Apple Berencana Rilis iPad Pro dengan Layar OLED

Apple Berencana Rilis iPad Pro dengan Layar OLED

Beredar kabar bahwa di 2021 nanti, Apple berencana rilis iPad Pro dengan Layar OLED. OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Layar OLED adalah layar yang dilengkapi panel dengan elemen yang dapat mengeluarkan cahaya ketika dialiri listrik.

Isu ini beredar pertama kali datang dari media berita asal Korea Selatan, The Elec. Panel OLED yang nantinya ada di iPad Pro sendiri adalah panel yang dipasok dari Samsung dan LG.

Kedua perusahaan tersebut juga diberitakan sedang memaksimalkan panel OLED yang besar kemungkinannya juga akan dirilis tahun depan, tepatnya di paruh kedua 2021.

Layar OLED ini cuma ada untuk model iPad Pro. Namun, Apple juga bakal merilis iPad dengan layar mini LED di tahun yang sama.

Samsung juga dikabarkan tengah memperbaiki lini produksi OLEDnya di pabrik A4, Asan, Korea Selatan. Samsung melakukan ini sebagai bentuk persiapan untuk memproduksi pesanan layar untuk iPad terbaru.

Spesifikasi yang lebih tinggi dan lebih detail untuk menghindari terjadinya burn-in dan berkurangnya kecerahan pada layarakan diproduksi Layar OLED iPad Pro. Agar jangka waktu pemakaian lebih lama, Samsung akan menambah lapisan yang menambah kecerahan di atas panel OLED.

Sebelumnya, Apple cuma memakai panel IPS untuk seri iPad. Pada iPad keluaran mutakhirnya pun Apple menggunakan panel IPS dengan refresh rate 120Hz.

Perbedaan panel IPS dan OLED pun cukup signifikan. Panel OLED sanggup memberikan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi berkat panel OLED yang sanggup menampakkan warna hitam pekat, karena pixel dengan warna yang serupa pun tidak akan mengeluarkan cahaya.

Berbeda dengan OLED, panel IPS tetap mengeluarkan cahaya ketika menampilkan warna hitam karena backlight yang terdapat pada panel, sehingga warna hitamnya pun tidak pekat seperti OLED.

Sementara itu, tanggal perilisan iPad Pro dengan layar OLED masih belum pasti dan tentunya bisa saja berubah sewaktu-waktu.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!