Cara Cerdas Menghemat Penggunaan RAM Pada Android

Cara Cerdas Menghemat Penggunaan RAM Pada Android – Karena banyaknya kegiatan yang melibatkan smartphone Android anda, maka seharusnya anda juga mampu melakukan perawatan pada Android tersebut untuk menghindari penurunan performanya. Dan dari sekian banyak cara menjaga stabilitas dan performa android, salah satunya dengan melakukan penghematan penggunaan RAM.

Kaitan perawatan android dengan RAM adalah semakin banyak program yang terpasang pada Android anda, maka semakin banyak pula kebutuhan memori (RAM) yang dibutuhkan Android, terlebih RAM Android tidak dapat ditambah seperti pada laptop, sehingga kita harus pandai pandai dalam melakukan perawatan RAM pada Android. Dan untuk penghematan RAM, dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini

Menghemat Pemakaian RAM pada Android

1. Gunakan Dan Pasang Aplikasi Sesuai Dengan Kebutuhan Saja

Terkait dengan kebutuhan memori yang digunakan pada Android dengan terbatasnya kapasitas RAM yang tertambat di Android, Seharusnya anda bijak dalam memasang dan menggunakan program di android anda. Install program yang dibutuhkan saja, dan tidak haus dalam memasang program aplikasi pada Android anda. Program yang terpasang berlebihan akan membutuhkan kapasitas RAM yang berlebihan pula.

Untuk menanganinya, anda bisa Uninstall atau hapus program yang tidak dibutuhkan, atau dengan disable program yang diinginkan sehingga kebutuhan memori pada Android akan menjadi lebih bebas dan tidak membuat Android lemot. Pastikan anda menyisakan kurang lebih 30% ruang bebas pada RAM anda agar terhindar dari kasus lemotnya Android anda.

2. Mengurangi Aplikasi yang Sering Menjalankan Layanan pada Background Process

Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh pengguna Android adalah penurunan kecepatan kinerja Android. Hal ini dipicu karena beberapa aplikasi yang sering menjalankan service atau layanan di latar belakang (background process). Program tersebut kebanyakan adalah dari beberapa social media yang terpasang pada Android anda.

Untuk menangani hal ini, bisa melakukan force stop pada program yang diinginkan, misalnya socmed yang jarang digunakan. Anda dapat melakukannya dengan menuju menu Pengaturan > Aplikasi > Nama aplikasi yang ingin distop > pilih Hentikan paksa. Hal ini akan menurunkan penggunaan RAM pada Android anda.

3.  Batasi Penggunaan Live Wallpaper dan Widget

Sebenarnya tidak ada salahnya dengan Wallpaper bergerak dan banyaknya widget yang membuat tampilan Android kita semakin elok. Namun, perlu diingat, efek visual semacam Live Wallpaper dan widget membutuhkan memori tambahan untuk menjadikannya aktif beroperasi, sehingga kebutuhan memorinya lebih banyak daripada aplikasi pada umumnya yang tidak menggunakan widget atau pun Live Wallpaper.

4. Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Semakin canggihnya perkembangan zaman nampaknya dilirik sebagai peluang oleh beberapa pengembang aplikasi untuk Android. Banyak sekali beredar di Google Playstore aplikasi yang digunakan untuk perawatan RAM. Beberapa contohnya seperti Clean Master, DU Speed Booster, dan masih banyak lagi yang lain.

Aplikasi tersebut akan membantu anda dalam merawat dan menghemat penggunaan RAM pada Android anda. Oleh karena itulah, stabilitas kinerja Android anda akan tetap terjaga secara optimal hanya dengan satu sentuhan saja. Canggih.

5. Rutin Me-Restart Android

Hal ini sangat disarankan untuk menghindari panas berlebih atau yang sering disebut overheating, RAM penuh yang disebabkan banyaknya program aplikasi yang terbuka. Restart dilakukan untuk membebaskan penggunaan RAM juga cache yang digunakan banyak program aplikasi ketika Android tengah bekerja.

Demikianlah ulasan mengenai Kiat Menghemat Penggunaan RAM  pada Android Anda. Semoga bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!