Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel | simPATI, As, & LOOP

Apakah Anda pengguna setia kartu Telkomsel? Bingung bagaimana cara memperpanjang masa aktif Telkomsel?

Sebagaimana sebuah layanan operator telepon seluler, pengguna mempunyai masa aktif nomornya dalam jangka waktu yang terbatas. Jika kartu Anda jarang digunakan maka ada kemungkinan kartu akan dinonaktifkan.

Buat kamu para pengguna kartu Telkomsel yang ingin mengetahui lebih rinci lagi, bagaimana cara perpanjang masa aktif kartu Telkomsel kamu pas banget udah mampir di artikel ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Intro A396b

Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi terpopuler dan terbesar seluler di Indonesia . Perusahaan ini pertama kali didirikan pada 1993 dan sempat dinobatkan sebagai operator terbesar di Indonesia.

Layanan yang dikeluarkan oleh Telkomsel pun beragam, seperti kartuHALO, simPATI, Kartu As, dan LOOP. Hingga kini, banyak yang menggunakan Telkomsel karena jaringannya yang baik.

Layaknya operator telepon biasa, setiap nomor kartu yang dijual hanya aktif dalam jangka waktu yang ditentukan. Walau begitu, penggunanya dapat diperpanjang dengan beberapa cara.

Maka dari itu sebagai pelanggan Telkomsel kamu wajib tahu mengenai cara memperpanjang masa aktif Telkomsel sekaligus melakukan pengecekan masa aktif secara rutin.

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

Cek Masa Aktif Telkomsel Afa4a

Untuk cek masa aktif, Anda bisa lakukan beberapa cara untuk mengetahuinya. Anda bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau layanan UMB.

Cara yang paling mudah dan efektif adalah menggunakan MyTelkomsel yang dapat kamu unduh gratis di JalanTikus. Kamu tinggal login ke aplikasi menggunakan nomor Telkomsel kamu.

Setelah itu, aplikasi akan memberikan sejumlah informasi seputar kartu Telkomsel Anda. Selain itu, kamu juga bisa membeli paket internet, telpon, voucher, dan banyak lagi.

Namun, Anda memerlukan koneksi internet untuk bisa terhubung dengan MyTelkomsel. Kalau anda sedang tidak ada internet, kamu bisa telpon ke *888# dan pilih opsi kedua.

Kamu akan diberikan informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu Anda. Cukup mudah bukan?

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel, Anda bisa melakukannya dengan mengisi ulang pulsa, membeli paket masa aktif, atau menggunakan pulsa yang sudah Anda beli sebelumnya.

Tiap jenis kartu Telkomsel (AS, HALO, simPATI, dan LOOP) mempunyai kebijakan masa perpanjangan yang berbeda. Maka dari itu, kami memberikan pembahasan secara mendetil setiap jenis kartu ini.

Wajib hukumnya untuk mengetahui cara memperpanjang masa aktif Kartu As, simPATI, dan LOOP agar nomor yang kalian gunakan tidak tiba-tiba diblokir karena masa aktifnya habis.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perpanjangan masa aktif tiap kartu.

Cara Memperpanjang Masa Aktif simPATI

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Simpati 10512

Kartu pertama yang akan Jaka bahas kali ini adalah simPATI. Kartu seluler ini termasuk salah satu kartu yang paling banyak penggunanya di Indonesia.

Kualitas pelayanan prima dan juga kecepatan jaringan internet yang baik membuat simPATI banyak diminati di Indonesia.

Ada 3 cara memperpanjang masa aktif Telkomsel jenis simPATI yang bisa Anda gunakan. Berikut ini penjelasan selengkapnya menngenai 3 cara tersebut.

Membeli Paket Masa Aktif

Selain dengan pengisian pulsa dan juga menggunakannya, kamu bisa beli masa aktif simPATI menggunakan pulsa.

Paket masa aktif ini akan secara otomatis memperpanjang masa aktif kartu Anda ketika pembelian berhasil dilakukan.

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel ini bersifat unik untuk pelanggan simPATI saja. Paket ini cocok untuk Anda yang memang jarang melakukan pengisian pulsa dan juga memakainya.

Untuk cara membeli paket masa aktif melalui menu UMB, kamu bisa mengaksesnya melalui telpon seperti berikut ini:

  • Langkah 1 – Lakukan panggilan seperti biasa menggunakan SIM Telkomsel Anda, lalu ketikkan 999# untuk membuka menu pembelian.
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As 2020 01 51331
  • Langkah 2 – Pilih Paket Lainnya dengan mengetikkan nomor 3.
Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel 02 Bd600
  • Langkah 3 – Pilih Lainnya dengan mengetikkan nomor 5.
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel 03 Ea98f
  • Langkah 4 – Terus pilih lainnya dengan menekan nomor yang tertera pada pilihan di smartphone Anda hingga memunculkan pilihan Paket Masa Aktif.
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As 04 61400
  • Langkah 5 – Pilih Paket Masa Aktif dengan mengetikkan nomor sesuai dengan nomor yang tertera pada pilihan. Dalam kasus Jaka, pilihan angkanya adalah 3.
Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel 05 C041f
  • Langkah 6 – Pilih Paket Masa Aktif sesuai dengan yang Anda butuhkan, mulai dari 7 hari hingga 90 hari.
Perpanjang Masa Aktif Telkomsel 06 974bc

Masa aktif Anda bakal diakumulasi dari sebelumnya, informasi akan dikirimkan melalui SMS yang didapatkan setelah Anda membeli paket melalui UMB.

Paket Masa Aktif simPATI ini memang agak sedikit disembunyikan, jadi Anda harus menekan pilihan lainnya selama beberapa kali lamanya hingga akhirnya menu ini dimunculkan.

Meskipun begitu, beli masa aktif Telkomsel dengan cara ini bisa jadi alternatif buat Anda yang mungkin menggunakan simPATI bukan sebagai nomor utama.

Mengisi Pulsa

Cara perpanjang masa aktif selanjutnya adalah melalui isi pulsa atau penggunaan pulsa untuk paket tertentu. Ketika Anda mengisi pulsa, maka ada sejumlah masa aktif tambahan yang akan diakumulasikan ke nomor kamu secara otomatis.

Durasinya pun beragam tergantung dengan jumlah pulsa yang Anda beli, simak daftar di bawah ini untuk informasi selengkapnya seputar penambahan masa aktif nomor.

Jumlah PulsaMasa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.0007 hari
Rp10.00015 hari
Rp15.00020 hari
Rp20.00030 hari
Rp25.00030 hari
Rp50.00045 hari
Rp100.00060 hari
Rp150.000120 hari
Rp200.000150 hari
Rp300.000180 hari
Rp500.000240 hari
Rp1.000.000330 hari

Mengisi pulsa bisa Anda lakukan melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui layanan isi pulsa di toko online. Setelah Anda membeli pulsa, masa aktif akan diperpanjang dengan sistem akumulasi.

Mengaktifkan Kartu yang Mati

Masa aktif ini bukan sesuatu yang bisa Anda sepelekan, geng karena kamu akan masuk ke masa tenggang dan tidak bisa menggunakan pulsa yang ada di HP Anda jika masa aktif sudah habis.

Setelah masa tenggang berakhir, nomor Anda akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan lagi, dan akan kembali disirkulasikan oleh operator.

Jika masa aktif kartu sudah terlanjur habis atau mati, kamu hanya bisa mengaktifkannya kembali dengan meminta bantuan GraPARI. Pastikan kamu datang 15 hari setelah tanggal masa tenggang.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As 2020 As 5181f

Selanjutnya adalah cara memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan jenis Kartu As. Berbeda dengan simPATI, masa aktif kartu ini tidak diakumulasi. Artinya masa aktif Anda bakal disesuaikan dengan durasi yang paling lama. Walaupun Anda terus melakukan isi ulang, masa aktif kartu Anda tidak akan terakumulasi hanya disesuaikan dengan yang terlama atau pengisian terakhir saja.

Untuk mengganti masa aktifnya, Anda dapat mengikuti cara-cara yang tersedia di bawah ini:

Menggunakan Pulsa

Anda yang menggunakan Kartu As dapat memperpanjang masa aktif dengan menggunakan pulsa untuk paket internet, SMS, telpon, dan lainnya.

Selama Anda menggunakan minimum Rp500 maka masa aktif akan bertambah menjadi 30 hari terhitung saat masa aktif sebelumnya kadaluarsa. Mekanisme ini bisa menguntungkan karena kamu hanya perlu menghabiskan pulsa kamu sebesar Rp500 saja dan masa aktif kamu akan diperpanjang secara otomatis.

Mengisi Pulsa

Sama seperti kartu Telkomsel lainnya, Anda dapat mengisi pulsa dengan jumlah tertentu untuk memperpanjang masa aktif nomor.

Durasi yang diberikan pun disesuaikan dengan jumlah pulsa yang Anda beli.

Jumlah PulsaMasa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.0007 hari
Rp10.0007 hari
Rp20.00015 hari
Rp50.00030 hari
Rp100.00030 hari

Jika kartu Anda telah terlanjur kehabisan masa aktif, maka nomor Anda bakal memasuki masa tenggang, dan jika masih belum diaktifkan maka nomor Anda juga akan mati. Jadi pastikan untuk selalu cek masa aktif Anda karena jika kartu mati, terkadang sulit untuk mengaktifkannya kembali meskipun sudah datang ke gerai resmi Telkomsel.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu LOOP

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Loop Dcebc

Terakhir adalah cara memperpanjang masa aktif Telkomsel menggunakan kartu LOOP. Kartu yang satu ini tergolong kartu baru bila dibandingkan dengan dua kartu sebelumnya.

Sama seperti Kartu As, mekanisme penambahan masa aktif nomor tidak akan diakumulasi dari pengisian maupun pemakaian sebelumnya.

Namun ada sejumlah harga dan masa aktif yang berbeda dengan tipe kartu Telkomsel lainnya. Berikut ini cara perpanjang masa aktif Telkomsel dengan jenis kartu LOOP.

Menggunakan Pulsa

Anda yang memakai Kartu LOOP dapat memperpanjang masa aktif dengan menggunakan pulsa untuk paket internet, SMS, telpon, dan lainnya.

Selama Anda menggunakan minimum Rp5000 maka masa aktif akan bertambah menjadi 30 hari terhitung saat masa aktif sebelumnya kadaluarsa.

Selain itu, ada juga penambahan masa aktif dengan durasi yang lebih panjang tergantung dengan jumlah pulsa yang Anda gunakan.

Penggunaan PulsaMasa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 – 50.00030 hari
Rp50.001 – 100.00060 hari
Rp100.001 250.00090 hari
Rp250.001 500.000120 hari
Di atas Rp500.000365 hari

Mengisi Pulsa

Sama seperti penggunaan pulsa, Anda bisa mengisi pulsa dengan jumlah tertentu untuk memperpanjang masa aktif nomor.

Durasi yang diberikan pun disesuaikan dengan jumlah pulsa yang dibeli, hal ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda ketika membeli pulsa.

Berikut ini lama masa aktif yang akan didapatkan berdasarkan besaran pulsa yang Anda isi.

Jumlah Isi Ulang PulsaMasa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 – 50.00030 hari
Rp50.001 – 100.00060 hari
Rp100.001 250.00090 hari
Rp250.001 500.000120 hari
Di atas Rp500.000365 hari

Kesimpulan

Itu dia cara memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan mudah dan bisa Anda lakukan dengan dan tanpa internet.

Selalu cek masa aktif secara berkala karena dengan regulasi yang berlaku sekarang, mengaktifkan kembali kartu yang telah mati bisa menjadi sulit.

Apakah Anda ada pertanyaan seputar cara di atas? Tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!