Cara Mempercepat Internet Windows dan Android Hingga 10x Lipat (DNS 1.1.1.1)

Cara Mempercepat Internet Windows dan Android Hingga 10x Lipat (DNS 1.1.1.1)

Sekarang internet bisa dikatakan menjadi kebutuhan wajib orang ketika ini untuk melakukan berbagai aktivitas. Tentunya diperlukan koneksi internet yang cepat sekaligus aman untuk mengoperasikannya. Kali ini kita akan mengulas Cara Mempercepat Internet Windows dan Android Hingga 10x Lipat (DNS 1.1.1.1).

Cloudflare dan APNIC kali ini telah merilis DNS 1.1.1.1 terbaru yang diklaim memenuhi kebutuhan di atas. Nah bagaimana cara setting DNS 1.1.1.1 ini di Windows dan Android? Berikut ulasan selengkapnya!

Apa Itu DNS 1.1.1.1?

Sebelum membahas lebih dalam, Anda sebaiknya mengetahui lebih dulu apa itu DNS. DNS merupakan singkatan dari Domain Name System yang berperan mengubah IP address menjadi domain address. Nah, begitu pula sebaliknya guys.

Dns 1111 0b5cc

Sumber foto: theverge.com

DNS 1.1.1.1 merupakan hasil kerja sama antara Cloudflare dan APNIC. DNS ini diklaim lebih aman karena tidak akan merekam data alamat IP yang Anda gunakan. Disamping itu DNS 1.1.1.1 ini menjadi yang paling cepat di dunia, dengan response time hingga 14.8ms.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Berikut kami akan membahas cara mempercepat koneksi internet dengan DNS 1.1.1.1. Khususnya di Windows dan Android, dua sistem operasi yang sering Anda gunakan guys.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 pada PC atau Laptop Windows

Untuk melakukan setting DNS 1.1.1.1 pada PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows kira-kira Anda cuma memerlukan waktu tidak lebih dari dua menit. Anda pun bisa melakukannya dengan mengikuti langkah berikut.

Langkah – 1

Pertama kali Anda bisa membuka menu Settings > Control Panel > Network and Internet pada komputer maupun laptop Anda.

Cara Setting Dns 1111 Windows 1 D0f47

Langkah – 2

Pilih Network and Sharing Center, selanjutnya Anda bisa memilih opsi Change Settings Adapter. Maka sebuah jendela baru akan dimunculkan. Klik kanan pada jaringan yang tersedia dan pilih Properties.

Cara Setting Dns 1111 Windows 2 86c61

Langkah – 3

Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) dan klik Properties.

Cara Setting Dns 1111 Windows 3 Ba760

Langkah – 4

Ubah pengaturan Obtain DNS server address automatically menjadi Use the following DNS server addresses: Di sini Anda bisa memasukkan pengaturan sebagai berikut.

Preferred DNS server: 1.1.1.1

Alternate DNS server: 1.0.0.1

Cara Setting Dns 1111 Windows 4 5dfaa

Langkah – 5

Terakhir, Anda hanya perlu klik OK dan Close untuk menutup pengaturan. Lakukan restartaplikasi browser yang Anda pakai untuk menggunakan DNS 1.1.1.1 terbaru ini.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 pada Smartphone Android

Selain pada PC dan laptop berbasis Windows, buat Anda yang menggunakan smartphone Android bisa juga merasakan kecepatan internet yang lebih kencang dan aman lewat DNS 1.1.1.1. Caranya sebagai berikut guys.

Langkah – 1

Pertama kali pastikan Anda telah terkoneksi dengan jaringan WiFi tertentu. Selanjutnya, buka menu Settings selanjutnya buka halaman pengaturan untuk jaringan Wi-Fi.

Selanjutnya, Anda bisa tap dan tahan jaringan WiFi yang terhubung hingga muncul opsi lainnya. Tap pada pilihan Modify network untuk mulai mengubah DNS Android.

Cara Setting Dns 1111 Android 1 D2c0e

Langkah – 2

Di sini Anda bisa membuka menu Advanced options untuk mengubah settingan tertentu. Lalu Anda wajib mengubah pengaturan IP Settings dari DCHP menjadi Static.

Cara Setting Dns 1111 Android 2 0eea3

Langkah – 3

Berikutnya, Anda dapat memasukkan IP address, Gateway, Network prefix length sama seperti pengaturan awalnya. Pada menu ini Anda cuma butuh mengganti:

DNS 1: 1.1.1.1

DNS 2: 1.0.0.1

Cara Setting Dns 1111 Android 3 3e1a5

Langkah – 4

Kami tinggal tap tombol Save. Otomatis jaringan akan melakukan pengaturan ulang dan Anda hanya perlu me-restart browser Android Anda guys.

Kesimpulan

Nah, begitulah cara mempercepat internet di Windows dan Android dengan menggunakan DNS 1.1.1.1. Untuk cara lainnya pada sistem operasi iOS, MacOS dan Linux dapat kamu lihat selengkapnya di https://1.1.1.1/ ya.

Selamat mencoba guys!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!