Alasan Anda Harus Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah

9 Alasan Anda Harus Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah

Anda Tentunya pernah mendengar istilah ‘Smart Home’ ? Smart Home atau bisa disebut dengan rumah pintar adalah sebuah rumah yang dipasangkan teknologi canggih yang membantu penghuni dalam memudahkan aktivitas di rumah. Jadi mengapa Anda harus menggunakan sistem otomasi di rumah?

Ada berbagai perangkat yang telah dipasangkan pada sistem rumah pintar seperti pintu, lampu, area dapur, ataupun ruang tamu hingga sistem keamanan otomasi rumah. Perangkat rumah pintar membuat semua hal yang ada di rumah menggunakan sistem otomasi, sehingga Anda dengan mudah melakukan sesuatu cukup melalui smartphone saja. 

Jadi biarkan rumah pintar yang bekerja untuk Anda. Dan Anda hanya cukup mengaturnya sambil santai. Namun, tahukah Anda mengapa harus otomasi rumah Anda? Berikut merupakan alasan mengapa Anda harus menerapkan sistem otomasi dalam rumah.

9 Alasan Anda Harus Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah

1. Membuat Pekerjaan Rumah Lebih Mudah

Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah Membuat Pekerjaan Rumah Lebih Mudah
Tanpa perlu beranjak dari sofa, kasur, Anda hanya perlu memencet tombol maka lampu bisa diatur sesuka hati.

Nah dengan menggunakan sistem otomasi pada rumah, segala tugas berulang bisa menjadi lebih mudah untuk Anda. Tentunya ini membuat Anda nyaman tanpa perlu beranjak dari sofa, kasur, Anda hanya perlu memencet tombol di smartphone maka lampu dapat diatur sesuka hati.

2. Menghemat Uang untuk Utilitas

Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah Menghemat Uang
Menghemat uang sehingga Anda menggunakan kebutuhan lain

Utilitas bisa berjumlah beberapa ratus ribu per bulan. Otomatisasi rumah dapat mematikan lampu atau menurunkan termostat secara otomatis saat Anda tidak menggunakannya dan dengan mudah menurunkan tagihan listrik Anda sebesar 10% hingga 25%.

Menghemat uang tentu menjadi impian bagi setiap penghuni rumah. Salah satu biaya yang menguras adalah tagihan listrik. Tagihan listrik ini bisa melonjak jika Anda menggunakan perangkat rumah secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

3. Meningkatkan Keamanan Rumah

Pemakaian Sistem Otomasi di Rumah
Keamanan Rumah Meningkat Berkat sistem otomasi dirumah

Banyak kecelakaan terjadi di rumah karena pencahayaan yang buruk. Otomatisasi rumah dapat secara otomatis menyalakan lampu di lemari, tangga, dan tempat gelap lainnya saat Anda masuk dan mengurangi kemungkinan tersandung atau menabrak sesuatu secara tidak sengaja.

Binatang kelelawar dan tikus sering menganggu yang suka gelap bisa kabur jika kita menyalakan lampu sehingga lebih mudah dan praktis.

4. Keamanan Rumah Dari Maling

Otomasi rumah bisa menjadi solusi keamanan yang murah dan bisa Anda monitor kapan saja dan di mana saja.

Meskipun keamanan rumah adalah prioritas bagi semua orang, biaya pemasangan yang tinggi atau biaya pemantauan bulanan membuat sistem keamanan menjadi penghalang biaya bagi banyak pemilik rumah. Otomatisasi rumah memberikan solusi murah untuk keamanan rumah.

Karena Anda memiliki cctv yang sudah tersedia pada perangkat sistem otomasi di rumah membuat terhindar dari maling sehingga maling akan berpikir dua kali sebelum menjadikan rumah Anda target operasi pencurian rumah Anda.

5. Memiliki Rumah Dengan Teknologi Canggih

Memiliki Rumah Dengan Teknologi Canggih
Otomasi rumah bisa menjadi solusi keamanan yang murah dan bisa Anda monitor kapan saja dan di mana saja.

Keamanan rumah adalah prioritas utama bagi semua orang. Akan tetapi, biaya pemasangan atau pemantauan bulanan menjadi penghalang bagi pemilik rumah. Namun, dengan otomasi rumah bisa menjadi solusi keamanan yang murah dan bisa Anda monitor kapan saja dan di mana saja.

Anda seperti memiliki rumah dengan teknologi canggih meskipun masih jauh dari rumah milik bill gates tapi setidaknya Anda dapat merasakan sistem otomasi rumah yang tersedia dalam beberapa fitur yang disediakan.

6. Pengalaman Belajar untuk Anak

Anak-anak akan semakin siap untuk masa depan karena sudah banyak belajar dari rumah dengan teknologi pintar tersebut.

Teknologi akan semakin maju dan semakin banyak anak Anda belajar tentang teknologi yang akan datang, sehingga semakin siap mereka untuk masa depan atau bahkan menjadi tertarik dengan Dunia Teknologi. Ubah rumah Anda menjadi ruang kelas, karena proyek otomasi rumah Anda menjadi pengalaman belajar bagi anak-anak Anda.

7. Sesuatu yang Dapat Dinikmati Seluruh Keluarga

Sebuah keluarga yang bermain bersama dimana slogan ada duit atau tidak yang penting ngumpul pastinya akan terasa sangat nyaman. Meskipun otomatisasi rumah adalah semua hal di atas, yang terpenting, ini sangat menyenangkan bagi seluruh keluarga. Otomatisasi rumah akan membuat keluarga semakin dekat saat semua orang belajar tentang kemampuan teknologi bersama.

8. Ramah Lingkungan

Di saat kita semua menjadi lebih sadar lingkungan, otomatisasi rumah memberikan solusi yang baik untuk membantu melestarikan sumber daya alam kita. Produk otomasi rumah dapat mengurangi konsumsi daya listrik dan energi sehingga secara otomatis mematikan lampu dan peralatan saat tidak digunakan.

9. Membuat Pikiran dan Hati Tenang

Jangan pernah lagi mengkhawatirkan rumah Anda saat Anda pergi. Dengan menggunakan kamera video rumah atau cctv dan koneksi internet, Anda dapat memeriksa status rumah atau anak Anda dari mana saja di dunia menggunakan PC atau smartphone android yang mendukung web.

Nah Itulah yang cukup menjadi Alasan Anda Harus Menggunakan Sistem Otomasi di Rumah. Sehingga semua terasa mudah, nyaman dan keamanan rumah Anda terjamin.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!