6 Perbedaan Sleep dan Hibernate di PC/Laptop Windows Jarang Diketahui

Perbedaan Sleep dan Hibernate di PC/Laptop Windows Jarang Diketahui – Para pengguna PC atau laptop Windows tentunya sudah tahu dan sering melihat dengan fitur yang namanya mode Sleep dan Hibernate, atau bahkan sering menggunakan kedua mode ini.

Seperti cara membersihkan monitor laptop terkadang cara membersihkan laptop yang benar pun tidak tahu padahal di internet banyak bertebaran informasinya.

Walaupun keduanya keduanya sama-sama merupakan opsi yang disediakan Windows untuk tujuan penghematan daya pada PC atau laptop, namun kebanyakan orang masih belum paham ternyata ada beberapa perbedaan dari kedua mode tersebut. Apa saja perbedaannya?

Perbedaan Sleep dan Hibernate di PC/Laptop Windows

1. Secara harfiah

Foto: Guiding Tech

Mode Sleep alias Tidur diartikan seperti tidur siang singkat pada manusia untuk penyegaran. Sedangkan, mode Hibernate atau Hibernasi diartikan sebagai tidur jangka panjang seperti beruang grizzly di musim dingin atau ular piton setelah makan berat.

2. Konsumsi daya

Pada mode Sleep, dimana sistem tetap mengonsumsi daya untuk ‘bernafas’, namun dalam jumlah yang lebih rendah. Salah satu bagian komputer yang akan tetap menyala saat mode Sleep diaktifkan adalah lampu notifikasi. Mode Sleep sangat berguna untuk mengemat listrik pada PC dan daya baterai pada laptop.

Sementara pada mode Hibernate, PC atau laptop benar-benar tidak mengonsumsi daya atau zero power sehingga bisa lebih menghemat listrik atau daya baterai.

3. Waktu bangun

Ketika PC atau laptop sedang dalam mode Sleep, maka Anda cukup menekan salah satu tombol keyboard untuk bangun dan mengaktifkannya kembali. Dalam waktu beberapa detik, PC atau laptop akan langsung aktif kembali karena sistem selalu siap siaga.

Berbeda dengan PC atau laptop yang dalam mode Hibernate, Anda tidak bisa membangunkannya secara langsung. Dibutuhkan beberapa saat hingga komputer siap digunakan kembali. Bisa dibilang komputer harus dinyalakan dari awal lagi ketika masa hibernasinya telah selesai.

4. Penerapan

Foto: Weekly Tech

Mode Sleep dan Hibernate ternyata mempunyai anjuran penggunaan yang berbeda. Anda bisa menggunakan mode Sleep ketika komputer akan ditinggalkan untuk beberapa saat saja. Jadi, ketika Anda kembali, komputer bisa langsung dihidupkan tanpa membutuhkan banyak waktu.

Sementara mode Hibernate lebih cocok digunakan saat Anda akan meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Umumnya komputer akan langsung berhibernasi ketika masa tidurnya telah berakhir. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat lupa meninggalkan komputer dalam mode Sleep.

5. Fungsi proses

Dalam mode Sleep, semua proses yang sedang berlangsung di laptop atau PC akan berhenti dan pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan akan disimpan di dalam memori RAM. Dengan demikian, sistem akan kembali seperti semula tatkala komputer dibangunkan dan pekerjaan bisa langsung diteruskan.

Sedangkan dalam mode Hibernate, semua proses disimpan dalam hard disk laptop atau PC, sehingga Anda tidak bisa langsung menggunakan sistem dan melanjutkan pekerjaan sebelumnya, dikarenakan proses reboot setelah shutdown akan memakan waktu cukup lama.

6. Cara menonaktifkan

Foto: Digital Trends

Saat sistem berada dalam mode Hibernate, Anda tidak akan dapat menggunakan sistem tersebut. Satu-satunya cara untuk kembali bisa menggunakan sistem adalah dengan menghidupkan laptop atau PC melalui tombol daya.

Berbeda dengan mode Sleep, dimana sistem masih menjalankan fungsi dasar di belakang dan tetap menggunakan daya listrik, Anda hanya perlu menekan salah satu tombol keyboard untuk langsung membuatnya bangun dan menggunakannya kembali.

Cara Hibernate pada Windows 8 & 10

Jika Anda menggunakan Windows 8 atau 10, maka Hibernate tak akan muncul pada opsi Power di PC Anda. Hal ini bukan berarti Hibernate tak ada, tapi disembunyikan.

Kamu dapat memunculkan opsi ini secara manual guys, caranya mudah kok. Yuk simak langkah berikut untuk memunculkan Hibernate pada Windows 8 dan 10:

  • Buka Control Panel pada Windows, lalu pilih Hardware and Sound.
Perbedaan Sleep Hibernate 1 F1241
  • Di halaman selanjutnya, pilih ‘Change what the power button do’ pada kolom Power Option.
Perbedaan Sleep Hibernate 2 897d4
  • Klik ‘Change settings that are currently unavailable’.
Perbedaan Sleep Hibernate 3 5032d
  • Pilihan Hibernate lalu dapat kamu centang dan pilih ‘save changes’.
Perbedaan Sleep Hibernate 4 F8e1f
  • Opsi Hibernate kini sudah muncul di Power pada Windows Anda guys!
Perbedaan Sleep Hibernate 5 C774e

Kesimpulan

Itu dia perbedaan Sleep dan Hibernate pada PC Windows yang selama ini Anda hiraukan guys. Walaupun sepele, tapi fungsi dari kedua fitur ini dapat membuat PC atau laptop Anda jadi lebih efektif dalam daya.

Itulah 6 perbedaan Sleep dan Hibernate pada laptop atau PC. Untuk menghindari masalah sistem, kamu tidak boleh terlalu sering menggunakan kedua mode tersebut. Sebaiknya, matikan sistem ketika kamu sudah selesai menggunakan laptop atau PC agar seluruh komponen hardware maupun software tetap terjaga kondisinya.

Apa pendapat Anda tentang fitur Sleep dan Hibernate ini guys, apakah Anda pernah menerapkannya? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar ya!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!