5 Cara Blokir SMS Spam: Undian Berhadiah hingga Mamah Minta Pulsa

Cara Blokir SMS Spam: Undian Berhadiah hingga Mamah Minta Pulsa – Anda sebagai pengguna smartphone saat ini pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SMS spam. Apakah kalian pernah mendapat SMS semacam itu? Atau malah kalian menerimanya hampir setiap hari?

SMS spam, meskipun memang hanya masalah sepele, tapi bila Anda biarkan berlarut-larut tentunya bisa sangat menyebalkan. Pesan-pesan yang bernada hampir sama setiap harinya, seperti memenangkan undian uang atau barang, mamah minta pulsa, atau pun persetujuan pembelian suatu barang abal-abal, tentunya lama-kelamaan akan membuat penuh kotak masuk SMS kita. Bahkan ada yang minta kirimkan uang untuk ditasfer.Bila hal ini terjadi, bisa saja pesan-pesan penting dari seseorang atau operator justru tenggelam oleh tumpukan SMS spam semacam itu.

Nah, bagi kalian yang sudah cukup muak dan tidak tahan ingin menghentikan SMS spam menganggu tersebut, Dunia Teknologi punya beberapa cara yang bisa kalian terapkan. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Blokir SMS Spam di Android dan iPhone

1. Install Aplikasi Spam Blocker

Kalian bisa menghentikan SMS spam dengan meng-install aplikasi spam blocker. Salah satunya adalah Block Text yang dirilis oleh Key Messages. Aplikasi ini secara otomatis memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal.

Kecerdasan buatan yang ditanamkan bisa membedakan mana nomor pribadi dan nomor yang digunakan oleh scammer atau telemarketer.

Selain itu, sebagian aplikasi spam blocker juga bisa memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

2. Gunakan Fitur Bawaan HP

Foto: Ubergizmo

Sejumlah smartphone terbaru saat ini telah menyertakan fitur blokir SMS spam, salah satunya adalah smartphone merek Oppo.

Caranya mudah, masuklah ke menu pesan, lalu tekan dan tahan pada pesan yang ingin kamu blokir. Lalu, pilih opsi “Add to spam numbers”. Selesai!

Sementara, untuk iPhone, buka teks dari nomor yang ingin kamu blokir dan ketuk nomor pengirim. Klik ikon info (i) dan klik nomor telepon. Kamu bisa memilih opsi “Blokir Penelepon” atau “Blokir Kontak”, pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Gunakan Settingan Bawaan HP

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa di smartphone-nya terdapat fitur untuk memblokir SMS spam dari orang tak dikenal. Fitur ini bisa membantu menghilangkan pesan spam dan teks robot dengan memfilter spam di perangkat seluler kita.

Untuk perangkat iPhone, klik Pengaturan > Pesan > pilih Memfilter Pengirim Tidak Dikenal dan aktifkan pengaturan.

Untuk perangkat Android, pilih menu Telepon > ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas > Pengaturan > Blokir > Blokir Pesan > pilih Blokir Pesan dari Nomor tidak Dikenal. 

Kamu juga bisa mengatur kata kunci untuk pesan spam dan masukkan kata-kata yang ingin kamu saring.

4. Laporkan ke Pihak Berwenang

Foto: Digital Trends

Bila cara-cara di atas masih belum berhasil, kamu bisa melaporkan nomor spam ke otoritas yang berwenang. Per Desember 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka layanan aduan nomor telepon yang melakukan penipuan atau dianggap menyebar pesan spam.

Laporkan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI dan nomor tersebut akan diblokir oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kamu cukup mengunggah screenshot pesan beserta nomor yang dianggap melakukan spam, lalu mention ke @aduanBRTI. Semakin banyak laporan, semakin cepat nomor tersebut bakal diblokir.

5. Ganti Nomor HP

Foto: Kemenkominfo

Ini adalah cara pamungkas. Jika segala cara sudah dilakukan dan tak membuahkan hasil, lebih baik ganti nomor saja. Pastikan untuk mempertimbangkan matang-matang sebelum melakukannya.

Jika nomor baru telah terpasang di perangkatmu, jangan sembarangan untuk mengisi data pribadi di situs website yang tidak jelas kredibilitasnya. Biasanya, dengan iming-iming hadiah, orang-orang akan dengan mudah menyerahkan data pribadinya. Lindungi privasimu dengan tidak sembarangan menyebar data pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!