8 Aplikasi Fintech Terbaik di Indonesia

Aplikasi Fintech Terbaik di Indonesia

Aplikasi Fintech Terbaik di Indonesia – Finansial teknologi atau yang sering disebut fintech merupakan salah satu sektor startup yang saat ini sedang digandrungi anak muda khususnya, terlebih di Indonesia. aplikasi fintech hadir sebagai aplikasi android untuk melayani berbagai transaksi keuangan. Bagaimana tidak, layanan keuangan berbasis digital memang dianggap cukup menjanjikan. Terlebih pihak pemerintah juga telah menganggap bahwa layanan yang ada pada startup fintech ini dapat memajukan perekonomian digital negara.

Lalu apa aja sih aplikasi fintech yang ada di Indonesia? Berikut ini merupakan beberapa aplikasi fintech terbaik yang paling populer di Tanah Air:

1. OVO

OVO adalah aplikasi smart  yang memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). OVO, aplikasi pembayaran Serba Bisa, Simpel, Instan dan Aman yang siap buat segala transaksi finansial Anda jadi lebih menyenangkan.

Download OVO

2. Dana

DANA adalah dompet digital Indonesia yang aman, tepercaya & bisa diandalkan kapan saja, di mana saja. Dengan DANA, kamu bisa bertransaksi non-tunai bahkan non-kartu untuk kebutuhanmu sehari-hari, mulai dari transaksi pembayaran offline, hingga bayar tagihan & cicilan secara online. DANA juga punya banyak fitur yang membuat pengalaman transaksimu lebih praktis & cepat.

Download DANA

3. Kitabisa.com

Foto: play.google.com

Kitabisa.com merupakan salah satu fintech paling terkenal di Indonesia. Platform crowdfunding online pertama di Tanah Air ini memungkinkan siapa saja untuk menggalang dana atau melakukan kampanye sosial secara terbuka. Sudah banyak orang yang terbantu berkat penggalangan dana di Kitabisa.com, lho! 

Dana yang terkumpul dari penggalangan dana lewat Kitabisa tidak hanya disalurkan pada ranah lokal, lho, tetapi juga internasional. Keren kan?

Download KITABISA

4. Doku

Foto: play.google.com

DOKU bisa disebut sebagai aplikasi yang cukup senior di Indonesia. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2007 ini memiliki layanan keuangan dengan fitur yang user friendly. 

Kalian tidak hanya bisa menerima dan mengirim tagihan saja, namun DOKU juga akan membantu mengontrol jumlah pengeluaran dengan cara memisahkan menjadi 2 kategori, yakni tabungan dan uang belanja. Tabungan tersebut nantinya bisa disimpan pada deposito. Bisa juga dalam bentuk tabungan berjangka pada masing-masing pengguna.

Download DOKU

5. Bareksa

Foto: play.google.com

Pada awal pembuatannya, aplikasi ini sebenarnya hanya berupa marketplace untuk urusan jual beli suatu produk saja. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, perusahaan ini juga memuat informasi mengenai saham, obligasi serta investasi.

Aplikasi Bareksa didesain dengan fitur yang mudah dan canggih, sehingga semakin memudahkan kalian dalam mengetahui informasi seputar produk reksadana, info saham dan obligasi, serta layanan investasi lain secara lebih detail. Bahkan, manajemen investasinya pun disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Startup fintech yang satu ini juga telah secara resmi mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menjual efek reksadana. Jadi, kalian tidak perlu khawatir untuk memulai berinvestasi.

Download BAREKSA

6. Go-Pay

Foto: Gojek.com

Kamu yang sering memakai jasa transportasi online pasti tidak asing lagi dengan aplikasi fintech yang satu ini, kan? Awalnya Go-Jek memang bukan startup fintech. Namun salah satu fitur pembayarannya, yakni Go-Pay, telah banyak digunakan oleh masyarakat.

Tidak hanya membayar ongkos transportasi, aplikasi yang awalnya bernama Go-Jek Credit ini memungkinkan setiap pemakainya menggunakan Go-Pay untuk berbagai keperluan finansial lain, seperti membeli makanan, membayar tagihan pulsa telepon atau listrik, dan layanan e-money lainnya.

Download GOPAY

7. Link Aja

Foto: play.google.com

LinkAja adalah produk teknologi finansial (fintech) sinergi besutan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Telkomsel, dan Pertamina. Dalam praktiknya, LinkAja merupakan peleburan dari layanan-layanan uang digital bank-bank BUMN seperti e-cash (Bank Mandiri) dan UnikQu (BNI), Tbank (BRI), dan T-Cash (Telkomsel).

Pendirian LinkAja merupakan bagian dari perwujudan program cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Secara khusus LinkAja dibentuk untuk menyediakan layanan yang lebih efisien dan efektif. Melalui aplikasi ini, kalian bisa melakukan pembayaran merchant dan e-commerce, pembayaran tagihan, kirim dan terima saldo, membeli pulsa, data internet, token listrik, voucher games, donasi, dan pembelian lainnya. Wow, lengkap sekali!

Download LINK AJA

8. Flip

Kini transfer uang ke beda bank tidak ada biaya admin.

Transfer dari dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, Muamalat, Permata, dan Permata Syariah tanpa biaya administrasi. Transfer dapat dilakukan ke siapapun, penerima tidak perlu memiliki akun Flip.

Tinggal buat transaksi, transfer, dan Flip akan mengirimkan uang ke penerima di bank yang berbeda. Flip juga akan memberikan bukti transaksi saat transfer berhasil diproses yang dapat diunduh lewat aplikasi Flip ataupun melalui email yang kami kirimkan.

Download FLIP

Itu tadi 8 Aplikasi Fintech Terbaik di Indonesia. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda sebagai pengguna juga harus bijak saat menggunakan. Jangan sampai karena urusan finansial malah terlena dan akhirnya jadi boros ya.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!