Bisnis Menjanjikan di Masa Depan Terkait Dengan Dunia Teknologi

Bisnis Menjanjikan di Masa Depan Terkait Dengan Dunia Teknologi

Ketika terjun dalam dunia bisnis, tak ada salahnya kita memprediksi bisnis menjanjikan di masa depan. Hal ini demi menjaga eksistensi bisnis bertahan dalam jangka waktu lama. Tentunya kita bahkan juga perlu memiliki ide bisnis kreatif yang belum ada di Indonesia jika memungkinkan.

Berbeda halnya dengan pebisnis yang mengandalkan trend biasanya mereka akan cepat bangkrutnya. Sebut saja seperti es kepal milo, yang sekitar tahun 2017-2018 sangat marak di jalanan-jalanan, tapi sekarang sudah mulai meredup hanya dalam hitungan tahun.

jika bisnis cuma untuk jangka pendek sih, sepertinya hanya buang waktu, uang, dan tenaga saja. Agar pengorbanan yang terbuang tidak sia-sia, pastikan bisnis Anda bisa bertahan selama beberapa waktu ke depan bahkan jika bisa hasilnya untuk menopang hari tua.

Berbicara tentang masa depan, semuanya pasti nanti bakal serba canggih. Segala aspek kehidupan termasuk berbisnis bakal terkait dengan teknologi masa depan yang baru.

Nah kira-kira apa usaha yang menjanjikan di masa depan? Berikut ini ulasannya

Bisnis Menjanjikan di Masa Depan Yang Akan Cerah

Kemajuan teknologi telah merubah segalanya, termasuk dalam menajalan bisnis. Aktivitas perdagangan berubah seiring kemajuan zaman, mulai dari cara berdagang, memasarkan produk dan cara berinteraksi dengan pelanggan Anda. Banyak usaha yang menjanjikan di masa depan, namun apakah itu cocok dengan keahlian Anda dan permintaan pasar di sekitar Anda?

Ada banyak ide-ide bisnis yang diprediksi bakal sukses besar di masa depan. Bagi Anda yang berencana besar untuk berinvestasi dalam membangun suatu usaha, saran kami adalah memulainya dengan terencana dan cerdas.

1. Ide bisnis masa depan, properti rumah pintar 

usaha yang menjanjikan di masa depan properti rumah pintar
bisnis masa depan rumah pintar (shutterstock)

Mau sekarang sampai beberapa tahun ke depan, kebutuhan akan tempat tinggal masih menjadi prioritas terpenting bagi masyarakat. Oleh sebabnya, tak salah bila menjadikan bisnis properti sebagai usaha yang menjanjikan di masa depan.

Misalnya bisa menjadi makelar rumah, jasa arsitektur, dan menjadi kontraktor. Jika punya dana berlebih, sekalian saja menjadi pengembang kecil-kecilan.

Tapi rumahnya bukan rumah yang biasa, melainkan rumah pintar alias smart home dengan sistem keamanan otomasi rumah terbaik. Teknologi-teknologi canggih disematkan di dalam rumah ini, seperti lampu bisa menyala sendiri saat malam hari sampai kelistrikannya bisa dikendalikan dari jarak jauh.

2. Fintech termasuk usaha yang menjanjikan di masa depan

Bisnis fintech menjanjikan di masa depan
Bisnis fintech menjanjikan di masa depan (shutterstock)

Usaha yang akan ngetrend dan bisa dijalankan dari sekarang adalah jasa keuangan, tapi berbasis teknologi, atau yang biasa disebut financial technology (fintech). Bentuk produknya beragam, mulai dari dompet digital sampai jasa peminjaman online.

Di Indonesia jasa ini sangat menjamur, ada OVO, Gopay, Dana, Jenius, Kredivo dan masih banyak lagi yang jumlahnya mencapai ratusan. Seperti aplikasi pinjaman online pelayanan kemudahan peminjaman uang tanpa harus ke bank.

Tapi untuk berkecimpung di bisnis ini, Anda harus bekerja sama dengan orang lain dari latar belakang yang berbeda. Paling tidak ada ahli IT dan juga ahli ekonomi untuk menyusun bagaimana konsep bisnis fintechmu.

Agar dipercaya dengan calon konsumen, jangan lupa mendaftarkan usaha Anda ke OJK. OJK bertugas untuk mengawasi perusahaan-perusahaan keuangan dan juga menjaga data konsumen yang telah didaftarkan.

Karena sekarang banyak berita beredar mengenai aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar ojk dan memberatkan nasabahnya. Akibat pinjaman online ilegal sangat ditakuti masyarakat sehingga harus berpikir dua kali untuk meminjam online.

3. Bisnis pengisian daya kendaraan listrik 

Stasiun pengisian mobil listrik

Mobil listrik telah mulai digalakkan di Indonesia. Produsen mobil listrik sudah mengekspor produk mereka ke Indonesia dan digunakan untuk transportasi umum, bukan hal yang gak mungkin kalau nantinya mobil listrik jadi kendaraan pribadi.

Nyatanya, beberapa orang-orang berduit juga sudah memiliki mobil listrik loh, seperti misalnya Ketua DPR Bamsoet yang punya Tesla di garasi pribadinya.

Mobil listrik dinilai sangat ramah lingkungan, karena tidak ada pembuangan gas emisi dari proses pembakaran bahan bakar. Jadi wajar saja jika pemerintah Indonesia sangat mendukung eksistensi mobil listrik.

Nah memanfaatkan trend ini, bisnis menjanjikan di masa depan adalah bisnis pengisian daya kendaraan listrik atau stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Saat ini di Jakarta sudah ada SPLU dari PLN, namun jumlahnya masih sedikit yang pastinya akan bertambah ke depannya.

Untuk membuka bisnis ini diperlukan riset yang mendalam, dan tentunya modal yang besar.

4. Digital agency 

Digital agency kan jadi usaha yang menjanjikan di masa depan
Digital Agency

Media sosial dan internet menjadi sarana promosi dan penjualan yang paling ampuh di masa depan. Karena perannya yang penting ini, tentu setiap orang atau pebisnis tidak bisa sembarangan memposting semuanya di medsos. Harus ada perhitungan yang matang terkait traffic, feedback, dan lain-lain sebagainya.

Nah untuk memperoleh efektivitas dalam penggunaannya jasa digital agency sangat diperlukan. Mereka akan memastikan bahwa setiap konten yang diposting mempunyai dampak positif terhadap penjualan dan penyampaian kampanye suatu produk.

5. Web designing jadi usaha yang bakal berkembang di masa depan

Web designing (shutterstock)

Perusahaan-perusahaan kecil, menengah, hingga yang besar sekarang ini sudah mulai mengembangkan web perusahaan mereka masing-masing. Hal ini demi menjangkau pasar-pasar digital yang mulai ramai dan tentunya meningkatkan eksistensi.

Nah sayangnya, tak semua orang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan situs pribadi perusahaan mereka sendiri, apalagi buat perusahaan-perusahaan yang pas-pasan. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah mengandalkan bisnis jasa pembuatan web.

Jika Anda mempunyai kemampuan mendesain, kreativitas, dan juga keahlian komputer, tak ada salahnya untuk membuka usaha ini. Dijamin deh, di masa depan bakal banyak yang membutuhkan jasamu, seiring dengan menjamurnya startup-startup baru.

6. Servis barang-barang elektronik 

Servis barang-barang elektronik
Servis barang-barang elektronik 

Penggunaan barang elektronik telah membludak sejak saat ini, hingga nanti di masa depan. Semuanya sudah serba teknologi elektronik, mulai dari telepon, sepeda listrik, ponsel pintar, perangkat komputer, dan lain-lainnya.

Jasa tukang servis alat-alat elektronik ini bakal diperlukan banget jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Tahu sendiri kan harga barang elektronik terbilang mahal banget, jadi bila Anda bisa memperbaiki ngapain beli yang baru dan bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.

7. Bengkel mobil listrik 

usaha yang menjanjikan di masa depan dengan adanya bengkel mobil listrik
Bengkel mobil listrik 

Mobil listrik memiliki perawatan yang berbeda dan khusus, meskipun menurut beberapa orang perawatannya lebih mudah ketimbang mobil berbahan bakar bensin. Jarang sekali kita menemukan bengkel-bengkel khusus menangani mobil listrik, apalagi yang menjual spare partnya.

Mengingat mulai banyaknya mobil listrik di Indonesia, membuka bengkel khusus mobil listrik termasuk bisnis menjanjikan di masa depan. Tentunya modalnya harus besar ya, karena kamu harus mempersiapkan tempat dan juga merekrut orang-orang yang mahir dan paham tentang mobil listrik. Usaha yang langka tapi menguntungkan banget di masa depan!

8. Peluang usaha baru yang menjanjikan, jasa cyber security

jasa cyber security

Kini eranya serba teknologi digital. Perusahaan-perusahaan besar mulai membangun website mereka masing-masing untuk menjangkau pasar digital.

Sayangnya, kejahatan juga mulai beralih ke digital. Banyak aksi pembajakan website untuk mengeruk keuntungan tertentu. Sangat disayangkan kalau hal ini terjadi dan menimpa situs perusahaan-perusahaan besar.

Merespons banyaknya tindak kejahatan cyber, usaha yang menjanjikan di masa depan berikutnya adalah jasa cyber security. Jasa ini mempunyai tugas menguji keamanan suatu website dan membantu mencari sistem keamanan yang terbaik.

9. Bisnis Travel

bisnis travel
bisnis travel

Gaya hidup dan jadwal padat yang super sibuk membuat banyak potensi untuk industri perjalanan. Salah satu faktor utama yang mendorong kebutuhan untuk bepergian adalah kehidupan kerja yang modern. Pekerjaan saat ini menuntut karyawan untuk bermigrasi sepanjang waktu,  bisa perjalanan internasional atau sesederhana perjalanan domestik.

Meskipun beberapa bulan ini terjadi kelesuan akibat pandemi virus corona maka setelah libur panjang dari wisata maupun liburan. Secara otomatis, muncul kebutuhan akan platform bantuan perjalanan untuk mempercepat proses perencanaan dan penjadwalan perjalanan. Dari mobil hingga pesawat, orang membutuhkan bantuan atau mengatakan sistem pendukung untuk mempermudah perjalanan mereka. Arus besar ini melibatkan banyak peluang yang dapat ditemukan oleh seorang pengusaha.

Untuk menjadikannya sebagai bisnis yang berbeda di masa lalu, diperlukan kemudahan dan sentuhan canggih teknologi dalam cakupan progresif untuk industri perjalanan. Berikut ini adalah beberapa bidang yang dapat Anda kuasai dalam industri travel

  • Platform pemesanan tiket online
  • Layanan taksi drone
  • Pengaturan pemandu wisata
  • Layanan taksi
  • Kendaraan persewaan
  • Bantuan perjalanan internasional

10. Bisnis Dalam Industri Kesehatan

Dahulu, industri kesehatan dianggap sebagai industri yang murni untuk melayani masyarakat. Nah, niscaya istilah “layanan” harus diganti dengan “bisnis” dan istilah “orang atau publik” diganti dengan “pelanggan”. Bisnis adalah semua yang menjadi tujuan utama industri kesehatan di era saat ini, terutama saat pandemi covid 19 menyerang seperti saat ini.

Datang ke area di mana seseorang bisa mendapatkan keuntungan yang tak akan terbayangkan, jumlahnya akan lebih banyak di masa mendatang.

Kunci dari banyak aliran di bawah industri perawatan kesehatan ini terutama adalah gaya hidup sehat yang semakin dibutuhkan ditengah kesibukan yang semakin tidak terkendali.

Karena orang gagal memperhatikan kesehatan mereka, industri ini menjadi wajib ada. Bukan bermaksud menyalahkan industri sekarang ini hanya sebagai bisnis yang berorientasi pada layanan yang seadanya, tetapi untuk menjelaskan situasi yang tepat dan ruang lingkup masa depan.

Bagi kami industri kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian. Satu untuk kebutuhan dan satu lagi untuk kemewahan.

Di kedua tempat tersebut, seorang wirausahawan dapat dengan berani berinvestasi karena mereka sama-sama menghasilkan keuntungan. Dalam daftar peluang, terapi atau konsultasi secara online telah terbukti menarik perhatian hampir 75% populasi berpendidikan.

Hal ini bisa jadi karena kemudahan akses ke terapi dan konsultasi medis. Disamping itu, penelitian mengatakan bahwa pasien lebih suka menguji diri sendiri atau kondisi medis mereka dengan privasi.

Sejumlah aplikasi dan teknologi medis telah berkembang sehingga membuat seluruh proses terapi dan pengobatan menjadi sederhana. Misalnya, mari kita pertimbangkan aplikasi  seperti Halodoc. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkonsultasi secara individual dengan dokter yang berpengalaman kapan saja.

11. Toko Online

Toko online (cnnindonesia.com)

Toko online merupakan tren perdagangan terbesar dan berhasil di setiap negara. Hal ini juga mempengaruhi perdagangan global yang memang memberikan manfaat tambahan untuk memperbaiki kondisi perekonomian negara-negara di dunia.

Sampai pada poin mengapa ini berdiri sebagai bisnis yang menjanjikan di masa depan, alasannya tidak terhitung. Salah satu alasan utamanya adalah ketersediaan pilihan.

Pelanggan yang ingin membeli tentu saja mengharapkan opsi untuk dipilih. Toko online menawarkan ini tanpa kesulitan apapun. Dari sudut pandang pengusaha, ketersediaan pilihan ini sangat menguntungkan bisnis. Pelanggan mencoba untuk memeriksa lebih banyak situs online dan membandingkan harga juga produk.

Anda sebagai pemilik toko online diberi kebebasan untuk memamerkan produk berapapun jumlahnya di belahan provinsi manapun hingga akses dunia. Juga, frekuensi pesanan penjualan tinggi untuk toko online. Konsep ini juga berdampak besar pada bisnis lain. Contohnya adalah menjamurnya perangkat lunak pembayaran, perusahaan desain web, dan pemasaran digital. Jelas, toko online merupakan usaha yang masih menjanjikan di masa depan. Bahkan saya pribadi mulai membangun bisnis toko online termurah dan terlengkap di Banjarmasin.

12. Pengolahan limbah plastik 

Pengolahan limbah plastik 

Sampah plastik menjadi momok yang menakutkan bagi warga planet bumi, jumlahnya yang banyak bahkan tidak bisa terhitung lagi berapa banyaknya. Lebih parahnya lagi adalah sampah-sampah tersebut sudah  mencemari ke berbagai sumber daya alam, seperti sungai dan laut.

Meski sampah plastik membludak, sayangnya belum banyak tempat-tempat pengolahan limbah plastik, apalagi di Indonesia. Nah gak ada salahnya Anda membuka usaha pengolahan limbah plastik. Karena sampah-sampah plastik ini jika diolah dengan benar bisa menjadi barang yang menguntungkan loh.

13. Aplikasi Android

Bisnis Menjanjikan di Masa Depan Terkait Dengan Dunia Teknologi Seperti Aplikasi Android
Aplikasi Android

Banyak orang sudah mulai membuat aplikasi yang  berguna dan memberi mereka keuntungan yang tak terbayangkan.

Yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang menarik dengan tujuan dan penggunaan modern. Berikutnya adalah kebutuhan untuk memperbarui aplikasi Anda agar sesuai dengan tren dan kebutuhan unik pengguna.

Hubungkan dengan perusahaan dan hasilkan uang melalui berbagai bentuk pemasaran. Jadi di sini Anda mempunyai sejumlah cara untuk menghasilkan pendapatan hanya dengan keterampilan yang baik dalam merancang aplikasi. Aplikasi seluler dan jumlahnya bertambah besar dalam waktu yang sangat singkat.

Ini telah menjadi seperti darah di dalam tubuh. Tidak ada ponsel yang beroperasi tanpa aplikasi. Rata-rata, setidaknya ada 5 aplikasi seluler di setiap ponsel. Juga terjadi pencarian aplikasi setiap tiga hari oleh seorang individu. Sekarang apa lagi yang harus dinilai? Bisnis ini dimasa depan tentu akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa bukan?

14. Pencetakan 3D dan Data Crunching

Pencetakan 3D dan Data Crunching

Pencetakan 3D segera mengambil alih proses daur ulang. Butuh kacamata hitam? Anda hanya perlunya mencetak ini. Butuh sepatu kets pribadi Anda? Hanya tinggal cetak. Butuh kaos gambar 3 dimensi Anda bikin desain dan tinggal cetak.

Satu-satunya kekurangannya adalah printer 3D sangat mahal pada saat ini. Tetapi selama teknologi terus maju dan lebih banyak printer 3D yang dikembangkan, biasanya harganya bisa menjadi murah. Ingat saja saat telepon selular pertama kali dirilis, berapa harganya?

Di sisi lain, karena kebutuhan untuk menjadikan bisnis digital semakin tinggi, data konsumen merupakan sumber daya yang penting. Yang berarti ada kebutuhan akan spesialis data crunching. Pertanyaannya sekarang adalah, maukah Anda mempelajari pemrosesan data dan memulai bisnis data crunching Anda sendiri sekarang? Atau apakah Anda akan menjadi operator printer 3D sekarang? Terserah Anda.

15. Coworking space

Coworking space

Ketersediaan lahan untuk perkantoran yang murah sangat sulit dicari di kota-kota besar. Padahal, banyak bermunculan startup-startup baru yang membutuhkannya.

Untuk mendukung kreativitas ini, peluang usaha yang menjanjikan di masa depan salah satunya adalah membuka usaha coworking space. Jika Anda memiliki lahan yang luas di lokasi-lokasi yang strategis sulap saja lahanmu menjadi area-area perkantoran sederhana namun memiliki ruangan yang cukup.

Bisa disewa selama satu hari, bulanan, bahkan tahunan. Harganya bisa disesuaikan dengan luas ruangan dan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Itulah peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam berbisnis, lakukan dulu riset mendalam usaha yang langka tapi menguntungkan buat Anda. Riset tentang permintaan pasar, mangsa pasarnya, dan juga dana yang harus dikeluarkan untuk menjalankan peluang usaha di tahun 2021 ini.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!