Bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android?

Bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android? Ketahui Disini!

Baterai adalah salah satunya elemen penting satu HP serta perangkat-perangkat portabel kekinian yang lain. Baterei yang dipakai oleh HP ialah baterei yang bisa diisi lagi. Namun, baterei itu tidak bisa dipakai selama-lamanya alias punya waktu gunakan.

Seiring waktu berjalan, waktu gunakan baterai selalu menyusut. Ditambah lagi bila perangkat dipakai terlalu berlebih sehari-harinya, karena itu waktu pakainya dapat bertambah cepat alami penurunan.

Skema pada perangkat baru biasanya dapat membaca status baterei dengan pas. Tetapi waktu baterei mulai memiliki masalah, skema peluang bisa alami kesusahan membaca status baterei dengan tepat. Bila hal tersebut berlangsung, baterei kemungkinan telah waktunya untuk dikalibrasi.

Apa Itu Kalibrasi Baterei?

Pemakai smartphone dengan OS Android bisa tahu status baterei perangkat yang digunakannya. Namun skema tidak selama-lamanya tepat dalam membaca status baterei.

Ada saatnya data yang ditunjukkan terkadang tidak sesuai sebaiknya. Contoh, status baterei tunjukkan jika daya masih ada 90% serta bisa bertahan sampai 12 jam ke depan, tetapi nyatanya hp mati selang beberapa saat sebab kehabisan daya.

Bila Anda alami hal seperti ini, karena itu Anda dapat lakukan kalibrasi pada baterei HP Android yang Anda pakai. Lalu apakah yang dimaksud dengan kalibrasi baterei? Secara singkat kalibrasi baterei ialah proses normalisasi baterei supaya status real-nya kembali bisa dibaca oleh skema dengan tepat.

Perlukah Mengalibrasi Baterei?

Awalnya Anda butuh mengenali kenapa kapasitas baterei HP Anda alami penurunan, apa itu sebab kalibrasi skema Android atau baterei tersebut? Bila skema alami tidak berhasil baca status baterei dengan pas karena itu kalibrasi kemungkinan dibutuhkan. Sebaliknya, bila baterei betul-betul telah rusak, karena itu jalan terbaik dengan mengubahnya.

Langkah mengalibrasi baterei HP cukup gampang di lakukan sendiri tanpa ada butuh hadir ke pusat service perangkat. Diluar itu, hasil kalibrasi baterei kemungkinan dapat menolong Anda pada memastikan apa seharusnya beli perangkat baru atau mungkin tidak.

Tapi perlu di ketahui, mengalibrasi baterei ini tidak akan bisa meningkatkan kapasitas baterei, tapi hal ini hanya akan membantu dalam membaca status baterei dengan tepat satu kali lagi.

Bagaimana Melakukan Kalibrasi Baterei Android?

Mengalibrasi baterei Android bisa di lakukan dengan cara-cara, baik dengan akses root atau tidak. Butuh dicatat jika tidak ada standard baku untuk kalibrasi baterei Android ini, baik dari pabrikan perangkat atau dari produsen baterei tersebut. Berikut dua langkah kalibrasi baterei Android yang bisa Anda coba.

Tanpa ada Akses Root

Teknik kalibrasi baterei Android yang paling mudah yakni dengan isi baterei sampai penuh lalu mencabutnya. Tapi ingat, ini bukan melepas baterei, tetapi memutuskan pengisiannya. Langkah ini bisa Anda kerjakan tanpa ada membutuhkan akses root, hingga lebih cepat dan mudah. Berikut cara-caranya.

  • Biarlah perangkat Anda kehabisan baterei sampai mati sendirinya.
  • Isi baterei tanpa ada hidupkan perangkat serta biarlah terisi penuh sampai tanda monitor tunjukkan angka 100%.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya.
  • Hidupkan perangkat. Bila nyatanya tanda baterei pada monitor tidak tunjukkan angka 100%, isi kembali baterei sampai tanda tunjukkan angka 100%. Biarlah perangkat Anda masih hidup.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya lalu restart. Bila tanda baterei kembali tidak tunjukkan angka 100%, kembali isi lagi baterei sampai 100%.
  • Anda bisa mengulang siklus ini sampai tanda baterei tunjukkan angka 100% sesudah perangkat di-restart tanpa ada terhubung ke pengisi daya.
  • Selanjutnya biarlah perangkat tanpa ada diisi lagi sampai daya baterainya kosong serta mati sendiri.
  • Setelah itu yakni isi baterei sampai penuh satu kali lagi tanpa ada interupsi apa saja.

Nah, itu langkah kalibrasi baterei Android tanpa ada akses root yang gampang di lakukan. Butuh dicatat jika tidak dianjurkan untuk lakukan proses ini dengan teratur. Bila sering lakukan hal di atas, Anda dapat punya permasalahan yang semakin besar dengan perangkat yang Anda pakai.

Anda membiarkan saja baterei HP atau tablet Anda kosong sampai mengakibatkan perangkat mati adalah hal yang tidak baik, demikian juga sebaliknya. Meski begitu ada berita baik yang penting Anda tahu.

Ada yang mengatakan jika pengisian baterei di perangkat-perangkat kekinian akan mati dengan automatis saat hal tersebut sudah sampai batas amannya. Diluar itu, baterei masih punya daya cadangan walau perangkat tidak ingin dihidupkan.

Satu kali lagi, cuma kerjakan kalibrasi baterei saat betul-betul dibutuhkan, sebab hal tersebut punya efek negatif pada saat gunakan baterei.

Dengan Akses Root

Langkah mengalibrasi baterei Android dapat juga di lakukan dengan akses root. Cara yang ke-2 ini pada intinya punya proses yang sama juga dengan cara tanpa ada root di atas, tetapi di sini Anda harus memakai aplikasi pihak ke-3 yang membutuhkan akses root untuk membuat lebih handal.

Sayangnya disebut jika aplikasi pihak ke-3 itu minta daftar izin perangkat yang benar-benar luas. Bila langkah ini membuat Anda cemas akan keamanan perangkat yang Anda pakai, seharusnya jangan Anda kerjakan. Walau kurang kami merekomendasikan, kami masih menyediakan cara-caranya berikut ini.

  • Biarlah perangkat Anda kehabisan baterei sampai mati sendirinya.
  • Isi baterei tanpa ada hidupkan perangkat serta biarlah terisi penuh sampai tanda monitor tunjukkan angka 100%.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya.
  • Hidupkan perangkat. Bila nyatanya tanda baterei pada monitor tidak tunjukkan angka 100%, isi kembali baterei sampai tanda tunjukkan angka 100%. Biarlah perangkat Anda masih hidup.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya lalu restart. Bila tanda baterei kembali tidak tunjukkan angka 100%, kembali isi lagi baterei sampai 100%.
  • Anda bisa mengulang siklus ini sampai tanda baterei tunjukkan angka 100% sesudah perangkat di-restart tanpa ada terhubung ke pengisi daya.
  • Setelah itu install aplikasi Baterai Calibration yang dapat Anda ambil di sini. Sebelum menjalankannya, yakinkan tanda baterei perangkat Anda berada di angka 100%. Setelah digerakkan, restart perangkat.
  • Sesudah perangkat hidup kembali, selekasnya lakukan aplikasi barusan serta kalibrasi lagi baterei perangkat Anda.
  • Sesudah kalibrasi usai, biarlah baterei perangkat Anda sampai kosong tanpa ada diisi lagi serta biarlah mati sendirinya.
  • Selanjutnya isi lagi baterei sampai penuh satu kali lagi dalam kondisi mati tanpa interupsi apa saja. Setelah itu prosentase baterei skema Android akan ditata lagi.

Nah, itu langkah lain mengalibrasi baterei Android dengan Anda memakai aplikasi faksi ke-3 yang membutuhkan akses root. Satu kali lagi kami kurang merekomendasikan langkah ini sebab bisa saja kurang aman buat perangkat Anda.

Bila baterei HP atau tablet Android Anda memang tidak dapat dihandalkan, maka mungkin cara terbaiknya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Sebab baterei HP jaman saat ini berbentuk non-removable atau mungkin tidak bisa dilepaskan, diman Anda harus datang ke pusat service untuk memperoleh pertolongan.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!