Site icon Dunia Teknologi

Apa Itu Chatbot Dialogflow Dan Bagaimana Cara Membuat Chatbot Menggunakan DialogFlow?

Apa Itu Chatbot Dialogflow Dan Bagaimana Cara Membuat Chatbot Menggunakan DialogFlow?

Apa Itu Chatbot Dialogflow Dan Bagaimana Cara Membuat Chatbot Menggunakan DialogFlow?

Apa itu Chatbot Dialogflow. Chatbot dialogflow adalah program pintar yang dikembangkan oleh google untuk pembuatan chatbot. Mungkin Ada yang belum tau cara

DialogFlow adalah platform pengembangan yang dibuat oleh Google yang dapat membantu untuk membuat Chatbots. Ini didasarkan pada NLP (Natural Language Processing) yang menawarkan chatbots kami kemungkinan untuk menjadi sangat kuat.

Apa itu ChatBot?

ChatBot adalah program cerdas yang dapat berinteraksi dengan orang-orang seperti manusia dan melayani mereka di domain spesifik tempat ia dibuat. Chatbot menganalisis niat klien dan meneliti respons yang akan lebih disesuaikan.

Sekarang Anda tahu apa itu DialogFlow dan chatbot, mari kita lihat bagaimana kita bisa membuat chatbot menggunakan Dialogflow.

Catatan: Anda harus memiliki akun google dan masuk ke platform Dialogflow sebelum mengikuti langkah-langkah ini.

Pada artikel ini, kami akan membuat chatbot yang dapat melayani klien yang ingin melakukan reservasi kamar di sebuah Hotel.

1. Membuat Agen

Agen adalah program cerdas di dalam chatbot, program itulah yang berinteraksi dengan klien atau pengguna.

Untuk membuat Agen, pergi ke bagian kiri layar Anda dan klik tombol pertama di bawah logo Dialogflow dan turun ke tombol buat agen baru.

Setelah itu, layar baru akan dimuat, dan Anda akan diminta untuk menentukan nama Agen, bahasa yang harus digunakan, dan zona waktu. Anda bisa mengetik reservasi-bot untuk nama dan sisanya, saya meninggalkan nilai default. Setelah itu, Anda harus mengklik tombol BUAT dan DialogFlow akan membuat agen untuk chatbot Anda.

2. Buat Maksud

harus memberikan contoh frasa yang mungkin ditanyakan klien kepada chatbot dan beberapa tanggapan yang harus digunakan chatbot untuk menjawab klien. Mari tunjukkan bagaimana kita bisa melakukannya.

Catatan: Saat kami membuat agen baru, itu datang dengan dua maksud default bernama Default Fallback Intent dan Default Welcome Intent

Untuk membuat Intent baru, klik tombol Create Intent

Setelah itu, Anda harus memberikan nama niat Anda. Lalu pergi ke bagian Frase Pelatihan dan klik tambahkan frase pelatihan. Bagian ini membahas cara di mana Anda harus memberikan contoh frasa yang mewakili berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan klien ke chatbot. kami sarankan memberikan banyak contoh untuk membuat chatbot Anda sangat kuat.

Anda bisa mengambil frase yang sama seperti saya.

saya telah menambahkan beberapa frasa yang mungkin diminta klien ke chatbot kami, untuk chatbot Anda sendiri, jangan ragu untuk menambahkan frasa lain untuk meningkatkan kekuatan chatbot Anda

Dalam gambar ini, kita dapat melihat bahwa dua ekspresi digarisbawahi. Faktanya, DialogFlow telah mengidentifikasi ekspresi ini sebagai entitas. DialogFlow mengenali tiga jenis entitas seperti entitas sistem, entitas pengembang, dan entitas sesi. malam ini dan hari ini diakui sebagai entitas sistem, mengacu pada tanggal atau periode waktu, jenis entitas ini sudah diatur di Dialogflow. Nanti kita akan membuat entitas kita sendiri yang akan dikenali oleh DialogFlow sebagai entitas Pengembang. Untuk informasi lebih lanjut, lihat documentasi

Sekarang, mari kita tentukan beberapa Respons yang mungkin digunakan agen untuk menjawab klien. Pergi ke bagian Response dan klik tombol Add response, dan tambahkan beberapa pernyataan tanggapan.

Artikel Bot yang sedang tren:

1. How Conversational AI can Automate Customer Service

2. Automated vs Live Chats: What will the Future of Customer Service Look Like?

3. Chatbots As Medical Assistants In COVID-19 Pandemic

4. Chatbot Vs. Intelligent Virtual Assistant — What’s the difference & Why Care?

Anda dapat melihat bahwa di dalam contoh tanggapan ini ada beberapa ekspresi yang dimulai dengan simbol $, ekspresi ini dianggap sebagai variabel yang akan berisi nilai yang akan disebutkan klien dalam pertanyaan mereka, dan bahwa DialogFlow akan dikenali sebagai entitas tertentu. Pada gambar di atas, kita memiliki tiga variabel seperti $time-period, $date-time, dan $reservation-type. $time-period dan $date-time adalah variabel entitas sistem dan $reservation-type adalah variabel entitas Pengembang, yang berarti $reservation-type harus dibuat oleh pengembang, sebelum DialogFlow dapat mengenalinya. Setelah menambahkan beberapa tanggapan yang harus digunakan agen, klik tombol Simpan, kami akan kembali lagi nanti.

3. Penciptaan entitas

Pada kenyataannya, entitas adalah kata kunci yang membantu Agen untuk mengenali apa yang diinginkan klien. Untuk membuatnya, cukup ikuti saya.

Klik tombol Entitas

penciptaan entitas

Setelah mengklik tombol Buat Entitas

penciptaan entitas

Setelah itu, tentukan nama entitas (Anda harus memberikan tipe reservasi sebagai nama entitas Anda, karena Anda telah menggunakannya sebagai variabel ketika Anda memberikan beberapa tanggapan kepada agen). Kemudian, tambahkan entitas kamar tidur dan beberapa sinonim seperti di bawah ini.

pastikan untuk memeriksa kasus Tentukan sinonim sebelumnya, lalu klik tombol Simpan.

Peran sinonim adalah bahwa, ketika klien harus berbicara tentang kamar tidur, tempat tidur atau kamar, semua ini harus mengacu pada kamar tidur.

Lakukan hal yang sama dengan tindakan reservasi entitas dan simpan.

pembuatan entitas tindakan reservasi

Sekarang, kami memiliki dua entitas yang siap digunakan.

4. Tambahkan entitas kami di dalam ekspresi frasa pelatihan

kembali ke antarmuka maksud reservasi dan buka bagian frasa pelatihan.

Ketika Anda berada di sana, pilih ekspresi, dan di dalam ekspresi ini pilih kata kamar tidur seperti ini

Kemudian, riset untuk @reservation-type

dan klik ini, dan warna kamar tidur akan berubah.

Lakukan hal yang sama untuk semua kamar tidur di dalam semua ekspresi.

Untuk kata-kata booking, reservasi, dan reservasi, lakukan hal yang sama tetapi alih-alih meneliti @reservation-type Anda akan meneliti @reservation-action.

menambahkan entitas pengembang di dalam ekspresi frasa pelatihan kami

5. Definisi parameter dan tindakan

Itu tidak diperlukan, tetapi dalam beberapa kasus, akan sangat penting untuk mewajibkan pengguna untuk memberikan beberapa informasi kepada chatbot.

GTurun ke bagian Action dan parameters, selalu di dalam antarmuka maksud reservasi. Anda harus memiliki gambar di bawah ini.

action and parameters

Untuk chatbot kami, kami ingin klien memberikan jenis reservasi dan tanggal reservasi. Pastikan untuk memeriksanya.

actions and parameters

Setelah itu, kita harus menentukan teks prompt yang harus ditampilkan Agen kepada klien ketika mereka belum menentukan parameter yang diperlukan. Anda perlu mengklik pada Tentukan prompt … spasi di tempat yang tepat dari bagian ini, setelah menentukan teks prompt, tutup kotak dialog.

atau parameter tanggal-waktu

tentukan teks prompt untuk parameter waktu tanggal

untuk parameter tipe reservasi

Setelah ini, simpan maksudnya.

Sekarang Anda dapat menguji chatbot Anda.

test section

Anda dapat menguji chatbot Anda di sini.

6. Integrasi pada platform web

integrasi

klik tombol integrasi

Anda dapat mengintegrasikan chatbot Anda di dalam banyak platform, seperti Facebook messenger, WhatsApp, telegram, dan sebagainya.

Untuk artikel ini, kita akan memilih Web Demo

demo integrasi

klik pada link, dan mengujinya lagi.

Demo saya di ponsel saya.reservation-bot-dialogflow.mp4Edit descriptiondrive.google.com

Terima kasih telah membaca…

Sumber: How to Create a Chatbot Using DialogFlow?

Exit mobile version