Cara Jualan di Tokopedia Agar Dagangan Cepat Laku

Cara Jualan di Tokopedia Agar Dagangan Cepat Laku – Semakin tumbuh kembangnya bisnis marketplace di Tanah Air membuat peluang usaha yang bisa dirintis masyarakat jadi tambah luas. Salah satunya, dengan cara jualan di Tokopedia yang dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi tren di kalangan pedagang.

Dalam sebuah riset yang dilakukan lembaga asal Inggris, Merchant Online, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia pada tahun 2018, yakni mencapai 78 persen.

NegaraTingkat pertumbuhan dalam %
Indonesia78
Meksiko59
Filipina51
Kolombia45
Uni Emirat Arab33
Vietnam32
Arab Saudi32
Israel31
India27
China27

Dari tabel tersebut, bisa dilihat bahwa negara di kawasan Asia terutama mengalami pertumbuhan yang begitu signifikan. Indonesia mencatatkan nilai perdagangan antara B2C sebesar US$7,6 miliar atau setara Rp106 triliun.

Sementara itu, untuk rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh seseorang untuk berbelanja online mencapai US$228 atau setara Rp3,1 juta per tahunnya apalagi ditengah pandemi covid-19.

Tokopedia maupun marketplace lainnya tentu punya kontribusi. Tokopedia misalnya, menjadi salah satu website belanja online salah satu paling banyak dikunjungi warga Indonesia bersamaan dengan Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli.com.

Melihat fakta tersebut, kayaknya sudah seharusnya Anda mulai membuka lapak dagangan di website tersebut. Untuk yang sudah melakukannya, tapi dagangan masih belum laku, jangan khawatir karena kita juga akan mencoba mengupasnya secara lengkap di artikel ini mengutip dari Lifepal.Com.

Nah, daripada semakin penasaran, lebih baik kita simak saja tips, kelebihan dan cara jualan di Tokopedia.

Cara membuat akun Tokopedia

Tokopedia
Kini Masyarakat dengan Mudah Beli Voucher Game dengan Pulsa di Tokopedia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, membuat akun Tokopedia. Hal ini memiliki dua kegunaan sekaligus, yaitu menjadikan Anda sebagai pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1.  Buka website Tokopedia atau download aplikasinya di Playstore ataupun Appstore.
  2.  Klik “Daftar”.
  3. Tokopedia memberikan opsi daftar melalui akun Facebook, Google Mail ataupun nomor handphone. Pilih salah satu.
  4.  Isi identitas diri secara lengkap.
  5.  Aktivasi akun Anda lewat email atau kode OTP ke HP.
  6.  Akun Tokopedia Anda komplit dan siap digunakn.

Setelah selesai, Anda dapat memakai beragam fitur yang diberikan oleh Tokopedia, entah itu untuk penjual maupun pembeli.

Cara jualan di Tokopedia dari HP

Tokopedia
Tokopedia

Untuk memulai membuka usaha di Tokopedia, anda tidak perlu repot-repot menyiapkan berkas yang tebal sebagai syarat pendaftaran.

Cukup dengan membuka website Tokopedia dan melakukan login ke akun pribadi Anda, bisa juga dengan men-download aplikasi Tokopedia di App Store maupun Play Store secara gratis dan ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Klik “buka toko gratis”

Masuk atau buat akun Tokopedia dulu sebelum Anda mulai membuka toko. Ini merupakan syarat utama untuk mengetahui identitas Anda sebagai penjual.

2. Tentukan nama & link tokomu

Pastikan nama dan link toko masih belum dipakai orang lain. Bisa menggunakan nama toko asli Anda atau mencari nama baru yang lebih menarik.

3. Lengkapi informasi toko

Isi slogan dan deskripsi toko, lalu upload logo terbaik sebagai identitas toko Anda.

4. Isi informasi pengiriman

Masukkan alamat toko Anda, dan tandai lokasinya di peta agar pembeli bisa mengetahui berapa estimasi biaya pengiriman

5. Pilih layanan kurir terdekat

Selanjutnya, Anda juga perlu menambahkan dukungan kurir yang bisa dipilih oleh pelanggan. Semakin banyak pilihannya, sudah pasti membuat pelanggan semakin merasa nyaman berbelanja di toko Anda.

6. Upload katalog produk yang Akan dijual

Hal terakhir yang harus Anda lakukan setelah itu adalah mengisi katalog penjualan dengan produk-produk yang siap dikirim ke pelanggan. Jangan lupa untuk menentukan harga, mengisi deskripsi, serta informasi lainnya yang penting disampaikan.

Selesai deh, toko Anda sudah berhasil dibuka dan tinggal tunggu pembeli memesan dan membeli barang dagangan Anda.

Apa yang harus dilakukan ketika ada pesanan?

1. Cek Notifikasi

Setiap  ada pesanan yang datang ke toko kamu biasanya terdapat notifikasi berwarna merah di bagian pojok kanan atas. Setelah melihat tanda tersebut kamu bisa melihat produk apa yang udah laku terjual.

2. Lihat ketersediaan stok

Setelah mengetahui ada penjual  yang tertarik membeli barang dagangan, Anda haru mengecek ketersediaan barang masih ada atau sudah habis.

3. Proses pesanan

Setelah itu Anda bisa mengklik “Terima Pesanan” untuk melanjutkan orderan ke tahap proses pesanan. Sebaliknya, jika ternyata stoknya habis Anda bisa memilih untuk menolak pesanan dengan jawaban yang halus dan sopan.

4. Packing produk dengan rapi

Agar barang yang dikirim gak rusak selama di perjalanan, Anda wajib membungkusnya dengan rapi dan aman.

5. Kirim barang

Habis barang dagangan di-packing secara rapi, Anda bisa mengirimnya melalui kurir ekspedisi bila jauh atau ojek online jika dekat tergantung keinginan pembeli.

6. Input nomor resi

Langkah keenam, Anda harus memasukkan nomor resi pengiriman supaya pembeli bisa melacak keberadaan pesanannya dan tidak was-was barangnya tidak dikirim.

7. Tunggu barang sampai tujuan

Terakhir Anda hanya perlu menunggu pesanan tersebut sampai ke pembeli dan menunggu saldo dana diteruskan ke akun Tokopedia.

Mekanisme retur penjualan

Kadang kala produk yang Anda jual gak sesuai dengan keinginan pembeli atau terdapat kesalahan dalam pengiriman. Solusinya adalah melakukan retur penjualan, begini cara melakukannya:

1. Diskusi dengan penjual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kalau dalam proses penjualan, Anda adalah pihak yang melakukan kesalahan. Sebab kalau kesalahan dilakukan oleh pembeli, Anda berhak menolak.

Pihak Tokopedia biasanya juga ikut membantu dalam proses diskusi ini dan akan menerbitkan keputusan dalam jangka waktu tertentu.

2. Meminta pembeli untuk mengirim barang

Apabila kesalahan emang ada di Anda dan pihak Tokopedia sudah memutuskan, maka pembeli akan mengirimkan barang yang dijual ke alamat toko Anda.

3. Kirim produk baru atau refund

Setelah produk retur penjualan sampai ke toko Anda dan mengecek permasalahannya. Tindakan selanjutnya adalah mengirimkan produk yang baru ke pembeli.

Misalkan pembeli lebih memilih untuk melakukan refund, maka dana yang ada di Tokopedia akan dikembalikan kepada pembeli.

Bagaimana cara tarik saldo Tokopedia?

  1. Buka bagian home halaman Tokopedia
  2. Pilih menu akun pribadi kamu
  3. Klik menu “Tarik Dana”
  4. Isi data penarikan dana seperti nominal uang, nomor rekening tujuan, nama pemilik dan nama bank
  5. Kirim kode OTP ke HP
  6. Masukan kode OTP dan password
  7. Klik konfirmasi penarikan dana
  8. Tunggu proses penarikan dana sekitar 1×24 jam.

Cara melihat daftar transaksi penjualan Tokopedia

Untuk melakukan rekap transaksi dalam periode tertentu, Anda bisa melihat daftar transaksi penjualan yang udah dibukukan oleh toko Anda. Berikut ini adalah caranya:

  1.     Klik bagian penjualan di bagian notifikasi atau menu akun
  2.     Klik bagian daftar transaksi
  3.     Pilih transaksi yang kamu pengin ketahui informasinya
  4.     Pilih “Unduh” untuk menyimpan Invoice ke dalam device.

Cara jualan di Tokopedia tanpa modal

seseorang sedang promo online jualan baju miliknya
Jual baju via online

Bisa jualan tanpa modal lho! (Shutterstock)

Gak cuma mudah membuka toko dari HP atau komputer, Anda juga bisa merasakan manfaat lainnya yakni membuka toko tanpa modal. Yap, betul banget, kalau usaha konvensional membutuhkan lapak untuk berjualan.

Sudah gak bingung mencari tempat yang strategis agar banyak pelanggan, Anda juga gak perlu mengeluarkan biaya yang terbilang mahal guna mengontrak lapak. Uangnya bisa Anda pakai buat keperluan lain seperti modal atau membayar pegawai.

Dengan jualan di Tokopedia, Anda juga bisa menjadi seorang dropshipper di mana gak perlu menyetok barang di rumah sehingga modalnya benar-benar nol rupiah.

Beberapa produk yang umum dijual dengan cara dropshipper adalah kaos, jaket, celana atau barang lainnya yang masuk dalam kategori fashion. Menarik bukan?

Cara jualan di Tokopedia agar cepat laku

Terdapat ribuan hingga jutaan pedagang yang hari ini jualan di Tokopedia. Hal tersebut membuat Anda perlu mempersiapkan strategi cara jualan di Tokopedia agar tetap laku setiap harinya.

Penasaran bukan? Yuk, kita lihat daftar lengkapnya:

1. Perhatikan kualitas layanan dan produk yang dijual

Hal pertama yang bisa lakukan agar dagangan laku adalah dengan memperhatikan layanan kepada konsumen, entah itu membalas pertanyaan yang diajukan, proses pengiriman hingga  layanan purna jual.

Selain layanan yang  baik, produk yang Anda jual juga harus mempunyai kualitas yang baik supaya pelanggan datang membeli untuk kedua kali, ketiga kali dan seterusnya.

2. Kumpulkan popularitas toko dan produk sebanyak-banyaknya

Dalam sistem Tokopedia terdapat penilaian terhadap toko dan produk yang Anda jual sampai ke tangan pembeli. Skornya berupa bintang dengan skala 1 hingga 5 serta tingkat kepuasan dari negatif, netral, hingga positif kepada toko.

Alangkah baiknya Anda berikan kualitas dan layanan terbaik kepada pelanggan supaya mendapatkan skor maksimal.  Sebab konsumen lain yang datang ke toko Anda pastinya akan mempertimbangkan hal tersebut.

3. Gunakan fitur power merchant atau official store

Selanjutnya Anda juga bisa memanfaatkan fitur power merchant dan official store dari Tokopedia guna meyakinkan pelanggan bahwa toko Anda memberikan pelayanan dan kualitas produk terbaik dibandingkan toko yang belum menggunakan fitur tersebut.

Selain itu power merchant dan official store memiliki keunggulan di mana pembeli bisa mendapatkan ekstra cashback dari promo yang diadakan oleh Tokopedia.

4. Berikan promo tertentu yang menarik

Tips cara jualan di Tokopedia terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan promo cashback tersendiri di luar yang diadakan oleh Tokopedia.

Salah satu alasannya karena kupon cashback yang diadakan Tokopedia gak selalu ada setiap hari dan nominalnya berbeda satu promo dengan yang lain.

Dengan Anda memberikan promo dari toko pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri kepada customer kenapa harus berbelanja di toko Anda.

Kelebihan jualan di Tokopedia dibandingkan E-Commerce lain

Alasan utama kenapa Anda harus berjualan di Tokopedia adalah jumlah pengunjung marketplace ini yang menjadi salah satu yang terbanyak di Tanah Air. Sedikitnya ada sekitar 150 juta pelanggan yang datang ke website Tokped setiap bulannya.

Jadi, bisa dibayangkan betapa besar potensi yang diberikan oleh Tokopedia. Tapi alangkah baiknya Anda juga membuka toko di e-commerce lainnya agar semakin banyak orang yang melihat produk yang Anda miliki.

Prinsipnya, semakin banyak saluran penjualan Anda, tentunya semakin besar pula peluang uang yang bakal Anda dapat.

Nah, itulah tips, kelebihan dan cara jualan di Tokopedia agar dagangan Anda bisa laku. Semoga ke depannya bisnismu makin sukses ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!