Cara Memasang Aplikasi Navigasi di Android Dengan Benar

Cara Memasang Aplikasi Navigasi di Android dengan Benar

DuniaTeknologi.Info – Untuk mendapatkan aplikasi navigasi, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Maps akan memberikan petunjuk arah dan menampilkannya secara rinci dengan menggunakan informasi keadaan lalu lintas sesuai dengan kondisi sebenarnya untuk menemukan rute terbaik menuju tempat tujuan. Cara memasang aplikasi navigasi di Android juga terbilang mudah, Anda hanya perlu mempelajari beberapa cara dibawah ini.

Nantinya, dengan menggunakan navigasi suara, Anda akan dapat mendengar notifikasi. Mulai kapan saat yang tepat harus berbelok, lajur mana yang baik untuk digunakan, hingga informasi ketika ada rute yang lebih baik yang bisa Anda lalui. Hanya saja, navigasi dan info tentang lajur mana yang lebih baik untuk digunakan, saat ini belum tersedia di semua daerah atau wilayah dan bahasa.

Lalu bagaimana cara memasang aplikasi navigasi di Android? Simak ulasan berikut ini.

Memasang apalikasi navigasi di Android melalui aplikasi Google Maps

Bukalah aplikasi Google Maps di Android atau smartphone Anda. Biasanya aplikasi ini sudah secara otomatis ada di setiap perangkat Android. Akan tetapi jika Anda belum memilikinya, maka bisa mengunduh melalui aplikasi Google Play Store secara gratis. Setelah itu, Anda tinggal menginstalnya dan bisa mulai memakaianya. Mulailah mengaktifkan maupun menghentikan navigasi, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Telusuri tempat atau tap tempat yang ingin Anda tuju pada peta.
  2. Di sebelah kanan bawah, pililah opsi petunjuk arah. Tekan dan tahan tombol supaya Anda bisa memulai navigasi.
  3. Setelah itu, akan muncul pilihan opsional yang berfungsi untuk menambahkan tujuan lainnya, Anda bisa menambahkan hingga 9 perhentian di bagian opsi tambahkan perhentian.
  4. Anda dapat memilih salah satu opsi seperti mengemudi, transportasi umum, jalan kaki, transportasi online dan bersepeda. Jika ada rute lain yang tersedia, maka rute tersebut akan ditampilkan dengan sebuah garis berwarna abu-abu, dan jika Anda ingin menuju ke tempat tujuan menggunakan rute alternatif tersebut, maka tap atau klik pada garis abu-abu.
  5. Untuk memulai navigasi, Anda hanya perlu menekan ikon anak panah. Jika Android memunculkan kalimat mencari gps, maka itu berarti smartphone Anda sedang dalam mode mencari jaringan. Kejadian seperti ini biasanya hanya akan terjadi saat Anda berada didekat lokasi yang susah untuk menangkap satelit gps, seperti garasi parkir, dan terowongan. Dan apabila Anda ingin membatalkan atau mengentikan navigasi, Anda hanya perlu menekan tombol silang pada layar Android Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan tindakan lainnya saat menggunakan aplikasi navigasi, dan untuk melihat tindakan lainnya ini Anda hanya harus menekan tanda panah atas yang berada di kanan bawah layar Android Anda. Tindakan lainnya ini dapat berfungsi antara lain:

  • Menelusuri apabila ada tempat atau lokasi yang sudah terdaftar di Google Maps seperti restoran, musala, dan spbu. Tidakan ini untuk memudahkan Anda apabila sedang dalam perjalanan dan mencari beberapa tempat seperti lokasi tersebut.
  • Anda juga dapat melihat peta satelit yang akan di tampilkan secara lebih detail menggunakan gambar satelit.
  • Selain itu, anda juga bisa mendapatkan daftar petunjuk arah jika Anda memang benar-benar tidak mengetahui lokasi tujuan Anda.

Itulah cara memasang aplikasi navigasi di Android dan beberapa panduan untuk memulai dan menghentikan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga bisa mengubah beberapa setelan menjadi sesuai yang diinginkan.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!