Panduan Cara Melihat SSD di Laptop Anda Dengan Mudah

Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Flutter

Anda baru beli laptop dan penasaran apakah menggunakan SSD atau HDD sebagai media penyimpanannya? Anda mempelajari bagaimana cara melihat SSD di laptop Anda dengan mudah dalam artikel ini. PC (personal Computer) atau laptop memerlukan storage untuk melakukan booting, menyimpan aneka software serta menyimpan data dan informasi.

Selama ini orang-orang mengenal penyimpanan hanya berupa floppy disk dan disk drive atau hardisk selama puluhan tahun. Nasib floppy disk telah tamat sejak 10 tahun yang lalu.

Namun, kini telah hadir media penyimpanan yang lebih canggih, cepat dan efesien untuk menunjang pekerjaan Anda di kantor. Namanya SSD. Apakah SSD bisa dipasang di laptop? SSD bisa di pasang di laptop dan PC, asal sudah support NTFS.

Penasaran bagaimana cara melihat penyimpanan di laptop? Anda akan belajar melihat penyimpanan di laptop dalam artikel ini secara mendalam.

Mungkin Anda Penasaran Apa itu SSD? 

SSD merupakan media penyimpanan canggih tanpa menggunakan piringan magnetis. Sehingga lebih aman untuk data dan informasi yang ada disimpan dalam jangka panjang. Banyak orang yang merasa penasaran dengan SSD, bagaimana bentuknya, seperti apa modelnya, di mana letak penyimpanannya? 

Dalam artikel ini  penulis akan menyajikan informasi tentang bagaimana cara melihat SSD di laptop Anda dengan mudah. 

Cara Cek SSD Laptop

Anda bisa melakukan pengecekan SSD di laptop Anda dengan beberapa cara. Berikut panduan cara cek SSD di laptop Anda dengan mudah:

Cek SSD Laptop Lewat Disk Management

Anda bisa memanfaatkan Disk Management untuk mengetahui SSD di laptop Anda.

Pertama, silakan membuka Disk Management.  Ketikan di pencarian Start Menu “diskmgmt.msc”

Di dalam Disk Management Anda akan melihat beberapa disk internal dan eksternal yang langsung tersambung ke laptop Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah disk drive yang digunakan SSD atau harddisk biasa, maka Anda bisa melakukan klik kanan pada drive. Lalu klik “Properties.

Pada jendela “Properties akan muncul nama drive yang digunakan oleh laptop Anda. Apakah menggunakan SSD atau menggunakan hardisk.

Cek SSD Lewat Defragment and Optimize Drive

Anda juga bisa melakukan pengecekan SSD lewat Defragment and Optimize Drive.  Caranya cukup mudah. Silakan mengikuti panduan berikut ini:

  1. Pastikan laptop Anda sudah hidup
  2. Tulis pada kolom pencarian “defragment”.  Lalu tekan Enter
  3. Apabila laptop Anda menggunakan SSD, maka akan segera muncul nama SSD atau Solid State Drive pada laptop Anda.
  4. Sebaliknya, bila laptop Anda menggunakan HDD hardisk, maka akan muncul keterangan hardisk.

Cara cek tipe SSD laptop

Terkadang Anda merasa penasaran SSD di laptop Anda tipenya apa ya.  SSD adakalanya SATA adakalanya NVMe. Yuk, cek SSD di laptop Anda dengan mudah. Berikut caranya:

  1. Buka laptop Anda
  2. Klik Start Menu
  3. Pilih Disk Management
  4. Lakukan klik kanan pada SSD laptop Anda
  5. Pilih “Properties
  6. Tekan tab “Detail
  7. Pada menu dropdown pilih “hardware ids”

Apabila laptop Anda menggunakan SSD jenis NVMe,  maka akan terlihat NVMme  pada bagian value di sebelah bawah

Sebaliknya, bila laptop Anda menggunakan SSD jenis SATA, maka Anda akan melihat SATA pada bagian value bagian bawah.

Melihat jenis SSD dari menu pengaturan

Anda juga bisa melihat jenis SSD pada laptop Anda dari menu pengaturan dengan mudah. Berikut caranya:

  1. Buka setting pada laptop Anda
  2. Klik bagian System
  3. Buka bagian Storage
  4. Klik link “Manage Disks and Volumes” pada halaman sebelah kanan menu pengaturan
  5. Klik SSD di laptop Anda
  6. Tekan properties

Jika laptop Anda menggunakan SSD jenis NVMe,  maka Anda akan melihat tulisan NVMe pada bagian “Bus Type”

Sebaliknya, bila laptop Anda menggunakan SSD jenis SATA, Anda bisa melihat tulisan “SATA” pada bagian “Bus Type”

SSD vs HDD Mana yang Lebih Baik?

Sebagai orang yang melakukan aktivitas bekerja menggunakan laptop, tentu Anda penasaran bagus HDD atau SSD? Tentu ini bukan sesuatu yang aneh.

Sebab kecepatan laptop Anda akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas Anda. Nggak mau, kan pekerjaan Anda lelet dan terlambat gara-gara Anda salah memilih media penyimpanan pada laptop Anda.

Hardisk adalah penyimpanan generasi lama yang sudah mulai usang dan banyak ditinggalkan orang. Kini telah hadir penyimpanan canggih terbaru bernama SSD.  Keduanya sebenarnya tidak bisa dibandingkan begitu saja.

Mengapa?

Karena keduanya memiliki usia, model, bentuk, karakteristik, bahan yang berbeda-beda.  Maka Anda perlu bijak menggunakannya. 

Apakah Anda akan menggunakan SSD atau tetap memanfaatkan hardisk untuk menemani aktivitas Anda bekerja dan berkarya? Pilihan tetap ada di tangan Anda.

Kesimpulan

Teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan kecerdasan manusia. Penemuan teknologi untuk memudahkan urusan, meningkatkan produktivitas dan efesiensi pekerjaan.

Salah satu penemuan mutakhir dalam bidang komputerisasi adalah SSD. Bagi Anda yang gaptek di dunia komputer, tentu Anda penaran apa itu SSD?

Mengetahui bagaimana cara melihat SSD di laptop  akan memudahkan Anda untuk mengganti SSD atau mengupgrade-nya  ke versi yang lebih baru. Sehingga Anda bisa menghemat budget (dana) karena Anda bisa menggantinya sendiri tanpa perlu datang ke ke tukang servis laptop. Tetapi jika Anda merasa ragu, Anda bisa datang ke service center laptop terdekat.

Recommended For You

About the Author: Abidaril Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!