4 cara untuk mengatasi kesalahan “Windows mendeteksi konflik alamat IP”

Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."

GlassTeknologi.com – Apakah Anda pernah mencobanya?pengaturan Terima alamat IP atau alamat IP secara otomatis (DHCP) dan kemudian dapatkan pesan “Windows telah mendeteksi konflik alamat IP? Jika ya, artikel ini akan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut.

Pesan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Kesalahan jaringan
Windows telah mendeteksi konflik alamat IP

“Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini. Hubungi administrator jaringan Anda untuk membantu memecahkan masalah ini. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows.”

Pada kalimat pertama, dinyatakan bahwa perangkat komputer lain di jaringan yang sama memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini. Jadi bisa kita simpulkan bahwa IP di komputer kita bertentangan dengan alamat IP komputer lain.

Baca Juga: Cara Mengalahkan Jaringan Seluler Tidak Tersedia Di Android

Namun, ini tidak hanya berlaku untuk komputer, tetapi juga untuk koneksi nirkabel seperti Wi-Fi. Selain itu, smartphone juga tidak mencegah terkena masalah ini. Lalu apakah mungkin jika alamat IP sama? bertemu Ke Internet? Tentu saja tidak bisa, karena setiap perangkat harus memiliki alamat sendiri untuk terhubung ke Internet.

Cara Memperbaiki Konflik IP di Windows

Ada beberapa cara yang sudah saya berikan dibawah ini, silahkan dicoba satu persatu untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Berikut cara mengatasi “Windows telah mendeteksi konflik alamat IP” di Windows:

1. Menyiapkan IP Statis

Biasanya Anda mendapatkan alamat IP DHCP (otomatis) jika Anda terhubung ke jaringan, sehingga Anda tidak perlu mengatur alamat IP Anda sendiri untuk terhubung. Masalahnya adalah DHCP ini memberikan alamat IP secara acak, yang terkadang menyebabkan konflik alamat IP, sehingga perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan. Begini caranya pengaturan Statistik Alamat IP:

  1. Tolong buka Jaringan Panel Kontrol dan Koneksi Jaringan Internet.
  2. Klik dua kali pada koneksi yang terhubung (Ethernet/Wi-Fi).
  3. Setelah itu, klik Properti.
  4. Menggulir Turun sampai Anda menemukannya Protokol Internet Versi 4 (TCP/IPv4).
  5. Memilih Gunakan alamat IP berikut Dan isikan alamat IP yang sesuai dengan alamat IP jaringan Anda.
  • Mengisi Tuan rumah (192.168.1.199) Saya sarankan Anda menggunakan angka yang jarang digunakan, misalnya saya menggunakan ratusan.
Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."
  • Klik baiklah Untuk menyimpan perubahan.
  • Bagaimana menemukan subnet dan gateway default di jaringan?

    Jika Anda bingung mengisi default gateway dan subnet, saya punya tipsnya. Berikut caranya:

    1. Masih login. Jaringan Panel Kontrol dan Koneksi Jaringan Internet.
    2. Lakukan cara yang sama seperti yang dijelaskan di atas, kami hanya tidak memilih Gunakan alamat IP berikut Tapi kami menggunakannya di sini Dapatkan alamat IP secara otomatis Lalu klik baiklah.
    3. Jika ditemukan konflik IP, biarkan saja dan tunggu prosesnya selesai Pertanyaan Alamat IP selesai.
    4. Klik dua kali pada antarmuka koneksi Anda lagi dan kemudian klik rincian.
    5. Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."
    6. Anda akan melihat alamat gateway, DNS dll di jendela baru.
    7. Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."
    8. Jika IP Gateway dikonfirmasi menjadi 192.168.0.12.1Kemudian isikan alamat IP 192.168.2.199 (Pastikan subnetnya sama dan hostnya berbeda).

    2. Setel ulang IP DHCP di cmd

    Jika Anda tidak ingin repot mengubah mode DHCP ke Statis, Anda dapat menggunakan metode kedua ini yaituMengatur ulang Alamat IP DHCP di Command Prompt (CMD). Berikut cara mereset IP DHCP:

    1. Buka CMD dalam mode administrator.
    2. Masukkan kode di bawah ini dan tekan enter pada setiap baris.
    3. 1. ipconfig / rilis
      2. ipconfig/refresh

      Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."
    4. Silakan periksa apakah IP masih bertentangan atau tidak.

    3. Cabut kabel atau lupakan jaringan

    Sering terjadi masalah pada jaringan yang terhubung, biasanya hal ini disebabkan adanya masalah pada proses autentikasi. hanya untukmu Pengguna komputer Pilih satu menggunakan kabel Tolong hubungi saya Cabut dulu dan pasang kembali kabelnya Dan lihat apakah masalahnya terpecahkan.

    Jika Anda adalah pengguna Wi-Fi atau laptop/android maka saya sarankan Anda melupakan jaringan. Berikut cara melupakan jaringan di laptop.

    1. Klik ikon Internet/Wireless di pojok kanan bawah laptop Anda.
    2. Pastikan Wi-Fi telah dinyalakan, lalu klik kanan Wi-Fi yang tersambung, lalu ketuk . Lupakan jaringan ini.
    3. Cara mengatasi kesalahan jaringan Windows telah mendeteksi konflik alamat IP "Komputer lain di jaringan ini memiliki alamat IP yang sama dengan komputer ini.  Hubungi administrator jaringan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini.  Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di log peristiwa sistem Windows."
    4. Coba sambungkan kembali perangkat melalui Wi-Fi.
    Cara melupakan jaringan di Android, reset pengaturan jaringan dan konfigurasikan alamat IP untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa lihat di sini: Cara memperbaiki kesalahan Wi-Fi Android.

    4. Restart modem/router

    Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengulang kembali Modem/router bekas. Terkadang modem tidak dapat memberikan alamat IP yang benar karena sering crash. Seperti yang sedang berlangsung mengulang kembali Dalam hal ini, cukup tekan tombol daya untuk mematikannya dan tunggu beberapa saat sebelum modem restart.

    Mungkin itu saja untuk mengatasi konflik alamat IP ini, saya harap artikel ini akan segera menyelesaikan masalah Anda. Silakan tinggalkan komentar positif dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. terima kasih…

    Recommended For You

    About the Author: Andi Setiawan

    EnglishIndonesianJapaneseRussian
    error: Content is protected !!