Bekerjasama dengan Octopus dan FORWAT, ini merupakan komitmen Xiaomi Indonesia dalam mengelola barang elektronik bekas.

Kampanye ini merupakan upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan membantu konsumen mengelola elektronik bekas secara bertanggung jawab.

Bekerjasama dengan Octopus dan FORWAT, ini merupakan komitmen Xiaomi Indonesia dalam mengelola barang elektronik bekas. (Xiaomi Indonesia)

Duniateknologi.info – Xiaomi Indonesia meluncurkan kampanye #MoreLestari yang menggunakan manajemen elektronik dan daur ulang. Octopus dan FORWAT bekerja sama untuk menjalankan kampanye ini.

Tujuan Xiaomi Indonesia untuk mengelola dan mendaur ulang barang elektronik bekas adalah untuk memberikan dampak yang lebih luas pada ekonomi sirkular dan menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Mereka bermitra dengan Octopus, platform ekonomi sirkular yang berfungsi sebagai pengelola elektronik, dan membina komunitas konservasi yang mereka bina, dengan dukungan FORWAT (Forum Jurnalis Teknologi).

Kampanye ini merupakan upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan membantu konsumen mengelola elektronik bekas secara bertanggung jawab.

Kampanye #MoreLestari merupakan langkah awal dari komitmen jangka panjang Xiaomi Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Dalam kampanye ini, kami mengajak Fans Xiaomi dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dengan mengadopsi praktik ramah lingkungan, salah satunya dengan memberikan solusi daur ulang barang elektronik bekas.Direktur Umum Xiaomi Indonesia Wentao Zhao mengatakan.

Inovasi teknologi yang pesat saat ini dan kemudahan akses produk elektronik membuat lebih cepat untuk menggantikannya dengan teknologi terkini.

Sayangnya, orang sering lupa bahwa produk elektronik bekas hanya boleh dibuang dan dirawat secara serius agar tidak merusak lingkungan.

Bekerjasama dengan Octopus dan FORWAT, ini merupakan komitmen Xiaomi Indonesia dalam mengelola barang elektronik bekas.  (Xiaomi Indonesia)
Bekerjasama dengan Octopus dan FORWAT, ini merupakan komitmen Xiaomi Indonesia dalam mengelola barang elektronik bekas. (Xiaomi Indonesia)

Kampanye #LebihLestari ini sejalan dengan usulan pemerintah untuk menerapkan sistem daur ulang untuk mengelola barang elektronik bekas. Melalui skema ini, barang elektronik bekas diserahkan kepada sumber energi terbarukan oleh konsumen untuk dikelola atau didaur ulang bekerja sama dengan lembaga masyarakat terkait dan tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Harapannya, kampanye ini dapat mendukung program pemerintah untuk mengelola barang elektronik bekas di Indonesia. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2021, hanya 17,4 persen elektronik bekas yang dikumpulkan dan disiapkan atau didaur ulang dengan benar.

Penyelesaian masalah ini membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk produsen produk elektronik, lembaga masyarakat dan masyarakat.

CEO Octopus Mohammad Ichsan menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Xiaomi meluncurkan kampanye #MoreLestari.

Kami menyambut baik undangan Xiaomi Indonesia untuk berkolaborasi dalam kampanye #MoreLestari, yang mendukung penerapan ekonomi sirkular dalam prosesnya. Pengelolaan dan daur ulang barang-barang elektronik bekas yang dikumpulkan di titik-titik drop-off Xiaomi nantinya akan menjadi barang yang 100 persen berguna oleh para pencinta lingkungan. Dalam kampanye ini, penerapan ekonomi sirkular membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan membantu mempromosikan ekonomi sirkular kepada masyarakat” dia berkata.

Sementara itu, Ketua FORWAT Danang Aradian mengatakan, “Untuk kolaborasi kampanye #LebihLestari, FORWAT sebagai organisasi menunjukkan kepedulian lingkungan jangka panjang dari jurnalis elektronik di Indonesia. Kami berharap sosialisasi kampanye ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para pecinta teknologi, untuk berpartisipasi dalam Program Tata Kelola Elektronik Hak Pakai.

Mulai 1 Agustus 2022, masyarakat dapat berpartisipasi mengelola barang elektronik kecil seperti smartphone, charger, laptop, kabel dan baterai dengan mengunjungi salah satu dari 10 Toko Xiaomi pilihan di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus. Nantinya, orang akan mendapatkan poin dalam aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai permainan Promosi Menarik.

Kesepuluh lokasi Xiaomi Store di Jakarta adalah Aeon Jakarta Garden City (Jakarta Timur), Mall Kelapa Gading, Emporium Pluit Mall (Jakarta Utara), Lipo Mall St. Moritz, Central Park (Jakarta Barat), ITC Roxy Mas, Grand Indonesia (Jakarta Pusat), Kota Casablanca, Gandaria City dan Pondok Indah Mall (Jakarta Selatan).

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!