9 Alasan Untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing di 2020

Alasan Untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing? Apakah jenis bisnis ini menguntungkan?

Mungkin pertanyaan akan hadir dalam benak Anda ketika Anda ditanya soal bisnis affiliate marketing. Setiap manusia pada dasarnya mempunyai keinginan yang ingin dicapai.

Pernahkah Anda bertanya kepada diri sendiri seperti, apa yang harus saya lakukan dalam hidup? Bagaimana caranya saya bisa mendapat tempat tinggal yang nyaman? Bisakah saya berhenti untuk bekerja sampai mati dengan boss yang menyebalkan?

Kalau Anda punya pertanyaan semacam ini, tandanya pikiran Anda sedang membimbing diri Anda untuk melihat ke masa depan dan bagaimana caranya memperoleh apa yang Anda inginkan.

Di sinilah bisnis affiliate marketing bisa membantu Anda untuk memperoleh uang lebih untuk mewujudkan keinginan Anda.

Apa itu Bisnis Affiliate Marketing?

Kita mulai dari pertanyaan yang paling sering diajukan lebih dulu soal bisnis affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing? Menurut Small Business Trends, pada dasarnya affiliate marketing merupakan sebuah kegiatan dalam pembagian pendapatan yang melihat sebuah perusahaan membayar seseorang dengan komisi sebagai imbalan karena mereferensikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Konsep ini telah ada dari berabad-abad yang lalu, tapi berkat kemajuan dalam e-commerce dan dunia teknologi dalam beberapa dekade terakhir, affiliate marketing sudah berkembang menjadi industri yang dinamis.

Affiliate marketing pertama kali digunakan secara online oleh start-up yang disebut PC Flowers & Gifts di tahun 1994.

Dengan meluncurkan sebuah platform bagi hasil yang terorganisir melalui Prodigy Network, pendirinya, William J. Tobin yakin ribuan perusahaan lain dan publisher akan secara pasif mempromosikan produk perusahaannya dengan imbalan komisi kecil.

PC Flowers & Gifts mendapatkan jutaan dolar dalam penjualan affiliate, dan affiliate yang terdaftar mampu memperoleh penghasilan kecil dengan usaha yang sedikit. Tobin melanjutkan untuk mematenkan ide pada tahun 1996.

Amazon merilis program asosiasi yang sangat sukses pada tahun 1996 dan memberikan pemilik website sebuah penghargaan untuk mempromosikan perusahaannya.

Memang banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, tetapi menulis blog dan bisnis affiliate marketing adalah yang paling populer dibandingkan jenis bisnis online lainnya. Dan bagusnya, ini berjalan dengan baik dan lancar.

Ada banyak orang kreatif yang sangat menyukai bisnis affiliate marketing, hidup nyaman, bekerja sesuai dengan jam mereka sendiri, dan bekerja dimana pun mereka berada.

Mengapa Memilih Bisnis Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah praktik untuk Anda, dimana Anda akan berpartner dengan penjual dari barang/produk dan jasa. Anda akan menciptakan situs independen, kemudian mempromosikan produk mereka dan biasanya dengan iklan akan menghubungkan kembali ke pengiklan.

Kalau mereka mendapatkan customer melalui Anda, Anda akan mendapatkan persenan dari profit.

Hal ini terjadi dengan 3 cara yang berbeda, tergantung persetujuan awal Anda dengan penjual.

  • Pay-per-Sale : Anda akan mendapatkan persenan tetap dari harga jual saat website Anda menghasilkan penjualan.
  • Pay-per-Click : kalau Anda melakukan versi pay-per-click, Anda akan mendapatkan uang untuk setiap pengunjung yang diarahkan dari situs affiliate Anda. Anda tidak perlu pusing soal penjualan, karena Anda akan mendapat uang.
  • Pay-per-Lead : kalau yang ini, bisa dibilang gabungan dari PPS dan PPC. Pengunjung yang Anda arahkan ke situs penjual harus memberikan info kontak (biasanya diminta dalam bentuk form) agar Anda mendapatkan uang.

Anda masih belum tertarik untuk menjadi affiliate marketing? Kalau begitu Anda perlu tahu alasan-alasan mengapa harus menjadi affiliate marketer berikut ini!

9 Alasan untuk memulai bisnis affiliate marketing di 2020

1. Tidak ada biaya produksi

Ini sudah pasti lah ya. Selama 4 bulan ini dan kontrak saya berakhir dengan sebuah perusahaan konstruksi terkemuka di Idonesia, saya jadi affiliate, ya memang nggak pernah ada biaya produksi hehe. Karena, yang dijual ya produknya orang lain kok, tapi, tetap dong, dapet uangny…hehe

2. Biaya atau modal awal yang kecil, bahkan sangat rendah

Betul, nggak ada bisnis yang di awali tanpa modal, tapi bisnis yang di awali dengan modal yang kecil itu pasti ada, dan salah satunya ya affiliate. Contoh mudahnya, jadi affiliate Anda cukup modal 500rban saja untuk bikin website, atau untuk beli misalnya tool landing page builder untuk bikin bonus page Anda.

3. Bisa jualan apa aja

Nah, affiliate itu enaknya juga, bisa jualan apa aja produknya. Memang, bener, dulunya affiliate kayak khusus produk digital aja. Tapi, sekarang juga banyak kok produk fisik di affiliasikan. So, mau jualan apa aja juga boleh. Asalkan masih dalam tataran etika bisnis yang bener dan arahnya positif kawan.

4. Tidak ada biaya karyawan apalagi gaji

Nah, ini juga salah satu kelebihan affiliate. Tidak ada biaya gaji karyawan. Kenapa? Ya, karena tinggal promosi aja. Mungkin iya, butuh bantuan orang lain, misal bikin bonus page, tapi ini bisa di akalin juga memakai bonus page maupun landing page buatan pemilik produk (vendor) kan? hehe

5. Tanpa harus stok produk

Ini juga gak kalah mantabnya buat affiliate. Saya paling suka dari affiliate itu, karena gak perlu stok produk. Jaddiiiiii ya gitu deh, kita ibaratnya ya tinggal promosi aja, asalkan tau cara promosi yang bener, harusnya bisa menghasilkan juga dari affiliate marketing.

6. Tiduran rebahan di bayar

Jadi affiliate itu, ya semi semi jadi kaum rebahan, apalagi di masa pandemi kayak gini. Soalnya, ya selama promosinya jalan, sales pun bisa datang sendiri. Bahkan saya sendiri sering ada notifikasi sales jam 2 atau jam 3 pagi gitu hehe (ASYIIK)

7. Resikonya terlampau kecil

Bisnis apapun, pasti ada resikonya. Tapi, bisnis affiliate saya rasa adalah salah satu bisnis dengan resiko bisnis yang paling kecil. Hampir tidak ada resiko besar yang di hadapi dalam dunia affiliate marketing.

8. Penghasilan berkali kali lipat

Jadi affiliate, penghasilannya mempunyai peluang berkali kali lipat. Karena, selain ada komisi per penjualan, juga ada hadiah kontes biasanya. Bahkan bisa di angka 20 juta rupiah per kontes dan juga hadiahnya.

9. Urusan teknis produk, bukan kewajiban utama affiliate

Jadi affiliate, itu urusan produk utama ya urusan yang bikin produk. Mungkin hanya sebagai opsi saja bagi affiliate untuk membantu pembelinya terkait produk, tapi itupun bukanlah sebuah kewajiban. Karena semua itu sudah jadi bagian atau porsi yang bikin produk.

Saya sendiri pribadi menggunakan situs RumahGadgets sebagai sarana untuk berjualan online dan ini masih tahap dalam pembuatan dan menambah produk-produk yang dijual.

 Nah gimana kepikirian mau coba bisnis Affiliate??? setelah tahu Alasan Untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!