Belum Mengenal Android 7.0 Nougat Terbaru? Kenali 6 Kelebihannya Dan 8 Masalah Umumnya

DuniaTeknologi.Info  – Pengguna Android banyak yang masih belum tahu tentang Android 7.0 Nougat. Padahal, sistem operasi terbaru ini diluncurkan Google sejak Agustus 2016 lalu. Memang faktanya saat ini pengguna Android di seluruh dunia masih lebih banyak menggunakan versi Android 4.0 Kit Kat. Namun begitu, Android 7.0 Nougat memiliki beberapa kelebihan yang bisa diunggulkan dari sistem operasi Android sebelumnya. Apa saja kelebihan tersebut? Simak 10 diantaranya berikut ini.

1. Multitasking Window

Fitur ini memungkinkan pengguna Android membuka dua aplikasi sekaligus dalam tampilan satu layar. Sebelumnya Samsung dan LG pernah mengusung teknologi multitasking ini pada beberapa seri smartphone mereka. Namun sekarang fitur ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Android yang mengupdate sistem operasinya ke OS terbaru Android 7.0 Nougat ini. Usut punya usut, ternyata Apple juga meniru fitur ini dalam sistem operasi terbaru mereka juga yaitu iOS 10.

2. Direct Reply Untuk Semua Fitur Chatting

Direct reply adalah fitur dimana bila ada pesan masuk, pengguna tidak perlu membuka aplikasi untuk membalas pesannya. Cukup membalasnya langsung dari jendela pemberitahuan yang masuk. Sebelumnya hanya Whatsapp dan Line saja yang mengusung fitur ini. Tetapi sekarang di Android 7.0 Nougat, seluruh fitur chatting, termasuk pesan biasa akan memiliki fitur ini. Sebelumnya, Apple sudah menerapkan fitur ini terlebih dahulu untuk iMessage dalam sistem operasi iOS 8.

3. Google Daydream

Salah satu tambahan aplikasi dari Google yang nantinya hanya akan ada di Android 7.0 Nougat. Google Daydream adalah sebuah platform VR (Virtual Reality) atau 3 dimensi dengan kemampuan memperlihatkan fitur 3 dimensi dari aplikasi smartphone tertentu. Google Daydream ini nantinya juga akan menggunakan kaca mata 3 dimensi layaknya cardboard. Seperti namanya, Google Daydream hanya mensupport game dan aplikasi bawaan dari Google itu sendiri.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Aplikasi VR 3 Dimensi, Google Daydream

4. Multilingual

Android 7.0 Nougat memungkinkan pengguna memiliki smartphone yang memiliki lebih dari satu bahasa saja. Dalam hal ini, sistem Android bukan menerjemahkannya, tetapi langsung mencarikan bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh pengguna. Tidak seperti smartphone lainnya yang hanya mengusung satu bahasa saja untuk program mereka. Android 7.0 Nougat dirancang untuk mencarikan bahasa yang sesuai oleh pengguna yang kurang mengerti bahasa Inggris.

5. 72 Emoticon Baru

Unicode 9 yang baru diprogram di Android 7.0 Nougat ini memiliki 72 jenis emoticon baru. Tidak hanya itu, sistem operasi baru ini akan menggunakan dan memasukan 1.500 emoticon yang pernah tercipta di dunia teknologi ke programnya. Lagi-lagi Apple juga meniru fitur dari Android 7.0 Nougat ini dengan memasukan 72 emoticon baru yang sama pada sistem operasi iOS 10 yang juga rilis tahun ini. Tetapi tetap saja Android 7.0 Nougat yang lebih dahulu launching dan menerapkan fitur tambahan ini.

6. Peningkatan Sistem Dan Keamanan

Banyak sekali sistem dan keamanan yang ditingkatkan, salah satunya adalah dari segi grafis. API graphic Vilkan 3D yang dipasang dalam sistem operasi terbaru ini mampu membuat gambar, video, hingga game berat menjadi lebih jernih, halus, dan tajam. Peningkatan juga terjadi dalam JIT Compiler. Hal ini membuat perangkat berjalan lebih cepat bahkan saat penginstalan aplikasi tertentu. Sehingga saat sedang menginstal, smartphone tetap bisa membuka dan menjalankan aplikasi lain dengan mulus tanpa ada lag, freeze, atau crush untuk sementara.

8 Masalah Umum Pada Android Nougat

Nougat atau N merupakan nama baru yang dipilih pihak Android Inc untuk Os terbarunya yang akan menggantikan Os sebelumnya yaitu Marshmellow, Sistem terbaru Nougat ini memang terbilang cukup berguna dan memiliki banyak fitur yang sangat canggih.

OS terbaru dari Android ini cukup banyak diperbincangkan berbagai media, namun meskipun banyak sekali kelebihan dan fitur canggih dari Nougat ini, tetap saja akan ada beberapa masalah yang harus dihadapi penggunanya.

Anda sebagai pengguna Android Nougat harus mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada perangkat android anda dan juga bagaimana untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, seperti kata pepatah “ Mencegah lebih baik daripada mengobati “ Untuk itu anda harus mencegah perangkat anda rusak parah atau tidak bekerja dengan baik karena adanya masalah-masalah ini.

Untuk itu, disini Dunia Teknologi akan memberikan beberapa informasi mengenai masalah-masalah umum yang terjadi pada Android Nougat beserta cara untuk mengatasinya, untuk itu simak ulasan selengkapnya.

1. Masalah Pada Sambungan Bluetooth

Mungkin terlihat aman-aman saja, tetapi berdasarkan informasi pengamat teknologi bahwa didapati beberapa perangkat android yang menggunakan OS Nougat memiliki masalah pada sambungan bluetooth mereka dimana smartphone tersebut tidak bisa melakukan pairing (melakukan sambungan antar perangkat) dengan ponsel lainnya. Atau mungkin ada juga smartphone yang memang bisa tersambung tetapi beberapa saat kemudian sambungan itu akan tiba-tiba terputus.

Untuk mengatasinya anda bisa melakukan pemaruan sistem atau update os dari Android Nougat seri 7,0 ke android 7,1. Dan jika anda belum cocok untuk mengupdate OS android sobat, ada cara lain untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan factory reset lewat android ataupun sambungan ke PC.

2. Masalah Pada Fitur Ambient Display

Satu lagi masalah yang ada pada Nougat ialah Ambient Display yang kadang-kadang tidak berfungsi dengan baik, padahal sebenarnya fitur Ambient Display ini cukup berguna bagi para pengguna android.

Ambient Display adalah fitur yang dapat memungkinkan layar android anda menyala untuk menampilkan pesan ataupun notifikasi penting dari dalam aplikasi di Android anda.

Nah, untuk mengatasinya sama seperti cara pertama yaitu dengan melakukan update OS dan juga factory reset, namun jika anda melakukan factory reset maka seluruh data-data dan setelan pada android anda akan dihapus sehingga android anda menjadi seperti sistem pabrik.
Jika memang cara ini tak berhasil, anda bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang cukup ampuh yaitu Ambi-Turner.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki Ambient display dan menyelesaikan masalah-masalah terkait display pada android anda.

3. Baterai Yang Cepat Habis

Pada OS Android Nougat, baterai anda akan lebih cepat habis dibandingkan saat anda menggunakan OS android yang lama. Sistem yang cepat habis ini terjadi karena banyaknya sistem yang harus bekerja di belakang layar android. Setelah melakukan riset dengan berbagai ponsel smartphone dengan OS Nougat, diketahui bahwa OS Nougat ini menggunakan cukup banyak daya yang memang sangat boros, untuk itu anda harus selalu sedia powerbank atau daya cadangan.

Untuk mengatasinya and abisa melakukan optimasi penggunaan baterai melalui setelan setting, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk Bagian Setting
  •  Pilih Battery
  • Kemudian pilih 3 titik yang ditandai
  • Lakukan Reset App Preferences
  • Simpan.

4. Masalah Yang Terjadi Pada Kamera

Masalah selanjutnya yang memang cukup fatal adalah masalah pada kamera android, dimana saat sistem kamera dibuka, aplikasi hanya macet pada layar pembuka kamera dan biasanya hanya tampil garis vertikal dengan warna merah mudah dan ungu.
Masalah ini cukup menganggu, memang tak selalu terjadi tetapi akan sangat menganggu jika anda tengah ingin memotret hal yang memang cukup langka, namun kamera android malah macet.

Untuk mengatasinya anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Jalankan aplikasi kamera dengan menggunakan mode airplane karena biasanya hal ini terjadi akibat masalah konektivitas jaringan android.
  •  Gunakan aplikasi kamera pihak ketiga seperti B612,camera 360 dan lain sebagainya.
  • Lakukan reboot paksa ponsel (cabut baterai dalam keadaan hidup kemudian pasang dan hidupkan kembali
  • Reboot manual.

5. Kadang-Kadang Sim Card Tidak terbaca

Masalah selanjutnya ialah Sim card yang jarang terbaca pada Nougat, entah mengapa sebabnya tetapi hal ini memang seringkali terjadi sehingga membuat kita harus berulang-ulang memasukkan sim card dan menghidupkan kembali android anda.

6. Pixel Gambar Yang tidak beraturan

Kadang-kadang saat anda membuka gambar dengan android nougat ini, pixel gambar akan hancur dan tidak beraturan sehingga gambar entah seperti apa bentuknya. Hal ini mungkin karena terlalu banyak membuka aplikasi atau program.

Untuk mengatasinya anda hanya tinggal menutup aplikasi penampil gambar secara benar sampai tertutup dari background kemudian buka kembali gambarnya.

7. Kurang Bagus untuk mendownload file besar

Masalah selanjutnya, Android Nougat ini tidak cocok untuk digunakan mendownload aplikasi atau file-file yang terlalu besar karena nantinya akan menggangu sistem kerja android itu sendiri, hal ini memang sangat disayangkan para pengguna android terutama Nougat.

untuk mengatasinya ialah anda harus sering-sering menghapus cache maupun history android anda terutama pada saat hendak mendownload file, jika kembali terjadi masalah silahkan lakukan factory reset.

8. Bootlop

Masalah selanjutnya adalah bootlop, memang tak terlalu sering. Bootlop adalah keadaan dimana android anda tidak dapat menampilkan layar menu atau halaman utama melainkan hanya menampilkan layar merek hp atau android.
Hal ini terjadi karena beberapa hal, dan memang bootlop ini tak terjadi pada android Nougat saja. Bootlop ini sendiri dibagi menjadi 3 yaitu bootlop ringan, bootlop sedang dan juga bootlop berat.

Bootlop ringan bisa diatasi dengan cara mematikan android anda secara paksa yaitu dengan mencabut baterai android anda dalam keadaan hidup, Bootlop berat bisa diatasi dengan melakukan reset mode yaitu keadaan untuk mereset ulang android anda lewat setelan.
Untuk bootlop berat ini memang cukup fatal, untuk mengatasinya anda bisa melakukan factory reset atau mengatur ulang android anda seperti pada pengaturan pabrik, namun sebaiknya anda selalu memback-up file android anda karena pada saat melakukan factory reset, seluruh data yang anda simpan akan hilang.

Nah, itulah tadi mengenai beberapa permasalahan yang sering terjadi pada android nougat beserta cara mengatasinya, semoga bermanfaat

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!