6 Kesalahan Fatal Ketika Merakit PC Gaming

Kesalahan Fatal Ketika Merakit PC Gaming – Sekarang ini PC tidak hanya digunakan untuk bekerja saja, namun juga biasa dipakai untuk bermain video game. Apalagi di jaman era dunia teknologi maju seperti saat ini di mana game membutuhkan PC yang berspesifikasi tinggi, pasti banyak di antara kalian yang ingin merakit PC gaming sendiri.

Nah, di sinilah perkaranya, di luar sana masih banyak orang yang belum paham benar dengan PC dan tidak mengerti komponen-komponennya sehingga merakitnya dengan asal dengan harapan bisa bermain game dengan lancar.

Kali ini Dunia Teknologi akan membahas kesalahan-kesalahan fatal yang biasa dilakukan orang ketika ingin merakit PC khususnya PC gaming. Yuk langsung aja kita bahas bareng-bareng.

6 Kesalahan Fatal Ketika Merakit PC Gaming

1. Tidak Memerhatikan Besarnya File Game

Media penyimpanan harus diperhatikan dengan seksama ya guys, karena di jaman sekarang game-game memerlukan media penyimpanan yang sangat besar karena memang grafis yang juga bagus. Belilah hard disk berkapasitas besar untuk game-game yang ingin Anda mainkan buat menyimpan file.

2. Tidak Merencanakan Masa Depan

Dalam merakit PC kalian juga harus merencakan masa depan karena game-game untuk PC cepat sekali berkembang. Contohnya seperti ukuran file yang makin hari makin membengkak, kekuatan RAM, kartu grafis, dan lain-lain.

Rencanakan dengan matang kalau suatu saat kalian akan meng-upgrade PC gaming kalian. Misalnya begini, kalian sekarang sedang merakit PC gaming dengan memakai motherboard yang hanya mendukung SATA II, padahal SATA III lebih banyak dipakai saat ini dan lebih cepat.

3. Melupakan Peran Power Supply yang Penting

Peran Power Supply sangat penting buat PC gaming kalian, karena Power Supply menyalurkan daya listrik untuk setiap komponen dalam PC. Pakailah Power Supply yang berkualitas dengan daya yang cukup untuk ‘daleman’ PC gaming kalian. Karena bila daya kurang bisa merusak perangkat kalian, atau kalau terlalu besar juga dapat membuat daya listrik jadi boros.

4. Perlu Banyak RAM

Tidak dipungkiri video game memerlukan RAM tinggi yang harus terpasang di PC gaming kalian. Tetapi tetaplah beli sesuai dengan kebutuhan kalian. Pastikan saja RAM kalian cukup untuk memainkan game yang diinginkan, karena menurut situs Hardware Secrets, RAM yang berlebihan justru bisa membuat game tidak berjalan dengan semestinya.

Sebagai contoh bila kalian ingin main game Dota 2 yang memerlukan RAM 4GB, tapi kalian membeli RAM sampai 16GB karena berpikir game akan berjalan lebih lancar.

5. Berpikir Sudah Ada OS

Jika kalian berencana akan merakit PC gaming, jangan lupa sisihkan uang tambahan untuk membeli lisensi sistem operasi karena PC gaming kalian pastinya belum dilengkapi dengan sistem operasi. Terkecuali jika kalian membelinya dalam 1 paket. Kalau kalian sampai lupa untuk meng-install sistem operasi jangan harap kalian bisa main dengan PC gaming baru kalian ya.

6. Berpikir PC Gaming Lebih Baik Daripada Konsol

Ini nih yang paling penting. Janganlah kalian menganggap PC lebih baik dari konsol, atau gamer PC lebih keren dari gamer konsol. Banyak yang menganggap PC gaming bisa mengalahkan konsol, namun nyatanya salah.

Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing perangkat. Contohnya, konsol itu lebih simpel. Kamu tidak perlu khawatir game yang sudah dibeli tidak bisa dimainkan di konsol yang kita punya. Hal ini jelas berbeda dengan PC gaming.

Game yang kalian beli performanya bergantung pada PC yang kalian gunakan. Di sisi lain, kalian juga mungkin bisa mengalahkan performa konsol dengan PC gaming mahal yang kalian rakit. Jadi, tiap perangkat seperti penulis katakan di atas memang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Nah, intinya sebelum kalian merakit PC gaming versi kalian, ada baiknya kalian cari tahu terlebih dahulu ya spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan kalian, untuk menghindari kesalahan seperti yang sudah Dunia Games bahas di atas. Selamat merakit PC Gaming guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!