Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Anda tahu apa itu VPN? Atau malah udah sering pakai? Mau tahu apa aja manfaat VPN? Apa sih kelebihan dan kekurangan VPN? Apakah VPN aman untuk digunakan?

Aplikasi VPN memang cukup populer dan banyak digunakan karena berbagai fungsinya, mulai dari membuka situs diblokir hingga menyembunyikan IP Addrees.

Pada jaman dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan menghubungkan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan bisa menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain.

Sedangkan pada saat ini, VPN telah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Pada artikel ini Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap apa itu vpn dan fungsinya serta hal-hal lainnya mengenai VPN yang wajib Anda ketahui. 

Oleh karena itu, kali ini kami mau mengulas secara lengkap mengenai apa itu VPN beserta cara kerja dan alasan mengapa kita harus menggunakannya!

Apa Itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Sesuai dengan namanya, layanan ini akan menawarkan privasi dan anonimitas online ketika sedang internetan.

VPN akan membuat jaringan Anda bersifat pribadi dengan menutupi IP Address-mu sehingga semua aktivitas onlinemu tidak akan bisa dilacak.

Bukan hanya itu, layanan VPN juga menjamin keamanan koneksi yang terenkripsi sehingga Anda bisa merasa tenang.

Contoh VPN yang terkenal antara lain ExpressVPN, Turbo VPN, Hotspot Shield, dan masih banyak lainnya lagi. Nanti di bawah, kami akan berikan rekomendasi aplikasi VPN terbaik yang bisa anda gunakan!

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Apa Itu Vpn 1 4583e

Sumber foto: Namecheap (Penggunaan VPN)

Mungkin Anda penasaran, bagaimana cara VPN membuat kita menjadi anonim ketika browsing di internet?

Penjelasannya sedikit rumit, tapi akan kami jelaskan dengan sesederhana mungkin. VPN pada dasarnya membuat semacam terowongan data antara jaringan lokal anda dan jaringan di lokasi lain.

Dengan demikian, Anda akan terlihat seolah-olah ada di tempat lain. Misal Anda menggunakan server Amerika Serikat, sehingga Anda dianggap berasal dari negara tersebut.

Makanya jangan heran jika dengan VPN Anda bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah.

VPN menggunakan enkripsi untuk mengacak data kita yang terkirim di jaringan internet. Enkripsi tersebut memuat apapun yang dikirimkan tidak akan bisa dibaca oleh pihak lain.

Selain itu, VPN akan membuat penyedia layanan internet tidak akan bisa mengetahui riwayat penggunaan internet karena alamat IP kita akan berubah.

Kenapa Butuh VPN? Apa Manfaat VPN?

Apa Itu Vpn 2 Dab50

Sumber foto: Freepik (Manfaat VPN)

Apakah Anda termasuk orang yang suka memanfaatkan fasilitas WiFi gratis ketika sedang nongkrong di kafe ataupun belajar di kelas?

Kalau iya, artinya Anda termasuk ke dalam daftar orang-orang yang paling membutuhkan penggunaan VPN, guys!

Risiko terbesar dari menggunakan WiFI yang bersifat publik adalah tereskposnya informasi pribadi dan data-data sensitif lainnya.

Bahkan jika Anda memakai jaringan WiFi pribadi yang dibekali password, risiko tersebut tetap ada. VPN, seperti yang sudah kami sebutkan, akan melindungi keamanan dan privasi online kita.

VPN juga bisa melindungi kita terhadap pencurian identitas. Anda tahu sendiri kalau kegiatan belanja online, perbankan, dan browsing sangat rentan untuk disadap dan disalahgunakan.

Apalagi, cara mengaktifkan VPN di Android maupun di laptop sangat mudah. Biasanya, anda cuma perlu menekan satu tombol Connect/Start.

Singkatnya, VPN akan menyembunyikan berbagai data dan informasi kita seperti:

  • Histori browsing
  • Alamat dan lokasi IP
  • Lokasi untuk streaming (termasuk jika ingin nonton Netflix)
  • Perangkat yang digunakan
  • Semua aktivitas web

Apakah VPN Aman Digunakan?

Apa Itu Vpn 3 436cb

Sumber foto: TechRadar (Apakah VPN Aman?)

Membaca penjelasan kami di atas, mungkin Anda bakal berpikir jika semua layanan yang diberikan oleh VPN too good to be truth. Masa iya tak ada bahaya VPN? Apakah VPN aman untuk digunakan?

Sebenarnya ada, guys. Banyak malah. Apalagi jika Anda memilih aplikasi VPN yang gratisan, risikonya menjadi lebih besar lagi.

Pertama Anda harus mengorbankan masalah keamanan. Pihak penyedia VPN gratis memerlukan profit, sehingga kemungkinan akan menghujanimu dengan adware yang sangat mengganggu.

Segala aktivitas kita juga akan dilacak oleh mayoritas penyedia layanan VPN. Artinya, segala aktivitas kita tetap ada yang merekam. Jika sampai bocor, tentu saja sangat berbahaya.

Bahkan ada yang menyebutkan kalau menggunakan VPN akan melambatkan jaringan internet kita, terutama kalau kita menggunakan VPN yang pilihan servernya sangat sedikit.

Versi gratis juga bisa menjual bandwidth kita ke pihak ketiga sebagai kompensasi. Makanya jangan heran kalau Anda merasa internet lelet walaupun sudah menggunakan VPN.

Jika Anda memilih untuk membeli atau berlangganan versi premium, risiko-risko tersebut akan terminimalisir, guys!

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Apa Itu Vpn 4 B33c0

Sumber foto: PCMag (Kelebihan dan Kekurangan VPN)

Selain rangkuman semua informasi yang ada di atas, kami akan berikan Anda ringkasan mengenai kelebihan dan kekurangan VPN yang wajib Anda ketahui!

Kelebihan

  • Menjaga keamanan data privasi kita dengan sistem enkripsi yang dimiliki
  • Mencegah pihak ketiga mengetaui informasi-informasi pribadi yang dimiliki
  • Alamat IP kita akan disembunyikan sehingga kita akan terlihat anonim
  • Mempercepat dan menstabilkan koneksi internet
  • Mengakses jaringan dari server negara lain, sehingga mampu menembus pemblokiran website atau aplikasi tertentu

Kekurangan

  • Versi gratis memiliki banyak risiko yang membahayakan
  • Beberapa aplikasi VPN tidak sepenuhnya aman
  • Pada beberapa kasus, VPN justru membuat jaringan menjadi lambat

Setelah mengetahui berbagai seluk-beluk seputar VPN, Anda pasti ingin mencoba menggunakannya secara langsung, kan? Dalam memilih VPN, ada banyak aspek yang harus Anda perhatikan.

VPN harus bisa menghargai privasi kita, menggunakan protokol keamanan terbaru, bandwidth tak terbatas, pilihan negara server yang beragam, harganya, dan lain sebagainya.

Jika Anda cari di Play Store, dijamin Anda akan bingung karena ada banyak banget pilihan aplikasinya yang bisa Anda download secara gratis.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan secara mendetail tentang apa itu VPN. Dengan ini, Anda dapat mengetahui bagaimana cara kerjanya, kelebihan kekurangan, manfaat, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi VPN. Bukan yang versi gratis, tapi yang versi premium. Harganya tak terlalu mencekik leher kok, guys!

Hanya dengan membayar beberapa puluh ribu tiap bulannya (bahkan banyak yang lebih murah), Anda akan mendapatkan manfaat VPN seperti:

Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaanmu seputar VPN dan bermanfaat. Jika masih ada yang belum jelas, tulis aja di kolom komentar!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!