5 Hal yang Membedakan Antara RAM dengan ROM

5 Hal yang Membedakan Antara RAM dengan ROM – Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) keduanya merupakan komponen komputer yang ikut andil dalam bekerjanya sebuah komputer dan laptop. Mungkin, sebagian orang bertanya tanya apakah perbedaan yang mendasari perbedaan kedua komponen ini sehingga keduanya dibedakan.

Baca juga : Tips Mengatasi Laptop Atau Pc Tidak Mengeluarkan Suara

Secara umum, RAM merupakan penyimpanan sementara suatu data program pada komputer dalam keadaan aktif. RAM berfungsi sebagai komponen penggerak atau otak dari suatu komputer ataupun smartphone. Sedangkan ROM, merupakan suatu penyimpanan dalam sebuah komputer atau gawai yang dapat menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, audio, gambar, bahkan media audio-visual.

Perbedaan antara RAM dengan ROM

1. Sifat Data yang Disimpan

RAM membutuhkan daya tambahan untuk menyimpan data sehingga data bersifat sementara. Hal ini didukung oleh fakta bahwa data yang disimpan dalam RAM akan hilang jika komputer dimatikan atau tiba tiba mati. Sementara ROM tidak membutuhkan daya tambahan untuk menyimpan data sehingga data yang ada di dalamnya bersifat permanen. Data tidak akan hilang meski komputer dimatikan atau tiba tiba mati.

2. Perbedaan Fungsi

Fungsi ROM yang paling utama adalah menyimpan data yang biasa tertanam oleh pabrik sehingga tidak dapat dirubah rubah. Biasanya data yang disimpan adalah firmware. Sebuah software yang menghubungkan program dengan hardware komputer, dan mempersiapkan semua hardware sebelum komputer digunakan. ROM hanya berperan saat komputer dalam kondisi booting atau start up.

 

Perbedaan Fungsi RAM Dengan ROM

Sementara itu, RAM digunakan untuk membuat salinan data atau program yang sedang berjalan dari hard disk, dan mengolah data atau program yang sedang dijalankan. RAM akan berperan ketika komputer dalam keadaan aktif.

3. Kapasitas

Pada umumnya RAM memiliki kapasitas dari MB hingga GB dan kecepatan yang cukup tinggi pula. Kapasitas RAM pada komputer dapat ditingkatkan jika tersedia Free Slot untuk RAM.

Sedangkan ROM kapasitasnya tidak dapat kita ubah ubah karena isi dari ROM sudah permanen dan secara default diprogram dari pabrik pembuatnya. Kecepatan ROM lebih rendah dari pada kecepatan RAM dalam membaca data.

4. Produk

Variasi produk RAM dan ROM ini sangat berbeda. Jenis ROM meliputi PROM (Programmable Read Only Memory) yang diproduksi sebagai memori kosong contohnya CD-ROM, EPROM,dan EEPROM. Penulisan datanya dilakukan secara elektris.

Sedangkan untuk RAM memliki dua jenis produk antara lain DRAM dan SRAM. DRAM biasanya dijadikan komponen standar pada komputer dan langsung tertanam. DRAM memiliki kecepatan hingga 60 nanodetik sedangkan SRAM memiliki kecepetan 10 nanodetik untuk memproses informasi. Fantastis.

5. Proses Penulisan Data

ROM tidak dapat diisi data sewaktu waktu kita butuhkan. Pengisian data pun dilakukan dengan adanya proses khusus dan langkah langkah tertentu. Kebanyakan ROM diisikan data oleh pabrik pembuatnya.

Proses Penulisan Data Ram Dan Rom

Sedangkan RAM dapat diisi data kapan saja bahkan secara tidak sadar pun kita terkadang melakukan pengisian data ke RAM. Misalnya saat mengcopy sebuah tulisan. Tulisan yang tersalin akan tersalin dan disimpan dalam RAM untuk sementara waktu hingga tertindih oleh salinan lain atau komputer dimatikan.

Itulah beberapa perbedaan antara RAM dan ROM secara singkat yang dapat kami jelaskan. Meski begitu, RAM dan ROM, keduanya sama sama dibutuhkan untuk kelangsungan dan kelancarana aktifnya komputer karena rusak satu komponen saja akan mengakibatkan kegagalan sistem dan memicu munculnya error error yang sangat tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menjadi penambah wawasan mengenai perbedaan RAM dan ROM yang terdapat pada komputer.

 

 

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!