Blibli bekerja sama dengan tiga pemerintah daerah untuk mempromosikan produk lokal.

Kerjasama Blibli terus berlanjut dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Bandung.

Suherman Somardi, Wakil Presiden Bidang Hubungan Pemerintah Blibli, Perjanjian Kerjasama Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur Ditandatangani 2022 (Blibli)

Duniateknologi.info – Blibli resmi bermitra dengan tiga pemerintah daerah untuk memberikan dukungan dan mempromosikan produk lokal. Yakni, melalui kolaborasi berkelanjutan antara sektor UKM dan koperasi, meningkatkan kapabilitas digital.

Kerjasama ini dilakukan Blibli dengan Blibli, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Bandung.

Melalui setiap kerjasama tersebut, Blibly membantu para pelaku UMKM dan koperasi dari masing-masing daerah dalam hal pengembangan bisnis yang berkelanjutan dengan memfasilitasi saluran online di setiap operasinya.

Sektor UKM memegang peranan penting dalam membangun perekonomian negara. Dengan jumlah pelaku usaha yang mencapai lebih dari 64 juta, sektor UKM dapat memberikan kontribusi sekitar 57% dari PDB Indonesia dan menyediakan lapangan kerja bagi 97% dari total tenaga kerja Indonesia.

Menyadari hal tersebut, Blibly berkomitmen untuk terus meningkatkan seluruh ekosistemnya sebagai platform bisnis dan gaya hidup omnichannel yang terintegrasi dan terpercaya untuk memberdayakan para pelaku UMKM, meningkatkan literasi digital mereka untuk mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan dan beradaptasi dengan tren baru.

Melayani masyarakat selama lebih dari 11 tahun, Blibli secara konsisten menghadirkan pengalaman ritel terdepan yang memuaskan pelanggan. Hal ini dibarengi dengan komitmen kami untuk bermitra dengan para pemangku kepentingan, termasuk bermitra dengan koperasi dan organisasi pemerintah kecil dan menengah. Melalui rangkaian kerjasama ini, Blibili akan memperkuat kerjasama dengan pemerintah dan memperkuat upaya perusahaan membantu koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing, meningkatkan kualitas layanan pelanggan, dan memperluas jangkauan pemasaran. Bisnis di sektor ini tumbuh secara berkelanjutan.Andreas Ardian Pramadtia, Vice President Gallery Indonesia Blibli mengatakan.

Kerjasama berkelanjutan Blibli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Bandung diwujudkan dengan menggelar pameran yang komprehensif di tiga wilayah tersebut.

Setiap pameran didukung oleh ekosistem omnichannel terintegrasi Blibli sebagai platform bagi UMKM untuk memamerkan dan mengembangkan produk terbaik mereka, membangun hubungan dengan pemangku kepentingan terkait dan meningkatkan kemampuan digital mereka.

Banging Pasar Inovasi 2022. (Blibli)
Banging Pasar Inovasi 2022. (Blibli)

1. Kerjasama K-UKM Expo 2022 dengan Pemprov Jatim

Blily akan memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mengembangkan sektor koperasi dan UMKM lokal melalui kerjasama yang erat dengan koperasi dan jasa kecil dan menengah serta jasa perikanan dan kelautan.

Melalui kemitraan ini, Blibli akan membantu pemerintah daerah mengembangkan bisnisnya untuk mendorong digitalisasi berkelanjutan di sektor koperasi dan UMKM.

Penandatanganan kerjasama dilakukan pada K-UKM Expo 2022 di Surabaya pada 27-31 Juli 2022. K-UKM Expo merupakan pameran tahunan yang menampilkan berbagai produk koperasi dan skala kecil mulai dari fashion, kuliner. , untuk kerajinan.tangan.

Dalam Expo KUKM 2022 edisi ke-9 ini, hadir para pelaku koperasi dan UKM serta pemerintah daerah, swasta, asosiasi perdagangan dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Blibli telah bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan bantuan kepada koperasi dan UMKM setempat.

Dalam hal ini, Blibli berperan dalam meningkatkan literasi digital pelaku usaha terkait dengan memfasilitasi kanal online untuk mengembangkan bisnisnya.

Blily menawarkan berbagai macam produk UMKM unggulan dari Jawa Timur, dimana kuliner, fashion dan kerajinan menjadi kategori produk yang paling dicari oleh pelanggan.

2. Kerjasama dengan Pemprov Jateng dalam Harkop Hybrid Expo 2022

Blily akan memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendorong digitalisasi koperasi dan usaha kecil menengah di ajang Harkop Hybrid Expo 2022.

Dalam kerja sama ini, Blibly bersama Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah dan usaha kecil menengah merancang hybrid arrangement yang menyatukan koperasi dan penggunaan Internet skala kecil untuk mendorong transformasi digital yang terus berkembang.

Oleh karena itu, para pelaku usaha datang dari berbagai pemerintahan untuk mempromosikan transformasi digital dan mempromosikan produk terbaik mereka kepada pengunjung online dan offline.

Menariknya, dalam kerjasama ini, koperasi di bawah Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah akan bergabung dengan lapakjateng.id di Blabili, sebuah situs khusus yang menampilkan produk lokal utama Jawa Tengah.

Jateng.id sendiri telah menyediakan lebih dari 2.500 UMKM terkemuka dengan hampir 300.000 produk terpercaya dan terpercaya. Pelanggan dapat menemukan berbagai produk lapakjateng.id di sini.

Selain kerjasama di atas, Blibili dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk mendorong transformasi digital UKM, salah satunya dengan mengadakan program pelatihan dan pendampingan offline dan online di berbagai kabupaten dan kota.

Keduanya sempat menggelar WOW UMKM Bazaar di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang dan menawarkan paket libran khusus produk UMKM Jawa Tengah.

3. Kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung di Pasar Kreatif Bandung 2022

Dengan Pemerintah Kota Bandung, Blibi kembali berkolaborasi untuk menyelenggarakan Pasar Kreatif Bandung, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menggabungkan sektor UKM dan menggerakkan ekonomi lokal.

Tahun ini, Bandung Innovation Market 2022 akan digelar mulai 1 Juli hingga 14 Agustus di enam pusat perbelanjaan ternama di Bandung dengan melibatkan 180 pelaku UMKM terpilih.

Menariknya, Blibli telah menyiapkan halaman khusus untuk pelanggan Pasar Kreatif Bandung 2022 agar mudah menemukan barang-barang lokal yang bagus dari Bandung. Ada berbagai kategori produk yang bisa ditemukan di festival belanja ini, mulai dari fashion, kerajinan tangan hingga kuliner.

Didukung dengan mengaktifkan fitur Click & Collect di 4 mall diantaranya Ciwalk, PVJ, Kings dan Paskal 23 Bandung. Pelanggan bisa mendapatkan produk target dengan penawaran menarik dengan menawarkan diskon tambahan untuk semua produk di platform Blibli.

Sebelumnya, Blily bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung menjadi mitra e-commerce di Pasar Kreatif Bandung pada tahun 2020 dan 2021.

Upaya nyata Blibli untuk mendukung pertumbuhan sektor UMKM Bandung dilakukan bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Daerah Kota Bandung dengan menyelenggarakan Buy Local Fest Bandung yang menampilkan produk-produk terbaik dari 150 UMKM terpilih Bandung.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!