4 tips dari Joko Anwar untuk menggunakan fitur kamera seri Vivo X80

Di tahun Dengan diluncurkannya Vivo X80 Series Indonesia pada 26 Juli 2022, vivo kembali memperkenalkan sutradara ternama Indonesia Joko Anwar sebagai salah satu perwakilan dari Vivo X-series.

Satu ketukan untuk pencitraan profesional sinematik dengan teknologi dan inovasi terbaru yang diperkenalkan oleh Seri Vivo X80. Joko Anwar dapat membuat karya sinematik dengan foto dan video dari kesehariannya dengan cerita dan perspektif yang berbeda.

“Membuat film sinematik tidak semudah sebuah film. Untuk menyampaikan cerita dengan baik kepada penontonnya, diperlukan peralatan pendukung untuk mendukung fotografi,” kata Joko Anwar.

Ia juga mengatakan bahwa kini semua kebutuhan perekaman ditangani di vivo X80 Pro dengan ZEISS Cinematics Video Box, AI Video Enhancement, Super Night Video dan HDR Video melalui ZEISS Optics.

Menurut Joko Anwar, dasar terpenting untuk menghasilkan video sinematik berkualitas adalah lensa profesional, pencahayaan, stabilitas video tinggi, tone warna, flow, dan fokus. Semua fitur tersebut tersedia di vivo X80 Series, terutama vivo X80 Pro.

Di sini, Joko Anwar membagikan tips cara menyempurnakan fitur cinema di Vivo X80 Pro agar pengguna bisa dengan mudah membuat video berkualitas tinggi.

  • Tingkatkan fitur Bokeh Video Sinema ZEISS untuk menampilkan latar belakang video yang diburamkan dengan indah

Vivo X80 Series hadir dengan berbagai inovasi untuk menghadirkan pengalaman fotografi dan video sinematik hanya di smartphone. Salah satu keunggulan Vivo X80 Series adalah smartphone ini dibekali dengan kamera yang didukung teknologi ZEISS.

Ada Bokeh Gaya Sinematik ZEISS dan Bokeh Video Sinematik ZEISS. ZEISS Cinematic Style Bokeh untuk potret, sedangkan ZEISS Cinematic Video Bokeh untuk mode video, yang menghasilkan efek bokeh berbentuk oval seperti film dengan rasio aspek 2.39:1.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini jika ingin menonjolkan objek foto atau video. Selain itu, fitur ini berguna jika pengguna ingin mengubah latar belakang dari sesuatu yang tidak terlalu mereka dukung, seperti lingkungan yang ramai. Menariknya, efek bokeh yang dihasilkan berbentuk ova.

Selain itu, fitur bokeh pada vivo X80 Pro hadir dengan empat modul kamera belakang dengan kamera utama bersensor 50 MP Ultra Sensing GNV dengan kamera OIS, 12 MP Gimbal Portrait Camera, 48 MP Wide-Angle Camera, dan 8 MP Periscope Camera.

Sedangkan pada vivo X80, kamera belakang adalah pengaturan tiga kamera dengan 50MP Ultra-sensor, 12MP Portrait Camera dan 12MP Wide Angle Camera. Kamera depan kedua seri ini juga dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi yakni 32 MP.

  • Sesuaikan tingkat cahaya sesuai kebutuhan dengan peningkatan video AI

Elemen penting dalam sinematografi adalah cahaya. Karena sifatnya yang unik, proses merekam gambar dalam kondisi minim cahaya menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum mengambil video sebaiknya perhatikan arah datangnya cahaya pada objek foto, kemudian lakukan tes kamera.

Umumnya, pengguna menyesuaikan lensa kamera secara manual untuk membuat video terlihat bagus dalam kondisi gelap. Namun kini dengan teknologi yang dikembangkan oleh vivo, vivo X80 Pro mempermudah kebutuhan tersebut dengan menawarkan teknologi peningkatan video AI.

Fitur ini mendeteksi jumlah cahaya di sekitar objek video, termasuk kegelapan cahaya tinggi, dan kemudian membuatnya lebih terang. Sistem AI pada fitur ini secara otomatis mengaktifkan fitur Super Night Video dalam kondisi gelap.

Sementara itu, dalam kondisi terang atau gelap, video HDR secara otomatis menyesuaikan kontras cahaya sehingga video yang diambil terlihat profesional. Ya! Dukungan kamera di Vivo X80 Series dilengkapi dengan teknologi AI yang ditingkatkan.

  • Perekaman video yang stabil dan bebas blur dengan sistem OIS pusat aktif

Video stabil adalah tampilan video sinematik yang bagus dan dapat dinikmati dengan lebih nyaman oleh pemirsa. Umumnya, perangkat eksternal diperlukan untuk menstabilkan kamera dan mengunci objek dalam fokus.

Namun kini, dengan fitur Active Centering OIS System yang baru pada vivo X80 Series, hasil sinematografi juga akan memiliki stabilitas dan kejernihan yang lebih baik, serta blur yang lebih sedikit, karena fitur ini memastikan lensa dapat bergerak tanpa guncangan saat membingkai.

Terlebih lagi, semua seri Vivo X80 dilengkapi dengan kemampuan stabilisasi horizontal 360 derajat yang dapat merekam video berkecepatan tinggi, sehingga pengguna dapat menangkap gambar ekstrem dan mengabadikan momen dari berbagai sudut unik.

  • Pastikan nada dan urutan warna yang seimbang untuk hasil sinematik yang memukau

Untuk menyempurnakan momen sehari-hari seperti video profesional, kita perlu memastikan nada warna yang seimbang dan gambar yang harmonis. Hal ini untuk menyampaikan pesan dan emosi dalam video kepada penonton.

Untuk mendukung permintaan tersebut, Vivo X80 Series didukung fitur LOG Format sehingga video mendapatkan tone warna seperti film. Pengguna kemudian dapat menggunakan fitur Time-Lapse yang meningkatkan urutan foto.

Ada juga fitur SAT (Spatial Align Transfer) di Pro Cinematic Mode yang secara otomatis menyelaraskan gambar saat bergerak, sehingga pengguna dapat mencapai zoom yang mulus dan konsisten. Terakhir, jangan lupa untuk menyinkronkan audio berdasarkan rekaman yang diambil.

“Saya sangat senang Vivo X80 Series hadir di Indonesia. Konsumen yang menyukai mobile videography semakin mudah membuat video sinematik dan dapat mewujudkan impiannya menciptakan karya sinematik berkualitas tinggi,” ujar Joko Anwar.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!