5 Jenis Hacker yang Wajib Kita Tahu, Ada yang Tak Berbahaya?

5 Jenis Hacker yang Wajib Kita Tahu, Ada yang Tak Berbahaya?

5 Jenis Hacker yang Wajib Kita Tahu, Ada yang Tak Berbahaya? – Pengertian secara awam, hacker alias peretas adalah sebutan bagi orang-orang yang melakukan aktivitas penyusupan suatu sistem atau jaringan komputer dengan berbagai tujuan tertentu.

Sebenarnya Hacker Indonesia juga ada yang hebat loh namun kita tidak membahasnya. Tetapi Ada beberapa jenis hacker yang saat ini sudah umum diketahui di seluruh dunia, mulai dari Black Hat (juga sering disebut Cracker), White Hat, Grey Hat, Hacktivist, serta Script Kiddie.

Lantas, apa sih pengertian kelima jenis hacker tersebut? Apa pula perbedaan di antara mereka? Bagi yang belum tahu, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Hacker dan Perbedaannya

1. Black Hat (Cracker)

Foto: Победа РФ

Black Hat adalah sebutan bagi seorang hacker yang memiliki motif jahat di dalamnya (disebut juga sebagai Cracker). Bukan hanya mengambil keuntungan untung memperkaya diri, hacker antagonis ini juga mampu mengambil alih sebuah sistem dengan mudah dan juga mengambil data-data penting lainnya. Ini lah yang membuat black hat hacker sangat berbahaya. 

2. White Hat

Foto: Startup Beat

Dimana ada karakter antagonis, di situ pasti ada karakter protagonisnya. Dalam dunia hacker, White Hat merupakan jenis hacker baik yang melakukan hal positif. Umumnya, hacker jenis ini akan mencoba mencari titik lemah dari suatu sistem dan memberikan solusi agar sistem tersebut tak mudah ditembus. Secara mudahnya dinamakan “Security Hacker” dan biasa digunakan pada departemen militer atau Bank agar tidak bisa ditembus.

3. Grey Hat

Foto: Kaskus

Hacker yang satu ini tak dapat diprediksi aktivitasnya. Hal ini karena seseorang dibaliknya dapat berperan sebagai hacker antagonis atau pun protagonis, tergantung kepada situasi dan kondisi. Jadi Tidak heran apabila memang hacker seperti ini, tak dapat dipercaya secara penuh. 

4. Hacktivist

Foto: Penn State University

Pernah melihat beberapa situs-situs yang dibajak dengan tulisan-tulisan bernada protes? Sebenarnya orang-orang dibaliknya dapat disebut sebagai seorang Hacktivist. Seseorang dengan peran ini, biasanya memiliki kepedulian tinggi dan menyampaikan aspirasinya melalui situs-situs besar.

5. Script Kiddie

Foto: Peerlyst

Untuk yang satu ini, belum lah termasuk ke dalam kategori hacker yang berbahaya, sebab seperti namanya, hacker jenis ini bisa dikatakan masih pemula. Script Kiddie biasanya mencoba meretas situs-situs dengan menggunakan skrip yang sebelumnya telah tersedia. Tujuannya biasanya juga hanya untuk mempelajari pemrograman teknologi dengan level profesional. 

Karena pada umumnya mereka belum Kuasai 5 Hal Ini agar bisa menjadi Hacker Profesional. Nah itulah 5 Jenis Hacker yang Wajib Kita Tahu, Ada yang Tak Berbahaya?

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!