10 tips dan cara berguna untuk menghemat baterai iPhone selamanya

Keluhan beberapa pengguna smartphone saat ini adalah kualitas baterai yang cepat habis. Tak terkecuali bagi pengguna perangkat iOS yang sering mengalami hal ini. Namun, ada beberapa cara menghemat baterai iPhone yang bisa Anda terapkan.

Beberapa tips untuk mengalahkan baterai iPhone pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Anda bahkan dapat melakukannya langsung di iPhone Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir baterai iPhone Anda akan terbuang percuma lagi. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Perhatikan kesehatan baterai

Bagaimana cara menghemat baterai iPhone

Kesehatan baterai benar-benar dapat menentukan apakah iPhone Anda berkinerja baik atau tidak. Jika baterai tidak sehat, biasanya cepat habis dan memperburuk kinerja.

Berikut cara memeriksa kesehatan baterai iPhone:

  1. Masuk ke menu pengaturan pada perangkat Anda.
  2. Pilih opsi menu Baterai, lalu masuk ke Kesehatan Baterai.
  3. Buka menu Lanjutan.
  4. Jika kapasitasnya lebih dari 80 persen, baterai masih sehat.
  5. Sedangkan jika di bawah, maka Anda harus melakukan optimasi.
  6. Buka opsi pengisian daya yang dioptimalkan untuk membuat baterai bekerja lebih baik.
  7. Selesai.

Cara ini sangat efektif untuk merawat baterai iPhone, agar awet dalam waktu lama sehingga mudah boros dan tetap hemat. Anda juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

2. Aktifkan fitur mode gelap

Fitur mode gelap sekarang tersedia untuk banyak produk Apple sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menghemat baterai di iPhone Anda. Mode gelap tersedia di beberapa produk iPhone atau Apple dengan iOS 13 dan 14 ke atas, yang terbukti lebih menghemat baterai.

Misalnya dengan layar yang sudah menggunakan OLED di beberapa produk iPhone. Setiap iPhone yang terintegrasi dengan fitur dark mode biasanya membuat baterai lebih hemat dari biasanya.

3. Gunakan fitur mode daya rendah

Banyak orang yang tidak mengetahui apakah fitur low power mode ini dapat menghemat baterai. Mode daya rendah merupakan salah satu fitur iPhone yang bisa digunakan saat baterai mencapai 20 persen. Kemampuan utamanya adalah mengurangi beberapa gerakan di bagian belakang iPhone.

Selain itu, fitur ini secara otomatis mengurangi kecerahan cahaya di layar. Saat digunakan, tentunya bisa menghemat baterai dengan lebih baik.

Ini adalah metode termudah tentang cara menghemat baterai iPhone. Ada beberapa fitur yang tidak berfungsi saat Anda mengaktifkan fitur ini. Mereka suka menyegarkan aplikasi latar belakang dan mengambil email misalnya.

Ada beberapa alasan mengapa beberapa pengguna Apple tidak menutup aplikasi. Melakukannya dapat menguras baterai.

Pasalnya, saat Anda menutup aplikasi tersebut, akan ada reaksi tertentu yang terjadi pada ponsel tersebut. Misalnya, RAM akan berjalan dari awal untuk menguras baterai lebih cepat.

5. Membatasi akses Bluetooth

Akses Bluetooth sudah lama diketahui menguras baterai iPhone. Banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan masalah ini.

Namun, Anda dapat menambahkan beberapa pengaturan untuk terus menguras baterai. Segala keterbatasan pada fitur Bluetooth akan membuat sistem bekerja lebih efektif, sehingga menghemat baterai iPhone.

6. Membatasi fitur lingkungan

Sudah lama sejak iPhone memberi penggunanya utilitas dan layanan berbasis lokasi. Tanpa sepengetahuannya, ternyata hal ini bisa menguras baterai seperti halnya fitur lokasi dan GPS Android.

Fitur ini telah ditambahkan ke iPhone dengan iOS 14 dan 13. Pengguna memiliki hak dan akses untuk mengatur kapan iPhone ini harus membagikan data lokasinya.

7. Membatasi aktivitas latar belakang

Ada banyak aktivitas saat Anda membuka layar di iPhone, terutama saat Anda sedang sibuk atau multitasking. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk menetapkan batasan gerakan punggung.

Caranya dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih General, dan tap Background App Refresh untuk mengaturnya. Anda dapat mengontrol aplikasi mana yang ingin Anda jalankan di latar belakang pada iPhone Anda.

Performa iPhone lebih efisien dengan menjalankan aplikasi di latar belakang. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat baterai iPhone Anda lebih lama.

8. Kelola penggunaan aplikasi

Setiap ponsel harus memiliki kapasitasnya sendiri untuk jumlah aplikasi yang diinstal. Namun, aplikasi yang sering digunakan menghabiskan lebih banyak daya baterai pada ponsel.

Dengan cara ini, Anda harus memeriksa beberapa aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai iPhone Anda. Caranya, masuk ke menu pengaturan lalu pilih bagian baterai untuk mendapatkan pengaturan yang benar.

Anda akan melihat diagram atau grafik aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai. Dengan mengontrol penggunaan aplikasi, Anda dapat memastikan kesehatan baterai yang lebih baik dalam jangka panjang.

9. Matikan unduhan dan pembaruan otomatis

Cara untuk menghemat penggunaan baterai iPhone adalah dengan mematikan unduhan dan pembaruan otomatis. Pasalnya, aktivitas download dan update ini membutuhkan daya baterai yang cukup.

Aktivitas ini tidak disarankan saat baterai iPhone yang Anda gunakan lemah. Jadi, Anda harus menonaktifkannya untuk menghindari penggunaan baterai yang boros.

10. Batasi notifikasi

Banyaknya notifikasi di iPhone dapat menguras daya baterai dengan cepat. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi jumlah notifikasi yang ditampilkan.

Hal ini membuat baterai lebih awet, efisien dan sehat. Biasanya, perangkat iPhone yang dikonfigurasi dengan cara ini akan memiliki baterai yang lebih hemat dan kinerja yang lebih baik.

Saat baterai iPhone dalam keadaan sehat, maka Anda bisa menggunakannya dengan lebih baik. Tips dan trik menghemat baterai iPhone yang bisa Anda gunakan di atas mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah Anda.

Apalagi saat Anda sedang berpergian dan mencari ponsel yang bisa bertahan lama. Jika Anda dapat mengetahui cara mengaturnya, iPhone tidak selalu membuang-buang waktu untuk digunakan.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!