur status merupakan hal yang harus anda update karena informasi tersebut akan muncul pada halaman teman anda saat mereka membuka dinding halaman mereka, jika beruntung dan mereka tertarik maka mereka akan membuka blog anda karena penasaran dengan isi blog anda dengan tampilan gambar yang juga menarik.Maka dari itu jangan lupa cantumkan shortlink pada status update anda.Ini sudah menjadi alasan yang sangat kuat bagi anda untuk melakukannya.

4. Catatan Facebook Untuk Informasi Blog

Salah satu fitur penting Facebook yang jarang digunakan sebagai sarana promosi blog anda adalah fitur Catatan (Notes). Dengan membuat halaman catatan, anda bisa menulis catatan pribadi berkaitan dengan aktivitas blogging ataupun info seputar blog Anda. Selain menulis catatan sendiri, anda juga bisa meng-importRSS Feed blog Anda sebagai posting otomatis di halaman catatan Facebook. Dengan cara ini, setiap kali Anda memposting artikel di blog Anda, maka artikel tersebut akan tampil juga di halaman CatatanFacebook Anda.

5. Gunakan Aplikasi Facebook Untuk Blogger

Sangat merugikan jika anda tidak memanfaatkan fitur Aplikasi Facebook, terutama yang berhubungan dengan aktivitas blogging. Jangan lupa untuk menampilkan aplikasi ini sedekat mungkin dengan bagian Profil di halaman Facebook Anda. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pembaca halaman Facebook Anda bisa mengunjungi blog Anda, memberikan komentar, like maupun menjadi followers blog Anda.

Anda juga bisa baca artikel Cara Praktis Promosi & Ngiklan Secara Gratis Di Facebook denan menggunakan produk dibawah ini:


6. Buat Grup Facebook

Apa anda sudah memiliki grup pribadi anda sendiri?Jika belum, ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk membuatnya.Dengan membuat grup anda sendiri anda bisa membuat komunitas tentang topik atau minat tertentu yang berkaitan dengan niche blog anda.Dengan aplikasi anda pun menjadi terarah dan lebih mesra dengan pembaca blog anda.

7. Undang Teman Bergabung Di Grup Anda

Setelah anda membuat grup undang semua teman, keluarga, sahabat yang anda miliki di facebook agar mereka menganal dan mengetahui bahwa anda telah memiliki grup dan siap untuk membagikan blog anda ke publik.Dengan cara ini anda mulai membangun blog anda lebih intens dan kreatifitas anda diperlukan agar grup Facebook anda semakin banyak yang mengikuti.Kemudahan facebook memberikan pilihan bagi anda untuk mengundang calon anggota grup dengan mengimpor data email pribadi mereka yang bisa anda jadikan list building.Namun untuk saya pribadi tidak melakukan ini menurut saya ini privacy mereka yang terkadang mereka merasa terganggu jika privacy di utak-atik.

8. Bergabunglah Dengan Grup Yang Anda Minati

Selain membuat grup sendiri sangat penting bagi anda untuk mengikuti grup yang sudah ada dan sesuai dengan niche blog anda atau yang anda minati.Asumsi kecil saja kita ikut grup blogger untuk mengetahui atau menambah ilmu kita dalam dunia blogging karena disana sudah banyak blogger profesional yang sudah lebih dulu terjun dan memiliki ilmu blogging yang tinggi.

Ini sangat bagus untuk anda ikuti karena jika sewaktu-waktu anda ada masalah dalam ngeblog maka anda bisa mengajukan pertanyaan dan minta carikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah anda.Jangan lupa mencantumkan nama dan alamat blog anda pada grup yang anda ikuti.Meskipun demikian menjadi bijak dalalm menggunakan facebook dan janganlah menjadi spammer yang menggangu kenyamanan orang lain dalam mempromosikan blog anda yang akhirnya membuat anda di kick dari grup.Jadilah anggota grup yang aktif berbagi dan mentaati etika berkomunikasi yang mana ada sebagian grup yang memiliki peraturan sendiri yang harus anda baca dan ingat.

9.  Buat Fanspage Blog Anda

Masih banyak blogger yang belum menggunakan facebook untuk membuat fanspage blog pribadi mereka agar mereka dapat mempromosikan blog anda yang sudah di rancang Mark Zuckerberg untuk mempromosikan sesuatu asal bermanfaat.Jadi segeral buat fanspage pribadi anda untuk promosi blog anda seperti yang saya buat sehingga anda memiliki tempat khusus untuk mempromosikan blog anda.

10. Balas Komentar dan Facebook Anda

Konsistensi dan respon positif anda sangat diperlukan bagi mereka ketika memberikan komentar atau pesan apapun.Ini dapat mengindikasi bahwa anda memiliki pribadi yang nyaman dalam berinteraksi untuk meraih kepercayaan dari netizen facebook anda.Sikap nyaman anda dalam interaktif akan membangun kepercayaan dan mereka akan kembali mengunjungi anda.

Dengan melakukan ke-10 tips mudah dan sederhana diatas, Insyaallah upaya mempromosikan blog anda melalui Facebook akan menuai hasil yang maksimal.

Saya pun merasakannya kok.

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda mencoba mempromosikan blog Anda melalui Facebook secara gratis?

Ngomong-ngomong, saya senang sekali jika Anda mau memberikan “Like” untuk halaman Facebook Page Dunia Teknologi. Silahkan klik link dibawah ini:

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!