Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Bagaimana mematikan laptop dengan keyboard. Ini diperlukan jika touchpad sedang bermasalah dan Anda tidak memiliki mouse saat kejadian itu berlangsung?Karena biasanya komputer dan laptop dengan operasi sistem Windows 10 biasanya dimatikan dengan mengarahkan pointer mouse atau touchpad ke ikon Shut Down di menu Start.

Namun apabila masalah laptop ini muncul tenang saja, komputer atau laptop masih bisa dimatikan tanpa mouse/touchpad, dengan beberapa kombinasi tombol keyboard.

Kombinasi tombol pertama untuk mematikan laptop/komputer Windows tanpa mouse adalah tombol keyboard Alt + F4, yang juga bisa digunakan untuk menutup jendela aplikasi yang sedang terbuka.

Setelah menutup semua jendela aplikasi, tekan kombinasi tombol ini sekali lagi. Akan muncul pop up menu yang menyediakan pilihan shut down di layar. Gunakan tombol panah di keyboard untuk memilih opsi yang dikehendaki.

Kombinasi tombol kedua yang bisa dicoba untuk mematikan laptop Windows 10 tanpa mouse adalah Ctrl + Alt + Del yang akan memunculkan menu Task Manager di layar.

Ikon untuk mematikan komputer di pojok kanan bawah bisa dipilih dengan menekan tombol Tab atau tombol panah atas.

Yang ketiga, Anda bisa mematikan laptop Windows 10 tanpa mouse dengan kombinasi tombol Windows + X. Ini akan memunculkan menu di pojok kiri bawah layar. Pilih opsi “Shut down or sign out” dengan tombol panah, kemudian pilih “Shut Down”.

Anda juga dapat mematikan komputer tanpa mouse/touchpad lewat menu Start dengan menekan tombol keyboard Windows. Tekan tombol Tab sebagai penggeser kolom seleksi. Kemudian, setelah seleksi berada pada kolom yang sejajar dengan ikon power, gerakkan pilihan menuju ikon tersebut. Selanjutnya tekan enter, dan pilih opsi “Shutdown” apabila ingin mematikan komputer Anda.

Menu Control Panel untuk mengatur apa yang akan dilakukan komputer ketika tombol power ditekan

Selain lewat kombinasi tombol keyboard, Anda juga bisa mematikan Windows 10 dengan menekan tombol daya di fisik laptop atau komputer. Sebelumnya pastikan dulu tombol ini akan menjalankan fungsi dimaksud dengan cara membuka Power Options di Control Panel. Pilih Opsi “Choose what the power button does” di tab di sisi kiri jendela.

Kemudian, lewat menu drop down yang muncul, pilihlah apa yang akan dilakukan komputer apabila tombol daya ditekan. Selain mematikan perangkat, Anda juga bisa memilih agar komputer memasuki mode sleep atau hibernation.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!