Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Berdebu

Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Berdebu

Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan IT CBT Nuggets, keyboard laptop Anda bisa membawa bakteri 20.000 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.Bingung Kan!!! apalagi saya

Apalagi sekarang ini karena virus corona bertambah banyak pekerjaan, sekolah, sosialisasi, dan hiburan yang dilakukan secara online, sehingga frekuensi menggunakan laptop pun menjadi lebih sering dari sebelumnya.

Hal tersebut lambat laun akan berakibat menumpuknya debu, bekas sidik jari, dan sisa-sisa makanan yang tersisa di atas keyboard laptop Anda.

Nah, ini tentu saja bisa membuat laptop Anda rusak dan tips mengatasi keyboard laptop rusak dengan mudah diperlukan salah satunya agar keyboard laptop bisa bersih sepenuhnya tanpa tersisa kotoran di sekitarnya, simak dan ikuti langkah-langkah ampuh untuk membersihkan keyboard laptop di bawah ini.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Berdebu

1. Matikan laptop

Foto: MakeUseOf

Sebelum membersihkan keyboard, matikan laptop Anda dahulu agar aman. Jika masih terhubung dengan charger, cabutlah untuk mengurangi risiko korslet. Hal ini untuk mencegah kejadian-kejadian tidak diinginkan ketika ingin membersihkan laptop dengan air.

2. Singkirkan debu

Foto: Google

Untuk membersihkan sisa makanan, debu, atau kotoran lain yang ada di atas keyboard, balikkan laptop Anda agar kotoran-kotoran tersebut jatuh. Anda juga bisa melakukan cara lain, yaitu membersihkannya dengan vakum khusus pembersih keyboard laptop. Vakum khusus ini biasanya berukuran kecil dan Anda dapat membelinya di e-commerce Shopee dengan harga murah, karena bertepatan dengan promo 11.11 Shopee.

Berikut ini link untuk membeli vakum pembersih keyboard laptop murah di Shopee:

3. Lap keyboard

Foto: Google

Selanjutnya, bersihkan permukaan keyboard itu sendiri untuk menghilangkan debu, kuman dan noda. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap yang telah disemprotkan desinfektan. Hindari tisu basah yang mengandung pemutih.

Jika anda tidak mempunyai tisu, kain lembut juga bisa digunakan. Seka tombol satu per satu, serta area di antaranya. Pastikan setiap tombol tidak terlewat dan diseka dengan bersih.

Hindari menggunakan lap atau kain yang basah kuyup. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak ada cairan yang masuk ke sela-sela tombol keyboard.

Sangat disarankan untuk diperas terlebih dahulu apabila lap atau kain yang digunakan terlalu basah. Jangan menyemprotkan air atau cairan pembersih apapun secara langsung ke atas keyboard.

Selanjutnya, bersihkan semuanya dengan kain lembab, bukan basah. Jika ingin hasil yang ideal,Anda bisa memakai kain microfiber.

Tidak masalah jika Anda tidak memilikinya. Anda masih bisa menggunakan kain bahan lain. Cobalah untuk menghindari bahan abrasif yang dapat menggores keyboard. Terakhir, keringkan area tersebut dengan kain yang kering dan lembut.

Jreeeeeng! Keyboard laptop-mu terlihat seperti baru lagi, kan?

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!