Cara Membedakan PS3 Baru dan Refurbish

Cara Membedakan PS3 Baru dan Refurbish

Cara Membedakan PS3 Baru dan Refurbish Pada Info kali ini, Dunia Teknologi kali ini coba menjelaskan tentang perbedaan antara Konsol PS3 “Baru” dan “Refurbish”.

Hal yang harus Anda tau menggunakan istilah “Baru”, dan bukan “Asli / Original”. Kenapa? Karena produk Refurbish itu sendiri adalah barang Asli / Original keluaran Sony . Perlu diketahui bahwa seluruh perangkat konsol PlayStation 3 yang ada di seluruh dunia merupakan perangkat konsol asli buatan Sony, karena sampai saat ini belum ada perusahaan lain yang bisa membuat persis sama perangkat konsol PlayStation 3 ini dikarenakan hak cipta yang telah dimonopoli oleh Sony dan hak tersebut berlaku diseluruh dunia. Konsol PS3 Refurbish sendiri adalah Konsol PS3 yang dikembalikan kepada Sony dari pihak toko atau user karena alasan tertentu (penukaran, servis, dll), di mana produk tersebut kemudian di-servis dan di-“sulap” oleh Sony menjadi seperti baru, dan dijual kembali ke pasaran.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan adalah Kkonsol PS3 “Refurbish” pun tergolong sebagai Produk “Asli”

Sedangkan untuk Konsol PS3 “Baru” adalah Konsol PS3 keluaran pabrik yang belum mengalami proses “Refurbish” di atas

Lazimnya, Konsol PS3 yang telah mengalami proses “Refurbish” terbatas pada produk-produk lama yang sudah tidak diproduksi, contohnya (Per Juli 2015) adalah PS3 Fat, dan PS3 Slim. Jika ada produk tersebut di pasaran, hampir bisa dipastikan bahwa sudah tidak ada yang baru, dan semuanya merupakan hasil “Refurbish” dari pabrik.

Berikut Perbedaan mendasar antara produk PS3 “Baru” dan “Refurbish”

  • PS3 Baru menggunakan packing dengan desain gambar original. PS3 Refurbish menggunakan packing dus polos / dus cokelat polos
  • PS3 Baru memiliki serial number yang sama antara Box dan Mesin. PS3 Refurbish tidak sama atau tidak ada serial number pada dus packing
  • PS3 Baru memiliki segel berwarna abu-abu di bawah mesin. PS3 Refurbish tidak ada

Di mulai tahun 2010 dunia gempar dengan hadirnya sebuah Jailbreak PS3 yang memungkinkan sebuah PS3 dapat memainkan video game tanpa perlu menggunakan blu-ray game.

Dilanjutkan dengan tahun selanjutnya di 2011 yang mana sebuah usb stick jailbreak tidak lagi digunakan namun jailbreak dapat langsung dioperasikan dari harddisk dengan sebutan CFW (Custome Firmware). Dan tepat dipenghujung tahun 2011 muncul kembali sebuah jailbreak dalam bentuk usb stick bernama True Blue yang memungkinkan game dalam bentuk blu-ray bajakan dapat dimainkan.

Dengan adanya Jailbreak pada PS3 membuat industri retail Video Game di Indonesia menjadi ramai kembali. Hal ini dapat dilihat dari ramainya penjualan PS3 ditanah air. Walaupun retail PS3 dengan Jailbreak ramai pihak Sony juga dengan resmi merilis PS3 di Indonesia dengan garansi dan dukungan yang lebih baik dari toko retail PS3 Jailbreak.

Pasar penjualan PS3 semakin membesar dan hampir setiap anak dirumah pasti memiliki mesin idaman buatan Sony ini. Hal ini mengingatkan kita dengan suksesnya penjualan PS2 beberapa tahun lalu di Indonesia.

Seiring banyak permintaan dari beberapa toko retail game di Indonesia yang menjual PS3 tanpa informasi yang jelas bagi pembelinya. Hal tersebut membuat banyak pembeli dirugikan.

Bagi Anda yang tidak ingin dirugikan oleh penjual tidak ada salahnya membaca tulisan tips membeli PS3 ini.PS3 saat ini dirilis dalam banyak bentuk, umumnya kita mengenal Fat dan Slim. Kedua jenis PS3 ini jelas terlihat berbeda dari fisiknya. Dan tentu juga berbeda waktu rilisnya.

[PS3 Fat – PS3 Slim]

PS3 Fat dirilis November 2006 dan model Slim rilis September 2011.

PS3 Fat merupakan PS3 versi awal. PS3 Fat generasi awal ini memiliki banyak tipe kapasitas hardisk mulai 20GB, 40Gb, 60Gb dan 80Gb dengan menyertakan stick Sixaxis. Pada rilis generasi selanjutnya terdapat 80GB. Perbedaan generasi awal dan pada generasi selanjutnya terdapat pada besarnya daya listrik dan ukuran prosesor di PS3 tersebut.

PS3 Fat rentan sekali dengan penyakit YLOD (Yellow Light of Dead) dimana pennyakit tersebut sulit untuk diperbaiki.
PS3 Slim merupakan generasi perbaikan dari PS3 Fat. PS3 Slim juga memiliki generasi awal dan generasi terakhir. Pada generasi awal hanya terdiri hardisk 120GB dan 160GB dengan tambahan Dual Shock 3. Di generasi selanjutnya rilis dengan pilihan hardisk 250GB dan 320GB.

Jika kalian ingin membeli PS3 diharapkan memahami bahwa mesin game ini dijual dengan dua kondisi di Indonesia:

Hanya bisa memainkan game Original atau Asli, atau
Hanya bisa memainkan game Jailbreak atau Copy-an yang berjalan dari blu-ray bajakan atau hardisk

Jika kalian berniat membeli PS3 untuk dapat memainkan Original saya sarankan segera datang dan beli di Sony Center. Karena garansi yang ditawarkan sangat menarik walaupun harganya jauh lebih mahal dari toko game retail lainnya.

Namun bagi yang ingin membeli di toko lain juga bisa tapi saya sarankan untuk membeli PS3 Slim dengan tipe hardisk 250GB dan 320GB dengan firmware mulai dari 3.60 keatas (3.70 – 4.00)

Jika Anda ingin membeli PS3 untuk memainkan game bajakan atau dari hardisk, saya sarankan:

  • Membeli model Slim BARU dan tidak rekondisi ataupun refurbish dari Sony.
  • Membeli model Fat dengan refurbish dari Sony (tidak dianjurkan rekondisi lokal).

Jika sudah memilih dari 2 point diatas pastikan firmware yang digunakan 3.41 atau 3.55.

Bagaimana memastikan PS3 yang akan saya beli Asli atau Refurbish maupun Rekondisi?

Untuk memastikan diperlukan kejujuran dari seorang penjual. Tanyakan lebih lanjut jika akan membeli seperti model, berapa besar hardisknya, firmware berapa, dan harganya. Dari informasi tersebut dapat disimpulkan apakah PS3 yang mereka jual itu benar-benar baru atau rekondisi.

Kemasan box PS3 Refurbish Sony dilengkapi stiker label Sony
Kemasan box PS3 Refurbish Sony dilengkapi stiker label Sony

NB :
Memastikan Refurbish dari Sony dan Rekondisi lokal bagaimana caranya?

Untuk Refurbish dari Sony akan disertakan sebuah box polos disertai dengan label bertuliskan Refurbish pada label sticker yang menutupi tempat bukaan box. Sedangkan Rekondisi akan disertakan dengan box sesuai dengan model gambar dari PS3 tersebut. Namun untuk memastikan lebih lanjut harus ditanyakan kepada penjual.

Apa bedanya Refurbish dari Sony dan Rekondisi lokal?
Dari bentuk fisik tidak jauh berbeda. Yang berbeda hanyalah jika refurbish dari Sony berarti mesin tersebut merupakan perbaikan resmi dari pabrik Sony dan telah melalui Quality Control Sony untuk dijual kembali. Sedangkan Rekondisi lokal merupakan perbaikan yang dilakukan oleh orang teknisi lokal tanpa adanya quality control.

Harga keduanya berbeda dan rekondisi lokal jauh lebih murah dibandingkan Refurbish dari Sony.
Dapatkan beli Refurbish Sony di Sony Center?
Dari yang saya ketahui Sony Center hanya menjual barang baru. Untuk barang refurbish hanya dapat ditemui di toko game retail saja.

Apa dampak jika beli PS3 rekondisi?
Sama halnya dengan beli barang rekondisi lainnya, dari kondisi fisik mulus namun dari segi mesin tidak dapat diduga. Jika dapat yang bagus kemungkinan rusak tidak akan berlangsung cepat namun jika tidak beruntung akan mendapatkan rusak setelah belum lama membeli. Namun kembali lagi dari kita sebagai gamer menggunakannya.

Apakah PS3 Asli tidak dapat rusak seperti Rekondisi atau Refurbish?
PS3 Asli atau baru juga bisa terkena rusak. Karena kembali lagi dari kita menggunakannya.

Oh iya, apa bedanya stik Six Axis dengan Dual Shock 3?

Six Axis tidak memiliki fungsi getar dan Dual Shock memiliki fungsi getar.
Paketan PS3 nya Apa aja ya?

Paket minimal baik PS3 Baru, rekondisi maupun refurbish akan mendapatkan 1 buah stick (bisa dapat six-axis atau dual shock 3), 1 mesin game beserta hardisknya, kabel video, kabel power dan buku manual (untuk rekondisi kadang disertakan kadang tidak)

so hati – hati dalam barang refurbished yang ternyata adalah rekondisi

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!