Kumpulan cara membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

Kumpulan cara membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

Kumpulan cara membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami – Selama masa covid-19 ini Hand Sanitizer mengalami peningkatan penggunaan karena merupakan salah satu alat cara pencegahan virus corona. Ada yang rela membeli Hand Sanitizer walaupun sekarang sudah dibanderol dengan harga yang mahal. Untuk mengatasi hal ini, Anda memerlukan kumpulan cara untuk membuat Hand Sanitizer sendiri dirumah dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar Anda.

Sebagaimana yang kita tahu mencuci tangan memakai sabun adalah cara terbaik untuk terhindar dari kuman dan virus, namun masyarakat tetap lebih suka menyukai menggunakan Hand Sanitizer. Beberapa diantaranya lebih percaya bahwa cairan antiseptic ini dilansir lebih ampuh dan aman untuk terhindar dari virus corona. Tutorial membuat hand sanitizer sendiri sekarang sudah banyak dibuat diberbagai sumber.

Anda bisa menemui tips dan trik pembuatan cairan antivirus ini di video youtube, internet melalui website ataupun media pemberitaan yang ikut berupaya mengantisipasi korban penyakit covid 19 ini. Virus corona memang bisa diatasi hanya jika kita menjaga kebersihan dan berada dititik aman dengan tempat terinfeksi virus corona. Untuk itu, sebagai berikut adalah kumpulan cara praktis untuk membuat hand sanitizer sendiri tanpa harus membeli.

Kumpulan cara membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

1. Lidah Buaya

https://www.mastimon.com/2018/06/5-manfaat-lidah-buaya-untuk-rambut.html

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa khasiat lidah buaya yang begitu bermaca-macam. Mulai dari untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut sampai kandungannya yang baik untuk dikonsumsi. Tanaman ini sendiri sudah sering kali disebut sebagai tanaman ajaib. Nah, ternyata bahan alami ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan Gel hand sanitizer loh yang ampuh loh. Apalagi lidah buaya mempunyai manfaat lain dalam menjaga kulit tetap lembut dan lembut.

Anda juga bisa menggabungkannya dengan berbagai bahan lainnya seperti daun kemangi dan daun jeruk sebagai pewanginya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda bisa menghancurkan lidah buaya yang telah dikupas dengan daun kemangi dengan blender. Lalu saring dan ambil ekstraknya setelah itu tambahkan bubuk dau jeruk dan air secukupnya. Masukkan ke dalam botol spray dan selesai.

2. Minyak Atsiri

Selanjutnya adalah minyak atsiri dari dahulu sampai dengan sekarang bahan ini memang telah dipakai untuk kepentingan mengusir berbagai macam penyakit dan infeksi loh. Bahan ini juga kerap dipuji karena mempunyai sifat yang antibakteri, antijamur, antimikroba dan lain sebagainya. Cara memanfaatkannya bisa dengan bahan lainnya seperti cuka putih, lidah buaya yang telah disaring dan alkohol.

Untuk takarannya Anda bisa menyiapkan 120 ml lidah buaya, 120 ml cuka putih, 12 tetes minyak atsiri dan satu sendok isopropil alkohol serta colloidal. Campurkan semua bahan masukkan dalam botol spray lalu kocok hingga campuran merata lalu . Tidak sulit bukan?

3. Cuka Putih

Jika sebelumnya cuka putih dipakai sebagai bahan campuran bahan lainnya, cuka putih juga bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer. Bagaimana caranya? cukup mudah sebenarnya, Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih tersebut dengan air sedikit lalu masukkan ke dalam sebuah botol spray. Sederhana sekali bukan? Untuk menjaga kualitasnya Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu dalam lemari es.

4. Lemon

Bahan selanjutnya yang juga ampuh dipakai sebagai Hand sanitizer adalah lemon. Buah yang satu ini adalah buah dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan di dalamnya ini sanggup membasmi kuman yang ada di tangan Anda dan terlebih lagi mampu menjadikan kulit Anda tetap lembut dan cerah. Cara pembuatannya juga sangat mudah dimana perasan lemon ditambah dengan air secukupnya dan masukkan dalam botol spray. Mudah bukan?

5. Daun Sirih

https://www.mastimon.com/2017/10/tips-cepat-sembuhkan-bayi-dari-pilek.html

Daun sirih kemungkinan sudah seringkali Anda dengar khasiatnya untuk bahan antiseptik bukan? Pembuatan Hand sanitizer ini pun sudah tidak jarang dengan menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Nah, dalam pembuatannya sendiri akan lebih efektif apabila dibantu dengan bahan alami lainnya. Salah satunya adalah campuran antara daun sirih dan kulit rambutan.

Cara membuatnya begitu sederhana dengan cara merebus kedua bahan tersebut tapi tidak bersamaan. Setelah selesai direbus, ambil kedua ekstraknya masing masing yang direbus secara terpisah.  Selanjutnya campur kedua ekstrak tersebut lalu tambahkan air secukupnya. Untuk membuat kulit Anda tetap lembut, Anda bisa menambahkan minyak zaitun beberapa tetes.

6. Minyak Essensial Lavender

Cara membuat hand sanitizer berikutnya yang bisa Anda coba adalah memakai minyak essensial lavender. Penggunaannya sendiri diklaim ampuh sebagai bahan cairan antiseptik yang mujarab. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minyak alami ini berperan sebagai antibakteri dan antijamur secara alami. Minyak essensial lavender bisa dijadikan alternatif hand sanitizer yang bagus.

7. Tea Tree Oil

Tea Tree oil juga mempunyai khasiat yang baik untuk berperan sebagai antibakteri dan antivirus. Dalam pemanfaatannya biasanya sering digunakan untuk pencegahan dan penyembuhan jerawat. Kandungannya memang sangat baik untuk menangkal kuman, bakteri dan juga virus. Karena khasiatnya ini membuat Tea tree oil juga dapat dijadikan sebagai hand sanitizer yang baik.

8. Minyak Essensial Kayu Manis

Bahan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan dalam daftar ini adalah minyak essential dari kayu manis. Selain mempunyai aroma yang wangi, di dalamnya kayu manis ini mempunyai kandungan dengan sifat antibacteri serta mikroba yang efektif dalam menghalangi segala jenis organisme yang menyebabkan penyakit. Tentu saja penggunaannya akan sangat praktis sebagai hand sanitizer.

9. Minyak Essensial Jeruk

Minyak essensial jeruk adalah salah satu sumber antioksidan alami yang bisa meregenerasi sel sel kulit ditangan sehingga akan memungkinkan kulit tangan Anda terasa lembut dan kenyal. Tetapi, terlepas dari manfaatnya yang mujarab itu, minyak essensial dari buah jeruk ini juga sanggup mencegah adanya bakteri dan virus. Antioksidan yang dimilikinya juga mampu sebagai proteksi buat tubuh dibagian luar.

10. Daun Sereh

https://www.mastimon.com/2017/11/9-tanaman-pengusir-nyamuk-yg-bisa-anda.html

Daun sereh yang biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur juga mempunyai khasiat yang bagus untuk dijadikan sebagai hand sanitizer loh. Tumbuhan dengan aroma yang spesifik ini sanggup dijadikan sebagai cairan pembersih tangan yang efektif tanpa bantuan dari alkohol. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Cara pertama adalah dengan merendam daun sereh dengan air panas. Hindari dengan merebus. Lakukan pengukusan pada daun sereh tersebut. Apabila telah selesai, saring dan ambil ekstraknya. Dalam hal ini untuk bekerja lebih baik Anda bisa menambahkan 2% trikolosan dan ekstrak lidah buaya sekitar 10%. Bahan tersebut juga akan lebih mudah untuk membantu pengaplikasian di tangan.

Inilah uraian yang dijelaskan secara lengkap tentang tutorial membuat hand sanitizer dengan mudah dan cepat. Bahannya pun tidak akan sulit ditemukan sebab sudah ada di sekitar Anda. Anda mungkin tidak menyadari bahwa bahan tersebut ternyata setelah diolah dapat menjadi cairan antivirus yang ampuh dan berhasil.

Cara ini penting untuk Anda ketahui sebab hand sanitizer yang biasanya dengan mudah kita temukan di toko, sekarang sudah menjadi barang yang langka. Jikapun ada harganya sudah sangat mahal dibandingkan dengan harga terdahulu sebelum ada virus corona. Semoga dengan upaya ini kita turut mengatasi permasalahan covid 19 yang sedang menyebar di banyak negeri. Lindungi diri Anda dan keluarga dengan pemanfaatan bahan alami yang ampuh. Semoga bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!