3 Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk Sampai Bersih + Pencegahannya

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk

Virus merupakan sebuah file yang sangat merugikan untuk semua komputer dan penggunanya karena sifatnya yang dapat merusak file yang ada di komputer tersebut termasuk pada flashdisk.

Contohnya adalah Virus Shortcut. Virus satu ini sangat mengganggu karena mampu mengganggu sistem & dapat menyebar dengan cepat pada seluruh folder ketika akan dibuka pada hardisk, flashDisk/flasDrive maupun SD Card berdasarkan Card Reader.

Bahkan hal yang mampu diakibatkan berdasarkan virus ini adalah media penyimpanan data tadi tidak bisa terbaca pada personal komputer (PC), & bila Anda memakai antivirus yg sangat mematikan maka umumnya semua data dalam flashdisk tadi akan secara otomatis diformat olehnya.

Tentunya menggunakan hal tadi, kita jadi lebih susah buat melakukan tranfer data antar komputer. Untuk mencegah menghapus virus jenis ini DuniaTeknologi akan memberitahukan caranya melalui tutorial pada bawah ini.

Menghapus Data Virus Shortcut Pada Komputer Dan Flashdisk Hingga Bersih & Aman

1. Menghapus Secara Manual

Menghapus Virus Shortcut Secara Manual

Untuk menghapus virus shortcut pada flashdisk, Anda bisa menggunakan cara manual seperti berikut dibawah ini:

1. Pergi lokasi partisi penyimpanan flashdisk Anda

2. kemudian pilih menu “Tools” dan klik “Folder Options” kemudian pilih “Show hidden files, folders and drivers” lalu hilangkan tanda centang pada “Hide empty drivers in the Computer folder” dan juga “Hide extentions for known file types“.

Hal ini bertujuan untuk menampilkan semua file dan folder yang tersembunyi pada komputer dan flashdisk, dengan begini kita bisa menghapus semua file yang mencurigakan.

3. Lalu kalian hapus semua virus atau file yang menurutmu sangat aneh

2. Melakukan Format Pada Flashdisk

Menghapus Virus Shortcut Dengan Memformat Flash Disk

Jika cara pertama telah dilakukan namun virus tersebut masih terus muncul maka kalian harus memformat flashdisk (flashdrive) tersebut agar semua data yang ada pada flashdisk tersebut terhapus dan hilang secara permanen termasuk dengan virusnya.

Namun sebelum menggunakan cara ini kalian harus memindahkan data yang ada di flashdiskmu ke hardisk komputermu terlebih dahulu, agar data yang penting tidak ikut terhapus.

1. Klik kanan pada partisi Flashdisk kemudian pilih menu “Format“.

2. Selanjutnya pilih “Quick Format” dan tunggu hingga proses penghapusan semua data selesai.

3. Menggunakan Software Antivirus

Cara terakhir dan yang paling ampuh untuk menghapus virus ialah dengan menggunakan software antivirus komputer dan flashdisk seperti Avast, AVG, Smadav dan yang lainnya, Anda bisa mendownload di google dengan keyword “Download Antivirus“. Anda bisa menemukan contohnya Download smadav.

Setelah Anda memasang antivirus tersebut maka Anda bisa lakukan scanning (memindai) dan cleanning (membersihkan) virus yang ada di komputer maupun flashdisk.

Mencegah Komputer Agar Tidak Terinfeksi Virus Shortcut

Untuk menghindari hal yang sama maka alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak dini agar komputer kita aman dari virus.

1. Pastikan kalian berbagi data pada komputer yang aman dan bersih dari berbagai virus termasuk virus shortcut.

2. Gunakan flashdisk dengan baik, jangan ceroboh saat menghubungkan dan mencabut flashdisk ke komputer.

3. Selalu aktifkan antivirus untuk mencegah datangnya virus.

4. Download dan pasang software dari sumber yang terpercaya, jangan sekali sekali menjungi situs ataupun menginstal freeware yang mencurigakan atau berbahaya.

Itulah beberapa cara terbaik untuk Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk Sampai Bersih Beserta Pencegahannya, semoga ini bisa membantu mengatasi masalah yang sama pada kalian.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!