10 Tipe System Operasi yang Biasa Digunakan Penggunan Komputer di Seluruh Dunia

10 Tipe System Operasi yang Biasa Digunakan

Personal Computer atau Laptop memang tidak akan terlepas dari satu System operasi di dalamnya. System operasi sendiri ialah perangkat lunak yang berisi program untuk mengatur System yang ada di perangkat computer. System operasi punya peranan penting agar System yang ada pada perangkat computer dapat dioperasikan.

System operasi sendiri umumnya sesuaikan dengan perangkat keras yang dikeluarkan oleh perusahaan. Di dunia ini secara garis besar ada banyak System operasi yang dikeluarkan oleh tiap pabrik yang berbeda beda. Nah pada kesempatan ini sudah kami kumpulkan 10 tipe System operasi yang biasa digunakan personal computer yang harus Anda tahu.

1. LINUX

Linux adalah peningkatan dari System operasi UNIX yang lebih komplet. Linux sendiri berbentuk open source, dimana user dapat dengan bebas meningkatkan atau melipatgandakan program dengan lisensi sah dari GNU(GNU Not UNIX).

System operasi LINUX pertama-tama di kembangkan oleh Linus Torvalds, mahasiswa di Finlandia pada tahun 1991. Linux dapat dipakai untuk jaringan computer, peningkatan software serta kegiatan computer yang lain. Linux sendiri adalah System operasi yang tambah murah dibanding System operasi komersial yang ada saat ini.

2. MS-DOS

System operasi MS-DOS ialah cikal akan dari Microsoft Windows yang kita mengenal sampai sekarang. MS-DOS sendiri System operasi biasa digunakan oleh computer IBM-PC atau yang cocok dengan perangkat sama. System operasi ini pertama-tama di kembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen.

MS-DOS ini berbentuk single tasking dengan modus Text serta Command–Line. MS-DOS sendiri mulai dibiarkan oleh sang empunya bersamaan dibuatnya System operasi berbasiskan grafis antarmuka yang saat ini kita mengenal dengan Microsoft Windows. MS-DOS sendiri dengan sah di stop pada tahun 2000 oleh Microsoft.

3. Microsoft Windows

Microsoft Windows atau Windows ialah System operasi yang cukup terkenal serta merajai perangkat lunak computer yang berada di penjuru dunia. Windows sendiri ialah System operasi yang di kembangkan oleh Microsoft yang berbasiskan pada pemakai grafik antarmuka (graphical user interface).

Semenjak pertama peluncurannya Windows memang cukup terkenal sebab aplikasi grafis bikinan Microsoft seperti Microsoft Excel serta Microsoft Word. Sampai sekarang Microsoft memang sudah keluarkan beberapa versus paling baru dari Windows yang lebih komplet serta sesuai dengan keperluan pemakai personal computer.

4. UNIX

Unix ialah System operasi yang di kembangkan pada tahun 1965 dengan project awal yang disebutkan Multiplexed Information and Computing Service (Multics). Pada tahun 1973 System operasi UNIX di-rework memakai bahasa pemrograman C oleh Dennis Ritchie.

System operasi UNIX selanjutnya di kembangkan oleh perusahaan AT and T Bell Laboratories serta mengeluarkan System operasi UNIX yang berbentuk komersial dengan nama UNIX System V.

System operasi UNIX biasa dipakai untuk jalankan jaringan computer. Sama dengan MS-DOS, sebelumnya UNIX adalah System operasi berbentuk Command line interface yang selanjutnya dibikin versus Graphical User Interface atau GUI untuk mempermudah beberapa pemakai.

5.Mac OS

System Operasi Mac OS atau Macintosh Operating System adalah System operasi pertama berbasiskan GUI yang dikeluarkan Apple Computer pada tahun 1984. Apple sendiri adalah perusahaan perangkat computer yang punya tehnologi benar-benar maju serta exclusive pada awal kehadirannya.

System operasi Mac OS memang spesial dipakai untuk perangkat keras keluaran Apple. Keseluruhannya Mac OS memang berlainan dengan System operasi lainnya. Mac OS ialah System operasi yang tidak memiliki baris perintah (command line) sama dengan System operasi lain.

Mac Os memakai di antara muka pemakai grafik seutuhnya. Mac OS adalah System operasi yang mengenalkan System File Hierarki (Hierarchical File System) sama dengan UNIX serta Linux.

6. Chrome OS

Chrome OS salah satu System operasi yang termasuk baru. Chrome OS dikeluarkan tahun 2010 yang di kembangkan oleh Google Inc. System operasi Chrome OS sendiri berbasiskan pada Linux. Chrome OS kerja dengan spesial memercayakan aplikasi situs dari System operasi itu.

System operasi ini cuma bisa dioperasikan di perangkat keras yang direncanakan spesial oleh perusahaan Google serta bisa di pakai di Chrome book yang diluncurkan oleh beberapa merek Netbook populer seperti DELL, ASUS, ACER dan sebagainya.

Pemakaian System operasi Chrome OS memang cukup gampang. System operasi ini juga terpadu dengan layanan-layanan Google seperti Google Drive, Google Docs serta service Google yang lain.

7. Amiga OS

System Operasi Amiga OS adalah System operasi yang lumayan lama. Namun kehadiran System operasi Amiga OS memang tidak setenar System operasi yang lain yang ada saat ini. System operasi Amiga OS dikenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan Commodore Internasional.

System operasi ini benar-benar baik untuk tugas-tugas multimedia, musik serta video. System operasi Amiga spesial untuk perangkat keras berbasiskan power PC yang dikeluarkan oleh Amiga.

8. AIX

System operasi AIX atau Advanced Interactive executive ialah satu System operasi berbasiskan UNIX yang di kembangkan oleh IBM pada tahun 1986. Sebelumnya System operasi ini untuk dipakai jadi Workstation pada perangkat yang memakai CPU tipe RISC (Reduced Instruction Set Computer).

Peningkatan sendiri waktu itu diketahui dengan nama code ROMP atau Research Office Products Division Multi Processor. Pada versus pertama AIX sudah punya proses untuk Virtualisasi serta memberi dukungan monitor dengan resolusi tinggi, dimana hal itu membuatnya antarmuka pemakai yang lebih baik pada. Versus paling baru yang sudah dikeluarkan IBM sendiri ialah AIX 7.2.4.

9. BE OS

Be OS adalah System operasi computer yang pertama-tama di kembangkan oleh perusahaan Be Inc. pada tahun 1991. Be OS pertama-tama direncanakan untuk dioperasikan pada mesin BeBox. BeOS cuma dapat dioperasikan pada program yang di kembangkan untuk System operasi ini. Be OS sendiri ada dalam bahasa Inggris, Prancis, serta Jepang.

Be OS sendiri selanjutnya berkembang serta diubah supaya bisa dioperasikan pada processor berbasiskan Power PC. Be Os adalah System operasi gratis yang banyak disenangi banyak pemakai sebab jumlahnya aplikasi software yang gratis. Be Os sendiri keluarkan System operasi Zeta untuk versus komersialnya.

10. Sun Solaris

Sun Solaris sesuatu System operasi yang di kembangkan oleh Sun MicroSystem pada tahun 1992. System operasi adalah peningkatan dari System operasi Unix. Sun Solaris adalah System operasi Open Source, dimana user dapat dengan bebas untuk meningkatkan.

Sun Polaris sendiri selanjutnya beralih nama jadi Oracle Solaris sesudah pada tahun 2010 diakuisisi oleh Oracle Corporation. Solaris adalah System operasi yang terpadu dengan mesin berbasiskan processor SPARC, terhitung di dalamnya untuk aplikasi SPARC 64-bit semenjak Solaris 7.

Nah, itu 10 tipe System operasi yang biasa digunakan oleh personal computer yang sudah sukses dirangkum oleh kami. Beberapa pemakai tentunya wajih menyesuaikan System operasi dengan keperluan serta detail perangkat yang dipunyai. Terakhir kami berharap mdah-mudahan info yang diberi berguna.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!