Begini Cara Mematikan GPS Pada Perangkat Android

cara mematikan GPS pada perangkat android

DuniaTeknologi.Info – GPS atau Global Positioning System adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk menentukan letak lokasi di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan jaringan satelit. Sistem ini memiliki 24 satelit yang digunakan secara bersamaan agar dapat mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Namun selalu mengaktifkan fitur atau sitem ini juga tidak akan berakibat bagus. Berikut akan kita bahas bagaimana cara mematikan GPS pada perangkat android dengan benar.

Selain untuk menghemat daya hidup baterai pada smartphone, mematikan perangkat GPS secara berkala juga perlu Anda lakukan sebangkai langkah kemanan Anda sendiri. Karea Anda bisa saja melalui Sebuah perangkat Android memiliki fitur yang dapat digunakan untuk melacak lokasi perangkat lain apabila perangkat yang sedang dicari tersebut dengan sengaja atau tidak telah menyalakan fitur GPS. Cara melacak GPS pada sebuah ponsel yang hilang maupun perangkat tersebut juga telah dilengkapi dengan mode akurasi tinggi. Karena itu, jika Anda tidak ingin dilacak orang lain, maka harus mematikan fitur GPS pada perangkat Android Anda.

Cara Mematikan GPS Di Android Melalui Tombol Navigasi

Cara pertama sekaligus cara paling mudah untuk mematikan GPS di Android Anda adalah dengan melaui tombol navigasi. Langkah pertama adalah dengan menggeser kebawah dari atas layar smartphone Anda. Kemudian, layar smartphone Anda akan menampilkan daftar kotak atau daftar preferensi seperti wifi, rotasi dan pintasan mengubah kecerahan layar. Dari sini, Anda bisa memilih ikon GPS yang disertai tulisan GPS dibawahnya dan kemudian ketuklah ikon GPS tersebut. Dengan begitu Anda sudah berhasil mematikan semua layanan GPS di perangkat Anda.

Mematikan GPS Menggunakan Aplikasi Kustomisasi Pilihan GPS

Langkah pertama, klik pada pilihan ikon Apps Drawer atau biasa dikenal dengan menu semua aplikasi pada perangkat Android. Ikon ini biasanya berbentuk kotak dengan titik persegi dan biasanya berada dibagian bawah layar. Setelah itu, klik pada pilihan setting atau pengaturan. Tampilan ikon setting ini biasanya berbeda-beda pada setiap Android. Namun meski demikian, nama ikon ini tetap sama yaitu settings. Selanjutnya, Anda perlu menggilir layar Anda kebawah dan  memilih opsi Location Acess, biasanya pilihan ini berada dibawah pilihan personal harder.

  • Anda juga bisa memilih mode sesuai keinginan Anda, akan terdapat tiga mode yaitu;
  1. Mode high accuracy. Mode ini berfungsi untuk menggunakan GPS supaya menentukan di mana lokasi Anda. Akan tetapi, jika menggunakan mode ini Anda diharuskan menyalakan wifi terlebih dahulu.
  2. Baterry saving. Mode ini menggunakan fitur pelacakan GPS yang paling menguras daya baterai.
  3. Device only. Mode ini berfungsi untuk menentukan lokasi tujuan Anda, ketika digunakan saat perjalanan panjang untuk mencari lokasi mode ini merupakan pilhan terbaik.

Di bagian layar biasanya akan ada ikon bernama Google Location History. Aplikasi ini dapat menyimpan informasi tentang tempat yang pernah Anda kunjungi, dan dapat membuat prediksi mengenai rute yang pernah Anda lewati.

Anda harus memastikan aplikasi customisasi ini di matikan jika tidak ingin GPS Anda dapat dilacak menggunakan perangkat lain. Bahkan, terkadang mematikan melalui tombol navigasi saja tidak cukup, langkah tambahan selanjutnya adalah dengan cara mematikan smartphone Anda dan mencabut baterainya apabila diperlukan. Akan tetapi sebelum itu usahakan untuk menghapis all history pada bagaian google location history untuk mengantisipasi apabila Anda lupa mematikan smartphone Anda.

Itulah beberapa cara mematikan GPS pada Android Anda, selain berfungsi untuk menghemat daya baterai, mematikan fitur GPS juga sebagai langkah mengantisipasi keamanan dan privasi Anda.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!