Cara Membuat Google Form Di HP Android

Cara Membuat Google Form di HP Android

Sekarang semua orang tau dengan Google Form? Fitur dari Google ini memang sangat membantu siapa saja yang ingin memerlukan sampel penelitian, khususnya berupa kuisioner.

Mulai dari kalangan pekerja hingga mahasiswa dan pelajar, semuanya menggunakan fitur ini. Nah, proses pembuatannya sendiri terbilang mudah, bisa di PC atau di HP.

Kira-kira gimana cara membuat Google Form di HP? Berikut ulasannya!

Cara Membuat Formulir Google Form

Sebelumnya, Anda sudah pernah membahas cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Praktis melalui komputer atau PC. Nah buat Anda yang sangat mobile alias kerap bekerja kemana-mana, Anda kini bisa mengerjakan Google Form langsung di HP.

Dengan HP, Anda tidak perlu repot-repot membawa laptop yang berat kemana-mana. Bahkan, Anda dapat mengetahui cara membuat Google Form di HP Android paling mudah, cepat, dan efektif. Tanpa perlu berlama-lama, simak ulasan kami berikut ini!

Cara Membuat Google Form di HP Android

Cara membuatnya hampir sama dengan cara pembuatan melalui situs resminya. Tidak repot sama sekali kok!

Yang penting, pastikan sambungan internetmu lancar dan berkualitas sehingga bisa membuat GForm dengan lancar. Langsung saja disimak beberapa langkah ini, ya!

1. Instal Aplikasi

Sekarang, membuat Google Form bisa Anda lakukan dengan mudah lewat HP android dengan aplikasi khusus. Aplikasi ini bernama FormsApp for Google Forms. Fungsinya sama seperti situs Google Form yang kita tahu.

2. Mendaftar

Ketika pertama kali membuka, Anda akan ditawarkan beberapa pengenalan mengenai aplikasi ini. Setelah itu Anda diminta untuk menyetujui sebuah Permission. Selanjutnya login menggunakan akun Gmail Anda ya.

1 1a6a5

3. Memulai Membuat Formulir

Untuk membuat formulir baru, tap ikon Plus yang ada di sudut kanan bawah. Lalu Anda bisa memilih template yang sudah ada atau pilih Blank Form utnuk membuat formulir baru.

2 A2ca2

4. Edit Isi Formulir

Kini Anda bisa mulai membuat formulir online baru. Gunakan ikon Plus untuk menambahkan berbagai pilihan pertanyaan dan respon yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengisi Judul dan Deskripsi formulir.

3 8d4bf

5. Pilih Pengaturan Formulir

Jika sudah membuat Google Form langsung saja tap Submit. Setelah itu akan muncul pop-up yang bisa Anda centang sesuai kebutuhan. Jika sudah langsung saja Submit.

4 183ae

6. Bagikan Link Formulir

Selesai melakukan Submit, Anda bisa langsung Copy Link dari Google Form yang telah dibuat. Anda dapat membagikan link tersebut pada orang-orang yang ingin Anda jadikan responden. Begini penampakan formulirnya!

5 B3ac2

Sampai disini proses Selesai! Seperti itulah cara membuat Google Form dari HP Android. Sebenarnya, Google sudah memperbaiki user interface situs resminya sehingga bisa dipakai secara optimal di HP, baik Android maupun iPhone.

Jadi, buat Anda yang ingin tahu cara bikin Google Form tanpa aplikasi, ya cukup buka situs resminya saja. Dijamin lebih simpel tanpa harus menginstal aplikasi apapun. Caranya pun juga sama seperti di atas, geng!

Cara Melihat Hasil Google Form di HP

Nah, keuntungan melalui aplikasi ini, Anda juga bisa langsung melihat hasil dari Google Form dengan mudah. Caranya juga cukup mudah dan sederhana. Berikut cara melihat hasil Google Form di HP Android!

Langkah 1

Pada halaman utama, tap formulir mana yang ingin Anda lihat hasilnya. Setelah itu tap pada opsi View Responses.

6 3d0db

Langkah 2

Anda bisa melihat satu persatu formulir yang responden isi, maupun rangkumannya di Summary. Anda juga bisa melihat hasilnya dalam bentuk Spreadsheet. Caranya tap Export.

7 6ba5e

Langkah 3

Pada pop-up dialog pilih opsi Google Sheets. Untuk bisa membuka file-nya maka Anda wajib memiliki aplikasi Google Sheet di smartphone Anda.

8 112c7

Lalu bagaimana jika ingin mencetak formulir Google Form menjadi hard copy? Caranya simpan respon ke dalam bentuk PDF. Akan tetapi fitur ini hanya tersedia jika Anda membeli versi penuh dari FormsApp.

Malas beli? Tenang, kami punya solusinya. Anda dapat mencetaknya jika mengakses menggunakan browser. Cara lengkapnya bisa Anda baca di artikel Jaka yang berjudul Cara Melihat Hasil Google Form dan Bagaimana Mencetaknya.

Akhir Kata

Itu tadi tips bagaimana cara membuat Google Form di HP Android dari Jaka. Gimana, tidak repot sama sekali kan guys? Dengan adanya aplikasi khusus otomatis kinerjanya juga lebih optimal dan ringkas. Semoga bermanfaat!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!