Cara Melacak GPS pada Sebuah Ponsel yang Hilang

Cara Melacak GPS pada Sebuah Ponsel yang Hilang

DuniaTeknologi.Info – Kehilangan ponsel adalah hal yang membuat perasaan khawatir dan gelisah. Apalagi jika Anda telah menyimpan banyak kontak maupun data penting di ponsel Anda. Jika insiden kehilangan ini menimpa Anda, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah sesegera mungkin melacaknya. Ada banyak cara atau solusi untuk melacak ponsel yang hilang, salah satunya dengan cara melacak GPS pada sebuah ponsel yang telah hilang.

GPS atau global positioning system adalah salah satu sistem navigasi yang bebasis satelit dan dikembangkan pertama kali oleh departemen pertahanan Amerika. Dalam proses kinerja atau beroperasinya sistem ini didukung oleh 27 jaringan satelit dengan jarak 20.200 kilometer dan inklasi 55 derajat dengan waktu periode selama 12 jam. Umumnya GPS telah disematkan pada semua jenis perangkat smartphone baik yang menggunakan sintem operasi Android maupun iOS.

Nah setelah pada beberapa waktu lalu duniateknologi menerbitkan bagaimana mencari hp android menggunakan aplikasi dengan artikel 5 Aplikasi Pelacak HP Android Yang Hilang. Kali ini melalui GPS mencoba melacak pada sebuah ponsel yang hilang dengan mudah.

Cara Melacak GPS Pada Sebuah Ponsel yang Hilang Dengan Mudah

Cara melacak ponsel Anda yang hilang menggunakan aplikasi GPS ini juga tebilang mudah. Pertama Anda harus mengaktifkan GPS Anda terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke menu pengaturan lalu aktifkan mode lokasi dengan memilih mode aktif pada pilihan akurasi tinggi supaya hasil pelacakan dapat lebih akurat. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukan akun google mail Anda secara rinci dan mengikuti beberapa langkah berikutnya. Lalu ponsel Anda akan ditampilkan di Google Maps berada di area mana lokasi terakhirnya.

Selain itu, jika Anda menggunakan prangkat Android, Anda bisa melacak ponsel Anda yang hilang melalui GPS dengan menggunakan fitur Android Device Manager. Sebenarnya fitur ini adalah sebuah aplikasi yang sudah tersedia pada setiap perangkat Android, hanya saja beberapa orang mungkin belum mengetahuinya. Aplikasi ini akan memungkinkan penggunanya melacak lokasi smartphone, menguncinya, maupun menghapus data pada ponsel yang hilang dengan mudah. Cara mengaktifkannya seperti berikut ini.

  • Anda harus masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu.
  • Kemudian, masuk ke sub menu Google dan pilih Security sampai layar menampilkan pilihan Android Device Manager.
  • Izinkan perangkat untuk mengunci maupun menghapus data dengan mengaktifkan pilihan Allow Remote Lock And Erase.
  • Anda juga harus mengaktifkan fitur Location pada sub menu Google.

Jika aplikasi Android Device Manager sudah diaktifkan pada ponsel yang hilang, maka Anda dapat melacaknya dengan mudah. Cukup dengan mengakses situs Android Device Manager menggunakan perangkat PC, laptop maupun ponsel lain. Kemudian, Anda harus log in menggunakan akun Google yang terkoneksi dengan ponsel Anda yang hilang. Lalu saat proses log in sudah berhasil klik icon GPS yang ada di halaman layar.

Selanjutnya, Anda dapat mulai melakukan pencarian menggunakan aplikasi Android Device Manager ini. Jika ponsel Anda yang hilang dalam keadaan online, maka keberadaannya akan lebih mudah terdeteksi dan ditampilkan pada peta pencarian perangkat yang Anda gunakan. Setelah itu, tampilan pada halaman google ini akan menunjukan mengenai kapan waktu serta tanggal terakhir ponsel tersebut digunakan dan dimana lokasi terakhirnya.

Melalui aplikasi Android Device Manager, Anda juga dapat melakukan tindakan seperti membunyikan ponsel selama satu menit jika ponsel Anda hanya hilang karena terselip, mengunci perangkat sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya, dan menghapus semua data yang ada didalam ponsel yang hilang.

Itulah beberapa cara melacak GPS pada sebuah ponsel yang hilang. Dengan mengikuti langkah di atas secara benar, maka Anda dapat menemukan dengan mudah ketika mengalami kehilangan ponsel karena terselip, lupa menaruh maupun kemungkinan paling parah yaitu dicuri. Cara ini juga sudah terbukti akurat karena sudah dipraktekan oleh banyak orang.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!