Cara Hemat Kuota Internet

Cara Hemat Kuota Internet – Internet kini telah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi sebagian manusia. Dengan menggunakan layanan internet mereka dapat melakukan berbagai macam aktivitas diantaranya berinteraksi melalui jejaring sosial, sarana pendidikan, berbelanja dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang ini banyak provider yang menawarkan bermacam paket internet sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dari berbagai provider yang ada, ada beberapa yang menawarkan tarif murah, namun tak sedikit yang menawarkan harga selangit. Alhasil, banyak diantara para pengguna yang mengeluhkan tarif internet yang lumayan mahal. Salah satu langkah sederhana dan efektif untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan membatasi bandwith yang digunakan dalam kurun waktu tertentu.

Merasa tidak membuka banyak aplikasi sosial media ataupun juga tidak streaming film tapi tiba-tiba kehabisan kuota, tentu akan membuat sebagian orang bingung. Hal tersebut bisa saja terjadi jika kalian menggunakan beberapa aplikasi yang menyedot banyak kuota atau lupa mematikan sinkronisasi aplikasi. Bagi mereka yang sudah tahu tentu akan mematikan atau menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, bagi yang belum tahu hal tersebut tentu akan cukup kesulitan.

Bagi kalian yang masih merasa boros kuota internet, mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu membatasi penggunaan kuota internet kalian:

1. Gunakan Data Usage Warning dan Limit System

Foto: theverge.com

Cara pertama untuk membatasi penggunaan mobile data agar bisa terkontrol dengan mudah yaitu dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada smartphone kalian. Dengan fitur ini, kalian akan mendapatkan peringatan saat penggunaan kuota internet sudah melebihi batas.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Foto: mediababe.net

Tips selanjutnya yaitu dengan mengidentifikasi aplikasi apa saja yang bisa menyedot kuota internet. Kalian bisa mengetahui aplikasi mana saja yang memakan data dengan cara membuka Settings pada smartphone kalian lalu pilih Data Usage. Kemudian scroll ke bawah, akan muncul aplikasi dan kuota yang dibutuhkan setiap aplikasinya. Setelah mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot data, kalian bisa mempertimbangkan untuk menguninstall aplikasi tersebut.

3. Atur Maps Mode Offline

Foto: 9to5google

Aplikasi Maps ternyata cukup menguras kuota dengan cepat apalagi jika kalian menggunakan fitur seperti melihat trafik secara real time, map dengan mode satellite, built-in navigation, turn-by-turn directions, dan masih banyak lainnya. Untuk mengatasinya kalian bisa mengubah pengaturan Maps dari mode online menjadi mode offline.

4. Gunakan Browser yang Hemat

Foto: techno.okezone.com

Browser juga bisa menguras kuota internet, apalagi jika menggunakan browser default bawaan dari smartphone. Kamu bisa beralih menggunakan browser lain yang lebih hemat, seperti Opera Mini, Google Chrome, dan lainnya. Cek setting, lalu atur penggunaan bandwith dengan cara mematikan data saving.

5. Matikan Pilihan Sinkronisasi yang Tidak diperlukan

Foto: devices.vodafone.com.au

Biasanya ada banyak aplikasi yang melakukan sinkronisasi secara otomatis, sehingga kuota internet tersedot dengan cepat. Kalian boleh mematikan fitur tersebut pada beberapa aplikasi yang memang jarang dipakai ataupun memilih sinkronisasi saat tersambung dengan Wi-Fi saja.

Nah itulah yang harus Anda lakukan jika ingin cara hemat kuota internet. Selain itu adapun cara mengatur bandwith kuota di Android yang juga perlu Anda ketahui untuk cara hemat kuota internet Anda lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!