5 Alat Untuk Membangun Bisnis Fotografi Anda

Alat Untuk Membangun Bisnis Fotografi

5 Alat Untuk Membangun Bisnis Fotografi Anda – Memulai bisnis fotografi membutuhkan keberanian dan tekad yang besar. Ada banyak persaingan di luar sana, dan menarik klien tidak akan mudah pada awalnya.

Tapi ada alat yang bisa membantu. Dan apa pun jenis fotografi Anda, beberapa cara untuk membangun bisnis Anda tetap sama.

Itu termasuk apakah Anda memotret potret keluarga di studio Anda sendiri, menjual cetakan fotografi seni rupa Anda, atau memiliki bisnis fotografi pernikahan. Anda akan selalu membutuhkan cara untuk menampilkan nama Anda, memamerkan bakat Anda, dan menarik klien.

Jadi jika Anda mencoba membangun bisnis fotografi Anda, berikut adalah 5 alat yang akan berguna.

5 Alat Yang Dapat Membantu Anda Membangun Bisnis Fotografi Anda

1. Pembuat Situs Web

Ini tidak perlu dikatakan lagi, tetapi membangun situs web yang bagus sangat penting untuk menjalankan bisnis fotografi. Jadi, jika Anda belum memilikinya, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan lakukanlah.

Situs web Anda dapat berfungsi sebagai portofolio online, blog, etalase, dan lainnya. Ini mungkin akan menjadi cara utama bagi calon klien untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan apa yang Anda lakukan. Jadi, Anda memerlukan situs web yang luar biasa untuk memamerkan bakat Anda dan meyakinkan calon klien untuk menghubungi.

Dan jika Anda menggunakan pembuat situs web yang tepat untuk membangun portofolio fotografi online Anda, seperti Format, itu sangat mudah untuk membuat situs yang menarik dan berjalan dalam hitungan menit.


2. Alat Post Scheduling

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian untuk bisnis fotografi Anda dan menarik orang ke situs web Anda adalah pemasaran media sosial. Ini seperti mendapatkan iklan gratis, jadi jika saat ini Anda tidak menggunakan tiga platform besar (Facebook, Twitter, Instagram), Anda ketinggalan.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk:

  • Tarik perhatian audiens dan buat mereka tetap terlibat.
  • Pamerkan karya terbaru Anda.
  • Umumkan promosi.
  • Tarik orang ke situs Anda dengan tautan ke entri blog atau tutorial fotografi.
  • Tetap di benak klien potensial.

Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran media sosial Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan alat pos schedulling karena membantu mempermudah mempertahankan kehadiran di media sosial. Mereka membiarkan Anda mempersiapkan posting Anda terlebih dahulu, dan kemudian menjadwalkannya untuk secara otomatis diposting pada hari dan waktu tertentu. Itu berarti Anda tidak perlu khawatir tentang terus memperbarui umpan karena Anda dapat mengerjakan pos kapan pun Anda mau.

3. Google Analytics

Untuk melacak bagaimana upaya online Anda membuahkan hasil, Anda harus menggunakan Google Analytics. Meskipun ada banyak opsi untuk analisis situs web dan media sosial, alat Google cukup sulit dikalahkan dan ini gratis.

Pertama, ini memberikan begitu banyak informasi berguna tentang lalu lintas situs Anda dan kinerja media sosial.

Beberapa wawasan yang dapat ditawarkannya meliputi:

  • Melihat jenis posting media sosial apa yang mendorong paling banyak lalu lintas ke situs Anda, yang akan membantu Anda menghasilkan konten yang lebih baik.
  • Mempelajari lebih lanjut tentang demografi audiens Anda, untuk membantu Anda membentuk pemasaran.
  • Mencari tahu berapa lama orang menghabiskan waktu di situs Anda, halaman mana yang paling populer, dan halaman mana yang membuat orang pergi.

4. Print-On-Demand Service

Jika Anda ingin menjual cetakan fotografi Anda, salah satu alat yang dapat membuat segalanya lebih sederhana adalah layanan cetak sesuai permintaan. Layanan-layanan ini dapat mengurangi tekanan Anda dalam hal seluk beluk pencetakan, pembingkaian, pengiriman, dan layanan pelanggan.

Mereka akan memungkinkan Anda untuk menjual cetakan ke pelanggan di seluruh dunia, tanpa usaha lebih dari membuat galeri online dan menetapkan harga Anda. Setelah Anda melakukan penjualan, layanan akan menangani sisanya.

Satu pilihan bagus adalah Darkroom. Layanan ini menawarkan kemampuan untuk membuat galeri secara gratis dan mulai menjual cetakan, dan kemudian Darkroom akan mengambil potongan 15 persen dari keuntungan. Begitu Anda mulai menjual cetakan secara teratur, Anda harus mempertimbangkan untuk mendaftar paket berbayar dengan $ 8 sebulan, karena biayanya akan dikurangi menjadi 5 persen.

Jika Anda ingin berbelanja, ada sejumlah pasar online dan perusahaan yang menawarkan layanan serupa. Beberapa yang perlu disebutkan termasuk:

  • Fine Art America: Pilihan yang baik jika fotografi Anda termasuk dalam kategori seni rupa.
  • Society6: Hanya royalti 10 persen atas penjualan tanpa biaya bulanan.
  • Printer’s Studio: Banyak pilihan produk untuk mencetak gambar Anda, dari kartu ucapan hingga pakaian.

5. Software CRM

CRM adalah singkatan dari “manajemen hubungan klien”, dan untuk itulah alat ini akan membantu. Setelah Anda menggunakan metode di atas untuk menarik sekelompok klien, perangkat lunak CRM dapat membantu Anda memastikan bahwa mereka terus kembali.

Ini membantu Anda tetap teratur ketika berhadapan dengan klien, janji temu, proyek yang sedang berlangsung, tenggat waktu, faktur, dan banyak lagi. Ini juga memungkinkan Anda mengotomatiskan beberapa interaksi Anda dengan klien, seperti mengirim kuesioner atau email konfirmasi saat mereka membuat janji atau membeli salah satu cetakan Anda.

Software CRM dapat membuat Anda tampil lebih profesional, karena itu akan membantu Anda tetap di atas semua tanggung jawab Anda, tidak pernah melewatkan pertemuan atau tenggat waktu penting, dan selalu berhubungan dengan klien Anda.

  • StudioCloud: Gratis untuk akun pengguna tunggal dan menawarkan banyak fitur.
  • ShootQ: Banyak opsi untuk menyesuaikan tampilan portal yang menghadap klien.
  • PicSpotr: Opsi minimalis yang membuat semuanya sesederhana mungkin.

Bahkan terdapat beberapa pilihan software CRM yang didesain khusus untuk fotografer. Mereka menyertakan fitur-fitur bermanfaat seperti memungkinkan Anda mengatur pemesanan online untuk klien dan membuat janji secara otomatis ditambahkan ke jadwal Anda. Beberapa yang terbaik termasuk:

Dapatkan Shooting

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, semua alat di atas ditujukan untuk merampingkan aspek bisnis dan pemasaran menjadi fotografer profesional. Setelah Anda menggunakannya, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada minat Anda yang sebenarnya: mengambil foto yang bagus.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!