8 Cara Merawat Baterai iPhone Anda

Baterai merupakan bagian terpenting dari sebuah smartphone untuk menunjang kinerja perangkat. Anda mungkin mendengar keluhan dari pengguna, terutama yang tidak tahu cara merawat baterai iPhone.

Baterai iPhone merupakan bagian dari smartphone yang membutuhkan banyak perawatan khusus dari penggunanya. Jika tidak demikian, baterai iPhone akan mudah rusak, misalnya retak, akan mudah habis dan tidak akan digunakan sama sekali.

Cara merawat baterai iPhone untuk menjaga kesehatan baterai

Jika Anda pengguna smartphone iPhone, Anda harus bisa melakukan banyak langkah untuk mengisi baterai. Pasalnya, jika tidak menerapkan hal ini, baterai iPhone bisa cepat rusak. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

1. Jangan bermain game saat mengisi daya

Cara merawat baterai iPhone Anda dengan menahan diri dari bermain game saat mengisi daya

Langkah pertama adalah menghindari penggunaan iPhone Anda, terutama dalam hal pengisian daya. Ini karena dapat berdampak buruk pada masa pakai baterai iPhone yang Anda gunakan.

Baterai iPhone masih mengisi daya dan pada saat yang sama kapasitasnya terus terkuras untuk memainkan game bertenaga tinggi. Jika daya yang dibutuhkan dalam permainan lebih tinggi dari daya yang datang, itu akan menghangatkan iPhone.

2. Atur mode daya ringan dan rendah

Setel mode daya ringan dan rendah

Juga, tingkatkan tingkat kecerahan dan jangan membuatnya terlalu terang. Hal ini karena layar iPhone dapat menyebabkan konsumsi baterai yang berlebihan dan mempengaruhi masa pakai baterai.

Bagi yang menggunakan iOS 9, Anda dapat menggunakan mode daya rendah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyalakan layar otomatis, memaksimalkan kinerja, dan meminimalkan animasi agar baterai lebih tahan lama.

3. Gunakan kabel dan adaptor USB berkualitas

Cara merawat baterai iPhone Anda menggunakan kabel dan adaptor USB berkualitas

Langkah selanjutnya adalah selalu menggunakan kabel dan adaptor USB berkualitas tinggi untuk merawat baterai iPhone Anda. Sangat baik menggunakan iPhone atau kabel produk iPhone.

Saat ini sudah banyak produsen kabel USB dan adaptor seri khusus untuk perangkat iPhone. Pasalnya, jika tidak menggunakan produk yang berkualitas akan berdampak buruk pada baterai iPhone.

Alasan utamanya adalah perangkat berbasis non-iPhone memiliki spesifikasi yang tidak terkait dengan perangkat iPhone. Akibatnya arus yang masuk ke baterai tidak normal dan dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas.

4. Berhenti saat iPhone terlalu panas

Berhenti ketika iPhone memiliki suhu tinggi

Padahal, smartphone iPhone memiliki banyak aturan suhu, sehingga bisa digunakan lebih efisien saat dioperasikan atau disimpan. Tentu saja, jika Anda melebihi batas suhu ini, dapat mengurangi kinerja dan mempengaruhi masa pakai baterai iPhone.

Apple sendiri menerapkan beberapa batas suhu terendah dan batas suhu maksimum pada setiap perangkat rilis. Dari suhu kamar 0 ° C hingga 35 ° C untuk penggunaan normal sehari-hari.

Satu hal yang sangat perlu Anda perhatikan adalah masalah penggunaan perangkat iPhone saat beraktivitas sehari-hari. Ini karena pengguna sering tidak mengetahui bahwa mereka sedang menggunakan iPhone saat suhu lingkungan di atas 35 derajat Celcius.

Itu akan mempengaruhi bagian-bagian di iPhone menjadi hangat dan secara bertahap mulai menyusut. Anda mungkin tidak menyadari bahwa bagian iPhone, terutama baterai, lemah.

Jika Anda perhatikan bahwa jika suhu baterai naik di atas normal, iOS sendiri akan membatasi batas pengisian lebih dari 80%. Gunakan iPhone Anda saat cuaca bagus.

Berhentilah menggunakan iPhone Anda ketika tiba-tiba memanas, karena ini adalah tanda bahwa suhu di dalam meningkat.

5. Lepaskan wadah saat mengisi daya

Cara merawat baterai iPhone Anda dengan melepas casing saat mengisi daya

Mulai sekarang, Anda harus membiasakan diri untuk mengisi ulang baterai iPhone Anda. Apalagi beberapa casing sangat tebal dan udara di sekitar bodi iPhone tidak bisa lepas.

Jika Anda tidak melepas pegangannya, ini dapat memengaruhi suhu tubuh iPhone selama pengisian daya. Panas menyebabkan baterai cepat rusak.

Oleh karena itu, melepas casing iPhone dapat menjadi solusi untuk menyimpan baterai dalam jangka waktu yang lebih lama karena akan menjaga suhu dan mendinginkannya.

6. Kurangi penggunaan bank daya

Kurangi penggunaan bank daya

Mungkin power bank bisa membantu Anda ketika baterai iPhone Anda tiba-tiba habis diminati.

Namun tahukah Anda bahwa penggunaan power bank dalam waktu lama dapat menyebabkan baterai iPhone cepat rusak? Ini memiliki potensi lebih daripada menggunakan bank daya.

Ini karena daya yang dikeluarkan oleh Power Bank tidak stabil dan tidak didukung oleh adaptor iPhone. Akibatnya, baterai dapat bocor lebih cepat dan memiliki masa pakai yang lebih pendek.

Tipnya adalah selalu mencoba untuk mengisi penuh baterai iPhone Anda sebelum Anda pergi. Bawa pengisi daya ke mana saja dan gunakan bank daya hanya dalam kasus ekstrim untuk menggunakannya saat baterai habis.

7. Hindari menggunakannya sampai baterai habis

Cara Merawat Baterai iPhone Dengan Menghindarinya Sampai Baterai Habis

Mungkin ini juga kesalahan yang jarang diketahui pengguna iPhone, yaitu membiarkan baterai di charger sampai benar-benar kosong. Meskipun banyak yang mengatakan itu buruk untuk baterai Anda.

Cobalah untuk mengisi ulang ketika ada pemberitahuan baterai rendah untuk memperbaiki dan merawat baterai. Jika baterai sangat lemah dan Anda tidak membiarkannya kosong, gunakan sesuai kebutuhan.

8. Matikan iPhone saat mengisi daya

Mematikan iPhone saat mengisi daya

Padahal, ini bisa menjadi kebiasaan yang baik, agar baterai iPhone Anda lebih awet, yakni matikan perangkat di charger. Tugasnya adalah memastikan bahwa suhu perangkat tidak meningkat secara signifikan selama pengisian daya.

Nah, itulah beberapa cara merawat baterai iPhone yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang usia baterai. Dengan mempraktekkan semuanya, maka Anda bisa melakukan cara di atas dengan sangat mudah.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!