Cara Membuat Infografis di HP, Mudah Banget!

Cara Membuat Infografis di HP

Beberapa minggu belakangan ini konten berjenis infografis semakin populer digunakan di beberapa media sosial. Apa sih yang dimaksud infografis itu?

Secara sederhana, infografis adalah gabungan dari kata info dan grafis yang memiliki makna sebagai representasi visual dari sebuah informasi atau pun data.

Meskipun begitu, secara kontekstual definisi dari infografis jauh lebih mendalam daripada itu. Banyak yang mendefinisikan bahwa infografis merupakan gabungan dari gambar, diagram, dengan konsep teks minimal yang membuat pembacanya mengerti keseluruhan topik dengan lebih mudah.

Membuat infografis itu gampang-gampang susah, selain diperlukan perencanaan yang matang supaya alur informasinya tetap jelas tersampaikan, juga dibutuhkan kemampuan dalam mengolah visual agar lebih menarik.

Nah, untungnya dengan kemajuan teknologi smartphone saat ini, Anda bisa dengan mudah membuat infografis memakai aplikasi-aplikasi yang tersedia di toko aplikasi. Berikut ini DuniaTeknologi rangkumkan cara membuat infografis di HP dengan mudah.

Manfaat Infografis

Sebelum mengetahui cara membuat infografis di HP, Anda harus tahu beberapa manfaat infografis. Memang apa saja sih manfaatnya?

Banyak sekali! Anda tidak cuma mendapatkan konten yang lebih berkualitas, tapi juga kesempatan untuk menarik lebih banyak audiens. Untuk lengkapnya, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengandalkan infografis pada konten:

Lebih atraktif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, infografis memang lebih mudah menarik perhatian pembaca. Karena konten Anda tidak hanya meliputi teks, tapi juga perpaduan gambar, warna, dan desain yang secara alami memikat mata pembaca.

Meningkatkan brand awareness

Menyisipkan logo di bagian infografis secara langsung menjadikan pembaca lebih kenal dengan bisnis Anda. Apalagi jika dipenuhi dengan data survei yang memicu konten Anda terlihat terpercaya.

Mudah untuk dibagikan

Dengan infografis yang telah ditambahkan dalam blog atau website, pengunjung bisa lebih mudah membagikannya ke berbagai jejaring media sosial melalui embed code yang telah tertanam.

Meningkatkan performa SEO

Jika telah semakin banyak yang membagikan infografis Anda, otomatis Anda dapat memperoleh tambahan backlink yang mendukung performa SEO. Selain dari Bounce Rate, Salah Satu Indikator Suksesnya Sebuah Campaign Google juga akan menganggap bahwa konten kalian memang bersifat shareable alias mudah dibagikan.

Bahan promosi yang efektif 

Gabungan antara teks dan gambar bisa membuat konten kampanye promosi Anda menjadi lebih efektif, seperti brosur, poster, hingga billboard sekali pun.

Cara Membuat Infografis di HP dengan Mudah

Cara membuat infografis di HP ini cukup mudah untuk dilaksanakan. Anda cuma butuh mengunduh aplikasi untuk membuat infografis dari toko aplikasi, misalnya PickToChart, Visme, Infogram, Venngage, Visualize.me, dan Canva.

Untuk cara kali ini kami akan memberikan panduan cara membuat infografis di HP dengan aplikasi Canva, berikut ini langkah-langkahnya:

– Download dan instal aplikasi Canva di HP Anda

5 Aplikasi Harian Terbaik 2018 Pilihan Google Play Store | BukaReview

– Buka aplikasi Canva dan pilih menu All Categories.

Cara Membuat Infografis 01 899fc

– Turunkan hingga ke bawah sampai menemukan pilihan infographic dan pilih. Pilih kategori infographic sesuai dengan tema yang ingin Anda buat.

Cara Membuat Infografik 02 A678c

– Scroll ke bawah sampai Anda menemukan tema infographic yang paling sesuai dengan keinginan dan pilih.

Cara Membuat Infografis Di Laptop 03 54298

– Klik edit untuk mengedit tampilan dan isi infografis sesuai dengan yang Anda mau. Di sini Anda dapat berkreasi sebebas mungkin karena opsi editing di aplikasi ini lumayan banyak.

Cara Membuat Infografis Di Hp 04 59346

– Setelah semuanya dirasa cukup, klik ikon checklist di sudut kiri atas. Untuk menyimpan desain yang telah dibuat klik icon download di sebelah kanan atas.

Cara Buat Infografis 05 F48af

Begitulah cara membuat infografis di HP menggunakan aplikasi Canva, setelah langkah terakhir dilakukan hasil infografis Anda sudah tersimpan di smartphone Anda dalam bentuk gambar. Sangat mudah bukan?

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!