Bagaimana Cara Mengatasi OS Windows 10 Tidak Bisa Shutdown?

Bagaimana Cara Mengatasi OS Windows 10 Tidak Bisa Shutdown?

Bagaimana Cara Mengatasi OS Windows 10 Tidak Bisa Shutdown? – Pernah Anda mendengar bahwa Windows 10 adalah system operasi yang sempurna, kemungkinan besar dia belum pernah merasakan pusing yang disebabkan saat sistem operasi ini mulai berulah dengan urusan auto update Windows 10–nya. Atau bisa jadi, dia belum pernah dibuat kesal dengan gejala yang pernah kami alami ini.

Sudah pernahkah satu saat, Anda usai kerja dengan computer atau laptop dan saat itu Anda harus pergi cepat-cepat. Sebelum pergi, Anda ingin mematikan computer dan melakukan mekanisme standard yaitu mematikan computer dengan mengeklik Start Menu, lalu mengklik simbol Power, selanjutnya mengeklik Shut Down. Windows juga tampilkan monitor biru tertulis Shutting Down, lalu malah kembali pada monitor login atau kembali pada Desktop?

Dan saat di coba lagi click Start Menu, click simbol Power, lalu click Shut down, sama juga seperti tadi! Computer Anda tidak dapat dimatikan dengan pilihan Shut down. Tidak berhasil masuk ke system operasi alias tidak berhasil booting memang menjengkelkan, tapi siapa katakan tidak berhasil mematikan computer alias Shut down berbeda menyebalkannya.

Jika Anda pernah merasakan hal ini, Anda tentu bingung. Apa yang berlangsung? Kenapa computer tidak dapat dimatikan dengan shut down seperti umumnya? Lalu, bagaimanakah cara menanganinya?

Jika memang sangat terpaksa, salah satu langkah untuk mematikan computer dengan cepat ialah menekan tombol power sepanjang beberapa menit sampai computer betul-betul mati. Tetapi demikian, langkah semacam ini sangat-sangat tidak direferensikan untuk dikerjakan sebab mempunyai potensi untuk jadi parah kerusakan pada system operasi computer.

Sebetulnya, ada langkah lain yang lebih aman untuk mematikan computer yang tidak berhasil shut down. Tetapi sebelum itu, silahkan kita coba ketahui dahulu biang keladi alias Penyebab kenapa shut down dapat tidak berhasil serta kembali pada Desktop?

Penyebab Tidak Dapat Shutdown Windows 10

Kemungkinan biang keladi dari tanda-tanda tidak dapat mematikan computer dengan normal lewat menu Shut down pada Start Menu ialah feature Fast Startup yang dipunyai Windows 10. Feature ini, ditambah adanya up-date yang perlu di lakukan oleh system operasi, membuat system operasi tidak berhasil shut down dengan normal.

Feature Fast Startup ialah feature yang semacam dengan Hybrid Sleep model pada system operasi Windows 7. Pada intinya, Fast Startup ialah feature yang sangat mungkin booting serta loading system operasi bertambah cepat saat computer dinyalakan.

Feature Fast Startup mengombinasikan peranan Shut Down serta Hibernate dengan bertepatan. Kemungkinan beberapa dari pembaca yang cukup memiliki pengalaman dengan Windows tahu apakah itu Hibernate.

Ya, Hibernate ialah langkah mematikan computer dengan simpan keadaan Desktop, program yang terbuka, serta perkembangan sesaat pada system operasi ke hard disk, selanjutnya putuskan saluran listrik ke piranti keras.

Hibernate membuat computer seakan-akan shut down, walau sebenarnya sebenarnya tidak betul-betul dimatikan sebab tidak melewati mekanisme shut down normal. Keunggulan Hibernate ialah computer dapat dinyalakan kembali serta langsung masuk ke system operasi tanpa ada booting. Jelas mengirit waktu!

Sedikit tidak sama dari Hibernate yang simpan kondisi Desktop berikut program-program yang dibuka, feature Fast Startup akan tutup semua program yang terbuka—seperti perihal mekanisme shut down normal, kemudian simpan kondisi Desktop yang tanpa ada program terbuka itu ke hard disk. Dengan ini, saat dinyalakan, computer tinggal me-load kembali kondisi Desktop yang tanpa ada program terbuka barusan, tanpa ada booting serta tanpa ada loading lagi system operasi.

Tetapi demikian, peranan Fast Startup di Windows 10 dapat menyebabkan permasalahan sebab perselisihan prosesnya dengan hal-hal lain. Jadi contoh, Fast Startup dapat jadi permasalahan bila kebetulan Windows 10 Anda baru saja mengambil file up-date yang perlu dipasang. Up-date umumnya dipasang dan ini bisa diaplikasikan ke system operasi saat computer betul-betul lewat mekanisme shut down normal serta diikuti mekanisme reboot system operasi dengan normal.

Permasalahannya, seperti tadi disebut, Fast Startup tidak betul-betul meng-shut-down computer serta tidak juga melakukan booting saat computer dinyalakan kembali. Disini letak konfliknya.

Oh iya, feature Fast Startup ini dengan default diaktifkan oleh system operasi Windows 10 semenjak diinstal pertama di computer. Maka, semua system operasi Windows 10 seharusnya punya penataan Fast Startup yang aktif sepanjang belum terganggu.

Bagaimana Menangani Permasalahan Tidak Dapat Shutdown Karena Fast Startup?

Ada dua langkah yang sejauh ini ampuh kami aplikasikan untuk menangani tanda-tanda tidak dapat Shut Down pada system operasi Windows 10. Pertama, memakai perintah Shut Down paksa lewat Command Prompt atau memakai shortcut.

Memakai Shortcut

Pemakai Windows tentu tahu apakah itu shortcut. Shortcut ialah simbol yang terpasang di Desktop atau Start Menu yang bila di-click akan menyebut satu program atau jalankan perintah khusus. Kita dapat manfaatkan shortcut untuk memaksakan Windows 10 lakukan Shut Down normal. Triknya gampang, silahkan turuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pertama yang bisa Anda lakukan adalahd engan mengembalikan penampilan computer ke monitor Desktop dengan tutup atau memperkecil jendela program yang sedang aktif. Setelah itu, click kanan pada Desktop, lalu dari menu yang ada tujukan ke pilihan New, lalu pilih Shortcut.
  • Nah, disana akan ada jendela Create Shortcut. Di kotak memiliki loabel “Type the location of the item” tuliskan perintah: “Shutdown /s /t 0” tanpa ada sinyal petik. Selanjutnya, click tombol Next.
  • Bersamaan dengan itu, Anda silahkan masukan nama apapun di kotak “Type a name for this shortcut”. Di contoh, kami tuliskan “Shutdown Paksa”. Lalu, click tombol Finis.
  • Lalu Anda coba Shut Down computer Anda dengan mendobel-klik pada simbol Shortcut “Shutdown Paksa” tadi dibikin. Selamat coba serta mudah-mudahan dengan langkah ini, computer Anda langsung bisa Shut Down dengan aman serta lancar.

Mematikan Feature Fast Startup

Bila langkah shut down paksa seperti di atas belum juga menangani masalah tidak berhasil shut down, maka Anda bisa mencoba mematikan feature Fast Startup. Pilihan feature Fast Startup dapat diketemukan di penataan Power Options yang ada di jendela Control Panel. Namun, Anda tak perlu buka Control Panel dahulu untuk membukanya. Turuti beberapa langkah ini:

  • Pertama tama Anda click Start Menu atau tekan tombol Winkey (tombol yang dengan logo Windows) pada keyboard. Setelah itu, tikkan “Power options” sama dengan gambar berikut ini. Selanjutnya, tekan Enter pada keyboard, atau click program Power Options hasil dari penelusuran.
  • Pada jendela Power Options, click pilihan Choose what the power buttons do. Terletak di panel samping kiri dari jendela Power Options.
  • Dalam hal ini, pilihan yang akan kita ganti ialah pilihan memiliki loabel “Turn on fast startup (recommended)”. Tetapi, bila ini ialah kali pertamanya Anda mengoprek setelan Power Options, kemungkinan pilihan itu “dikunci” alias disabled sebab tidak dapat di-click.
  • Kemudian Anda Click dahulu pilihan Change settings that are currently unavailable. Kemudian, pilihan “Turn on fast startup (recommended)” akan diaktifkan.
  • Terakhir Anda Click kotak di samping pilihan “Turn on fast startup (recommended)” untuk buang sinyal centangnya. Ini bermakna, feature Fast Startup telah dimatikan. Janganlah lupa click tombol Save changes, lalu tutup jendela Power Options.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!