Panduan Lengkap Cara Daftar Google News dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Daftar Google News dengan Mudah

Bagaimana cara daftar google news?banyak yang ingin website yang dimiliki bisa tembus dan diterima oleh google. Namun itu semua sepenuhnya hak google untuk menerima maupun menolaknya. Disini kita mencoba memberikan informasi panduan lengkap cara daftar google news dengan mudah.

Google menghadirkan layanan Google News untuk pengguna internet yang membutuhkan akses informasi dan berita aktual dan kredibel.Layanan yang cukup populer ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pembaca tapi juga pemilik website.

Jika Anda ingin blog Anda ditampilkan di laman berita Google News, ketahui dulu cara daftar Google News dengan benar.

Apa Itu Google News?

Google Berita Hari Ini: 3 April 2021

Seperti namanya, Google News adalah layanan Google yang fokus pada penyediaan konten berita yang berasal dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di indonesia namanya Google Berita, tampilan yang menarik dan intuitif memudahkan pembaca ketika mengakses beragam berita baik melalui komputer maupun handphone. Menariknya, layanan ini dapat dinikmati secara gratis. Tidak heran jika lebih dari satu juta pengguna di Google Play sudah mendownload Google News.

Pengguna pun tidak diharuskan login untuk menikmati layanan ini. Akan tetapi, jika menggunakan akun Google saat akses, Anda akan disuguhi dengan personalized content. Artinya, berita-berita yang muncul akan sesuai dengan kesukaan Anda. 

Benar, salah satu keunggulan Google News dibandingkan platform lain adalah kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan TopikLokasi, atau Sumber berita

Bagi pemilik blog, mampu mendapatkan tempat di Google News adalah sebuah keuntungan. Bayangkan, jumlah kunjungan Google News dalam satu bulan bisa mencapai 494 juta di seluruh dunia. Jadi, jika Anda berhasil memanfaatkan platform ini dengan tepat, dampaknya akan sangat positif bagi blog Anda. 

Anda tentu tidak beranggapan Google News hanya untuk media online yang telah populer saja, bukan? Tepat sekali. Blog berita biasa juga bisa daftar ke Google News kok. Artinya, konten berita Anda pun bisa menjadi berita utama jika memang menarik dan layak dipublikasikan. 

Manfaat Daftar Google News

Google News menawarkan berbagai manfaat bagi pemilik blog ketika Anda sukses terdaftar menjadi bagian dari layanan ini. 

Apa saja manfaatnya? Mari kita buka satu persatu. 

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

Jika Anda mempunyai konten berita yang unik dan berkualitas, Google Berita tidak segan untuk menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan kondisi ini, Google tentu akan menganggap website Anda juga layak berada di posisi teratas mesin pencari. Sebagai contoh, ketika kita mengetikan “sandiaga” di Google, berita dari CNBC Indonesia juga muncul disana.

Seperti yang Anda ketahui, mendapatkan posisi teratas bukanlah hal mudah. Anda harus terus melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. Namun, dengan memanfaatkan Google News secara maksimal, posisi teratas Google bukanlah hal yang tidak mungkin.  

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Semakin mudah konten Anda ditemukan, semakin besar kemungkinan blog Anda dikunjungi. Bukan cuma itu, pengunjung blog Anda bisa dipastikan berasal dari traffic yang berkualitas

Kenapa bisa demikian? Fitur personalized content berperan besar dalam hal ini. Pengguna yang mengunjungi blog Anda akan merasa senang bahwa topik yang Anda miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.  

3. Sebagai Media Branding Yang Efektif

Jika blog Anda menyediakan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Selain pengunjung akan sering datang ke blog Anda lagi, Anda akan dianggap ahli di bidang tersebut. Hal ini akan membantu Anda membangun brand untuk website Anda. 

Sebagai contoh, Techcrunch adalah website yang berfokus pada berita teknologi. Semua jenis berita teknologi mulai dari ulasan startups, aplikasi desktop dan mobile, hingga ke ajang teknologi tahunan ditampilkan dengan baik. 

Jika Anda penggemar otomotif, bisa saja apa yang dilakukan oleh Iwan Banaran bisa menjadi inspirasi Anda. 

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. Sebagai blogger, Anda tentu memahami bahwa peran backlink dalam mendongkrak kredibilitas blog Anda sangat besar. 

Saat konten Anda direkomendasikan oleh Google News, konten Anda akan menjadi referensi terupdate tentang suatu topik. Jika blogger lain memerlukan referensi pendukung, tentu mereka akan menggunakan sumber yang terpercaya. Bisa jadi sumber itu adalah konten blog Anda. 

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin terpercaya blog Anda.  

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Memanfaatkan iklan untuk mempromosikan sebuah blog adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya, tentunya lebih baik.  

Google News berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog Anda. Organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk hal ini.

Syarat Daftar ke Google News

Agar bisa mendapatkan semua manfaat dari Google News, Anda perlu bergabung ke layanan ini terlebih dahulu. Secara umum, Anda hanya perlu melakukan dua hal: mendaftarkan blog Anda dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Cukup mudah, bukan?

Sebelum kita melangkah ke cara daftar blog ke Google News, mari pelajari syaratnya terlebih dahulu ya.

1. Buatlah Blog Berita

Memiliki konten berita saja tidak cukup, Anda harus membuat sebuah blog berita. Hal ini akan sangat membantu ketika berniat mendaftarkannya ke Google News. 

Perlu diketahui, proses seleksi setelah Anda mendaftar dilakukan manual oleh pihak Google. Mereka akan memastikan blog Anda sesuai dengan tujuan layanan mereka: menyediakan berita terbaru dan penting

Jadi, jika tujuan Anda mendapatkan tempat di Google News, daftarkanlah blog Anda dengan konten berita, apapun niche atau jenis berita yang menjadi topik utama Anda.  

Jangan khawatir dulu. Membuat blog berita tidaklah terlalu sulit. Jika Anda ingin membuat website berita dengan mudah dan cepat, kami memiliki panduan lengkapnya untuk Anda

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Memiliki konten berkualitas adalah kunci dari peringkat teratas mesin pencari. Ketentuan yang sama berlaku juga di layanan Google News. Apakah konten berkualitas yang dimaksud?

Tidak Menjiplak Konten Orang Lain

Selalu ciptakan konten Anda sendiri. Mempunyai konten yang unik adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Anda bisa melakukan penelitian sendiri tentang suatu berita yang ingin Anda  tuliskan. Walaupun Anda bisa sesekali menerbitkan berita yang berasal dari pihak lain, pastikan selalu menuliskan dengan gaya Anda sendiri. Dengan demikian, Google News akan menganggap konten Anda adalah sebuah konten berita baru.   

Fokus ke Salah Satu Jenis Berita

Selain tidak bercampur dengan konten lain, blog Anda sebaiknya hanya mengulas salah satu jenis berita saja. Misalnya tentang berita teknologi atau gawai (gadget). Hal ini akan memudahkan pengunjung memahami blog. Selain itu, Google News akan dengan mudah mengkategorikan blog Anda tersebut. Bahkan jika Anda mampu membuat berita yang mendalam (in-depth news), peluang menjadi berita utama kian besar. 

Selalu Terupdate

Blog berita menuntut Anda untuk menerbitkan konten tiap hari. Ini tentu sesuai dengan ciri berita yang bahkan menuntut penerbitan lebih dari satu topik setiap hari dan selalu terupdate.

Jika Anda merasa kesulitan melakukannya seorang diri, Anda bisa menggunakan beberapa penulis untuk membuat artikel berbeda untuk diterbitkan di hari yang sama. Inilah yang sering dilakukan oleh website berita lain, setidaknya sebagai langkah awal ketika mendaftar Google News. 

Bukan Konten Yang Dilarang

Memiliki konten unik bukan berarti Anda bisa menulis berita dengan topik apa saja. Google News sendiri sudah menentukan bahwa konten berita yang menampilkan konten kekerasan, kebencian dan konten seksual ataupun konten yang terkait pelanggaran hak cipta sangat dilarang. 

Jika blog Anda terkait dengan konten-konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran yang Anda lakukan. 

3. Perhatikan Struktur Blog Anda

Terkait dengan faktor teknis website Anda juga harus Anda ketahui, Google News akan lebih cepat menerima pendaftaran blog Anda jika mengikuti ketentuan sebagai berikut:

Gunakan URL Yang Unik dan Tidak Berubah

Google News secara gamblang menyebutkan bahwa jika URL konten Anda selalu berubah, blog Anda tidak akan dimasukkan ke dalam Google News. Alasannya, mesin crawl Google yang bertugas mendeteksi konten berita tidak bisa bekerja dengan baik di kondisi tersebut.  

Sajikan Tampilan Yang Menarik Dan Responsif

Memiliki tampilan blog yang menarik baik di desktop maupun mobile sangatlah penting. Google News memprioritaskan blog yang memenuhi kriteria ini demi meningkatkan kenyamanan pengguna. 

Namun, perlu diingat bahwa blog Anda sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan efek dengan JavaScript. Sebagaimana panduan yang mereka berikan, blog dengan kode pemrograman yang sederhana lebih diutamakan.    

Gunakan Navigasi Yang Mudah

Jika blog Anda mempunyai beberapa halaman utama, pastikan untuk beralih dari satu halaman ke halaman lain mudah dilakukan. Navigasi di blog Anda merupakan salah satu faktor dalam proses seleksi/kurasi di Google News. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Struktur Permalink yang Konsisten
  • Mobile friendly
  • Navigasi yang baik

4. Jelaskan Identitas Blog Anda Dengan Baik 

Informasi blog Anda sangat penting untuk tahapan verifikasi. Sebelum mulai pendaftaran pastikan penulisan blog Anda telah sesuai. Selain itu, halaman About Page Anda harus mampu menjelaskan identitas blog Anda dengan baik.

Lebih lanjut, jika Anda menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Anda, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya nama saja mereka, Anda bisa menampilkan foto mereka dan sekilas latar belakang profesi mereka. 

Google News memberi Anda kesempatan untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan penulisan setelah terdaftar. Namun, melakukannya dengan benar sejak awal adalah langkah yang bijaksana. 

Cara Daftar Blog ke Google News 

Setelah beberapa syarat di atas sudah Anda penuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke Google News.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

Sebelum mendaftar Anda harus persiapkan syarat- syarat untuk mendaftar Google News? Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan :

  • Pastian situs yang akan didaftarkan sudah diverifikasi di Google Search Console
  • Catat ID Google Analytic Anda
  • Catat alamat feed situs yang akan didaftarkan dan pastikan alamat feed tersebut valid
  • Logo berukuran square (minimal 512×512) dan ukuran rectangle

Setelah itu, Anda bisa mengikut langkah- langkah berikut ini :

1. Masuk ke Google Publisher Center

Anda akan masuk ke layanan ini dengan akun Google Anda.

2. Menambahkan Blog Anda

Klik add publication untuk mendaftarkan situs baru di Google News. Masukkan nama website Anda, kemudian Simpan.

3. Masukan Informasi Website

Setelah klik Simpan, Anda akan diminta untuk memasukkan data- data situs web Anda. Ada 6 tabs yang harus Anda cek satu per satu, yaitu :

  • General
  • Content
  • Images
  • Ads
  • Advance
  • Review & Publish

Di tab General, masukkan informasi tentang situs web Anda. Mulai dari nama website, deskripsi website, kategori,bahasa &  negara, alamat website, dan ID Google Analytics.


Di bagian Content, masukkan jenis publikasi yang ingin Anda tampilkan dan alamat URL yang sesuai untuk masing- masing publikasi. Di bagian Content Labels, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan :

  • Opinion : jika publikasi Anda berisi opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui penyuntingan di situs Anda
  • Blog: untuk konten bersifat blog (centang opsi ini)
  • Press release: bila website  Anda juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: bila website Anda bertema satire

Dalam beberapa kali percobaan, bagian Content Labels ini membutuhkan beberapa saat untuk bisa diakses. Biasanya ini terjadi saat kita baru memasukan alamat URL atau feed di bagian content.

Sama halnya dengan bagian verified di bagian bawah. Setelah bot berhasil mengidentifikasi alamat URL dan feed, maka keduanya akan bisa diakses kembali. Jadi tidak perlu panik di awal.

Di tab Images, masukkan logo berukuran square (minimal 512*512px) dan rectangle (minima (200*20px). Buatlah keduanya dalam format .png.

Di tab Ads, Anda bisa menghubungkan langsung akun Google Adsense dengan publikasi Anda. Jika ragu, biarkan pengaturan ini sesuai default nya. Bagian terpentingnya adalah menghubungkan akun Adsense Anda.

Bagian Advance dapat Anda biarkan begitu saja atau memberikan pengaturan tambahan jika diperlukan.

4. Review & Publish

Review dan publish situs ke Google News

Setelah mengisi semua step, Anda akan masuk ke tab terakhir, Review & Publish. Di bagian ini, Anda akan melihat status “1 empty section” saat akan di-submit. Ini sering terjadi saat proses crawling belum sempurna. Tunggulah hingga beberapa saat atau kembali beberapa jam kemudian.

Setelah empty section tersebut menghilang dan feed/ URL content berhasil terbaca, Anda bisa melanjutkan klik review Term of Service, mengisi informasi yang diperlukan, mencentang, dan klik Publish.

5. Selesai

Menunggu proses review Google News
Source: Pandagila.com

Langkah terakhir adalah menunggu proses review dari Google selesai dilakukan. Proses ini bisa memakan waktu 1 – 3 minggu. Saya ambil gambar dari situs pandagila karena masih belum lolos review. Terkait pelanggaran artikel.

Kesimpulan

Mendaftarkan website ke Google News adalah salah satu upaya terbaik untuk melipatgandakan traffic website. Selain relatif mudah dilakukan karena proses pendaftaran mudah, nyaris tidak ada kesulitan yang berarti dalam pengaturannya.

Namun tugas Anda tidak berhenti sampai proses pendaftaran saja. Setelah diterima oleh layanan ini, tugas Anda selanjutnya harus memastikan kualitas konten Anda semakin baik dan konsistensi dalam update konten terjaga.

Semangat mencoba!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!