2 Cara Cepat Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel (Ampuh!)

Cara Cepat Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel

Fitur ini tidak tersedia sama sekali dengan nilai data pada akun microsoft excel. Jika anda seorang guru, Anda dapat mengelola rekap nilai raport dengan cara cepat menghitung nilai rata-rata di excel melalui rumus dari excel ini.

Tidak harus berupa nilay rata-rata di Microsoft Excel, tetapi harus berupa manual yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Yang jadi masalah adalah ketika Anda menghitungnya secara manual, Anda akan memakan banyak waktu.

Oleh karena itu, sebagian orang yang ingin menghitung nilai rata-rata saat ini lebih mengandalkan bantuan dari microsoft excel. Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari maka tanyakan saja.

Anda juga dapat menggunakan ini untuk mendukung nilai rata-rata pada raport siswa, menghitung rata-rata gaji karyawan, menghitung data keuangan, dan banyak lagi semacamnya.

Rumus Rata-Rata di Ms Excel

Fitur ini tidak tersedia dalam kategori ini dan dapat diunduh dari versi eksklusif Microsoft. Yang perlu anda persiapkan adalah file excel yang berisi data dari nilai yang ingin dihitung rata-ratanya.

Ada 2 rumus untuk dapat menemukan jumlah rata-rata di microsoft excel. Yang pertama adalah anda akan mencari rata-rata dari nilai sesuai baris. Sedangkan yang kedua adalah mencari nilai rata-rata dari kolom.

Daftar untuk mendapatkan penawaran gratis untuk menjadi pemain microsoft excel dan dapatkan nilai rata-rata secara mudah dan cepat.

Cara menggunakan Rata-Rata di Barcel Excel

Fitur ini tidak tersedia di semua negara. Berikut langkah-langkah menerapkan rumus rata-rata excel:

  1. Buatlah baris baru untuk mengisi nilai rata-rata.
  2. Pada contoh gambar di bawah ini data nilai ada di C2 sampai C11.
  3. Ketikkan di baris baru dengan rumus = average (C2: C11)
Cara menggunakan Rata Rata di Barcel Excel
Cara menggunakan Rata Rata di Barcel Excel

Terakhir, tekan tombol Enter pada keyboard.

Selesai, Anda sudah mendapatkan nilai rata-rata di excel sesuai data baris. Sesuaikan rumus tersebut dengan baris yang ada di data excel anda sendiri.

Sedangkan jika Anda memiliki data dalam jumlah banyak kolom, Anda dapat mengklik tahan lalu geser ke arah samping untuk mendapatkan rumus yang sama secara cepat.

rumus rata rata di excel
rumus rata rata di excel

Cara menggunakan Rata-Rata di Colom Excel

Untuk menyimpan nilai rata-rata data dalam bentuk kolom pada dasarnya tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya dalam bentuk baris. Namun, posisi rumus harus anda letakkan di bagian kolom baru.

Disarankan untuk menggunakan rumus rata-rata excel:

  1. Buat kolom baru untuk tempat nilai rata-rata.
  2. Contoh gambar ini data nilai berada di C2 sampai G2.
  3. Ketikkan rumus berikut di baris baru = average (C2: G2)
Cara menggunakan Rata Rata di Colom Excel
Cara menggunakan Rata Rata di Colom Excel

Terakhir, tekan tombol Enter pada keyboard. Selesai.

Setelah Anda menekan tombol Enter, nilai rata-rata akan muncul sesuai dengan data yang ada pada kolom. Cari file rumus yang benar dengan data yang ada pada file excel anda.

Jika Anda memiliki data dalam jumlah banyak baris, Anda dapat klik tahan lalu geser ke arah bawah untuk mendapatkan rumus perhitungan rata-rata yang sama secara cepat tanpa harus mengetik satu-persatu.

rumus rata rata excel
rumus rata rata excel

Itulah 2 cara untuk menghitung nilai rata-rata dalam data yang ada di excel secpat celam bentuk baris maupun kolom. Cukup atur rumus sesuai baris atau kolom dari data yang Anda miliki untuk mencari nilai rata-ratanya.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!