Cara Mencadangkan dan Menyimpan Kontak di Akun Google Dengan Aman

Cara Mencadangkan dan Menyimpan Kontak di Akun Google Dengan Aman – Kasus yang terjadi waktu kami kehilangan ponsel cerdas adalah kehilangan hubungan yg telah kami simpan. Ini pula terjadi waktu perangkat yang kita pakai rusak.

Google secara otomatis akan membuat cadangan kontak, data aplikasi, riwayat panggilan, dan lainnya ke Google Drive. Tapi hal itu hanya akan terjadi jika pengguna menyinkronnya setelah membeli smartphone baru.

Jika pengguna Android ingin menyinkronkan kontak secara manual atau mengekspornya ke file yang terpisah ke akun Google, ada cara mudah yang bisa dilakukan.

Dilansir laman Lifewire, berikut cara mencadangkan dan mengekspor kontak ponsel ke akun Google:

Cara Mencadangkan Kontak Di Akun Google

1. Mencadangkan kontak ke akun Google secara manual

Buka Settings > Accounts > jika pengguna memiliki banyak akun Google, pilih salah satu > ketik Account Sync > More > Sync Now.

2. Mencadangkan kontak dengan mengekspornya

Pengguna dapat mengambil kontak yang tersimpan di hard drive atau kartu SIM perangkat dan mengekspornya ke file .vcf. Ini akan memungkinkan pengguna mengimpor kontak tersebut ke smartphone baru.

Google Drive
Google Drive

Buka aplikasi Kontak di smartphone > Menu > Settings > Export > jika pengguna memiliki banyak akun, pilih salah satu > ketuk Save untuk mengunduh file .vcf.

Untuk mengunggah file .vcf ke smartphone baru, buka aplikasi Kontak > Settings > Import > .vcf file. Di pengelola Downloads, ketuk ikon Menu dan navigasikan ke tempat pengguna menyimpan file tersebut. Setelahnya, Google akan secara otomatis mengimpor data ke smartphone.

Google sendiri telah menyediakan fungsionalitas cadangan atau mencadangkan cadangan data, tetapi pengguna Android tak jarang tidak bertindak dengan uji tuntas selama pencadangan reguler. Google tahu bahwa pengguna cenderung berperilaku misalnya ini.

Akhirnya, Google menunjukkan fitur yang lebih sederhana yang memungkinkan semua pengguna ponsel pandai Android permanen karena daftar kontak mereka kondusif walaupun perangkatnya hilang atau rusak. Untuk melakukan ini, Anda menyimpan setiap kontak di akun Google atau Gmail yang biasanya diminta saat Anda menggunakan smartphone buat pertama kalinya.

Fitur ini tersedia pada seluruh merek smartphone menggunakan sistem operasi Android, yang hanya bisa tidak sinkron berdasarkan hidangan View. Metode dijamin sangat mudah, aku telah menyiapkan pada sini pedoman sederhana.

Cara Menyimpan Kontak di Akun Google

1. Buka Menu Kontak atau Panggilan

Misalnya, Anda bertemu orang baru, mantan kolega, atau perusahaan yg kontaknya sangat penting. Anda bisa menciptakan kontak baru mereka melalui hidangan Kontak yang berisi daftar hubungan atau melalui sajian Panggilan.

Di ke 2 menu, umumnya akan terdapat opsi Pilihan Buat kontak baru atau Ini berarti mendaftarkan kontak baru. Jika Anda menentukan melalui hidangan Panggilan, Anda akan diarahkan ke laman daftar keterangan hubungan dari menu Kontak.

2. Isi informasi kontak

Pada laman daftar keterangan hubungan, disarankan buat membiasakan diri mengisi daftar liputan hubungan sepenuhnya. Bahkan, liputan yang lebih lengkap tersedia membuatnya lebih gampang buat terhubung ke kontak ini menggunakan berbagai pelaksanaan Google, contohnya melalui layanan Gmail.

Biasanya, pada page ini, opsi menu atau opsi tambahan berisi opsi di mana Anda ingin menyimpan kontak baru. Smartphone menawarkan banyak pilihan, mulai dari kartu SIM 1 hingga SIM 2, memori Google atau Gmail hingga memori layanan cloud.

Pilih opsi penyimpanan hubungan Anda di Akun Google. Jika Anda menggunakan beberapa Akun Google di perangkat Anda, pilih satu. Apabila informasi kontak yang ingin Anda simpan selesai, pilih Simpan. Selesai, hubungan Anda akan disimpan dengan kondusif pada Akun Google.

Saat menggunakan ponsel cerdas baru, pastikan buat memasukkan akun Google atau Gmail yg Anda pakai buat menyimpan kontak. Nantinya, daftar kontak lama akan timbul kembali secara otomatis.

3. Simpan sebanyak mungkin daftar kontak

Manfaat lain berdasarkan menyimpan kontak di Akun Google adalah selama perangkat Anda terhubung ke Internet, daftar kontak akan secara otomatis disimpan. Anda pula mempunyai daftar hubungan tanpa batas.

Berbeda jika Anda menyimpan kontak ke kartu SIM karena Anda hanya dapat menyimpan 200 kontak. Setiap hubungan tidak bisa mempunyai dua angka sementara Akun Google dapat menyimpan lebih menurut tiga angka untuk hubungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!