Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya

Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya

Anda bingung cara membuat Google Form bagaimana? Penggunaan program yang satu ini meningkat pesat akhir-akhir ini karena orang-orang mulai kenal dengan fungsi dan esensi dari Google Form.

Bagi pelajar, mahasiswa, hingga karyawan, membuat sebuah formulir menjadi sebuah tugas sehari-hari yang harus diselesaikan. Tujuannya antara lain untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan.

Zaman dulu, membuat formulir dilakukan secara manual. Membuat drafnya di komputer, dicetak, lantas keliling untuk menemukan responden yang berkenan untuk dimintai jawabannya.

Kini, tentu metode seperti itu sudah ketinggalan jaman, terlebih lagi dengan kehadiran Google Form. Bagi Anda yang bingung cara membuat Google Form, Dunia Teknologi bakal kasih tahu panduannya di bawah ini!

Cara Membuat Google Form, Formulir Online Google dengan Mudah

Cara membuat Google Form juga sangatlah mudah dan sederhana. Begitu juga cara melihat hasil google form dan cara mencetaknya.Yang Anda butuhkan hanya laptop atau komputer dan pastinya sambungan internet yang kencang dan berkualitas.

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan cara bikin Google Form seperti apa, jangan kuatir! kami akan membantu Anda mengatasinya.

Cuma dengan sedikit langkah saja, formulir yang Anda perlukan akan siap untuk disebarkan untuk mencari data-data yang dibutuhkan untuk bermacam keperluan.

Sebelum kita tau cara melihat hasil google form dan cara mencetaknya tentunya beralih ke cara membuat Google Form, kami akan kasih tahu kalian dulu beberapa hal mengenai Google Form dan kegunaannya. Jadi ke depannya Anda dapat memanfaatkan layanan ini dengan maksimal.

Apa itu Google Form, dan Bagaimana Cara Membuatnya

Google Form 303da

Google banyak sekali membantu kita dengan produk-produknya yang bisa diakses secara gratis. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Google Form.

Sesuai namanya ‘Google Form’ ini menawarkan layanan pembuatan formulir online. Anda dapat memakai layanan ini secara gratis jika Anda sudah punya akun Gmail.

Berbagai macam jenis formulis bisa Anda buat dengan program gratisan ini asalkan sudah familiar dengan cara bikin Google Form seperti apa.

Penggunaannya juga sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Google Drive dan juga Google Docs. Jadi nantinya Anda dapat membuka Google Form dimana saja dari HP Anda melalui aplikasi Google Drive.

Fungsi Praktis yang Bisa Diterapkan Setelah Buat Google Form

Awal 2 74656

Anda dapat memanfaatkan layanan formulir online dari Google Form ini untuk berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, penelitian, survei, atau menyebarkan formulir pendaftaran, dll.

Layanan ini tentunya membuat kita tidak perlu mencetak banyak kertas. Jadi ramah lingkungan juga kan? Berikut beberapa contoh kegunaan Google Form :

  • Membuat formulir untuk pendataan warga.
  • Membuat formulir untuk mengumpulkan data penelitian skripsi.
  • Membuat kuis atau ulangan online.
  • Melakukan survey performa karyawan.
  • Formulir registrasi atau pendaftaran online, dsb.

Dengan Google Form kita juga tidak perlu khawatir data terselip atau hilang. Karena semua datanya tersimpan di server milik Google. Jadi layanan ini benar-benar aman, nyaman, praktis, dan pastinya GRATIS!

Maka dari itu, wajib banget nih untuk tahu gimana cara bikin Google Form yang baik dan benar. Yuk, simak caranya di bagian bawah ini.

Cara Membuat Google Form

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat Google Form, enggak perlu merasa khawatir. Jaka bakal kasih kamu step by step-nya ke kamu secara padat dan singkat, cukup 5 menit!

1. Buat Akun Google Untuk Memulai Langkah Cara Membuat Google Form

Jaka sebenarnya yakin sih kalau kalian pasti punya akun Google, apalagi yang handphonenya Android. Jika belum pun mudah kok, kamu tinggal buat akun Google seperti biasa.

2. Buka Situs Google Form

Selanjutnya, Anda bisa langsung menuju link (https://docs.google.com/forms/u/0/). Di situs tersebut, Anda bakal bisa langsung memilih template formulir yang ingin digunakan sesuai kebutuhan.

01 15b91

Jika ingin membuat formulir dari Google Drive, Anda bisa menekan menu ikon tanda plus yang terletak di bagian kiri atas, dan secara otomatis jendela pengaturan formulir akan terbuka.

02 7b00b

Semisal Anda membutuhkan data surveimu untuk spreadsheet-mu di Google Sheet, Anda bisa membuatnya dengan klik Insert lalu pilih Form.

03 16d56
3. Membuat Google Form dan Mengeditnya

Google Form mempunyai banyak variasi pilihan pertanyaan yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis data yang dibutuhkan.

4 Custom Fc1bd

Jenis-jenis pertanyaan yang bisa Anda berikan kepada respondenmu antara lain: Jawaban Singkat, Pilihan Ganda, Paragraf, hingga Kotak Centang. Tentu istilahnya akan berubah menjadi bahasa Inggris sesuai dengan pengaturan Google-mu.

Anda juga bisa membuat respondenmu mengunggah file seperti foto maupun dokumen. Tentu fitur-fitur umum seperti menambahkan gambar dan video bisa Anda lakukan juga.

5 Custom 2ae8e

Jika telah selesai menyusun pertanyaan, Anda hanya perlu menekan tombol Kirim yang terletak di sudut atas. Lalu, bagikanlah link Google Form-mu kepada para responden.

6 Custom 8c06b

Jangan lupa centang Perpendek URL agar Anda mendapatkan link yang lebih singkat.

4. Melihat Tanggapan Responden

Seusai membagikan Google Form-mu, tentu Anda hendak melihat hasil survei yang telah dilakukan. Kami bisa melihatnya di bagian Tanggapan yang ada di sebalah bagian Pertanyaan.

7 Custom D5bd9

Kamu bisa melihat versi spreadsheet-nya dengan melakukan klik pada ikon berwarna merah yang terletak di sebelah pojok kanan atas.

Akhir Kata

Itulah tadi cara membuat Google Form paling mudah dan cepat. Apabila Anda mempunyai waktu lebih dari 5 menit, tentu Anda bisa mempercantik tampilan formulirmu.

Anda bisa menentukan gambar maupun tema yang cocok untuk formulirmu untuk membuat responden formulir Anda lebih bersemangat ketika mengisi formulir yang dibagikan.

Semoga informasi yang kami bagikan tentang cara melihat hasil google form dan cara mencetaknya kali ini berguna untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!